7 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal

Blog Dokter - Tenggorokan gatal ini sangat mengganggu karena selain gatal dan sakit dapat pula mengakibatkan nyeri pada leher dan juga membuat kita kesulitan saat menelan makanan. Tenggorokan gatal biasanya disebabkan karena perubahan musim, memakan makanan pedas, merokok dan lain sebagainya. Rasanya sangat tidak nyaman sekali, apalagi sampai menimbulkan batuk yang dapat membuat waktu tidur kita untuk beristirahat menjadi terganggu. Pada saat tenggorokan merasa gatal sebaiknya kita melakukan beberapa hal seperti tips yang akan saya sampaikan dalam kesempatan kali ini mengenai Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal.

Dalam menangani penyakit, kita jangan langsung dengan gampang mengkonsumsi obat. Karena bagaimanapun obat terbuat dari bahan kimia yang memberikan efek samping. Seperti halnya dengan tenggorokan gatal anda dapat mencoba beberapa tips sederhana dibawah ini.

  Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal  

mengobati tenggorokan gatal
Ilustrasi Mengalami Tenggorokan yang Gatal
Berikut cara mengobati tenggorokan yang gatal.

 1  Minumlah Air Hangat
Minumlah Air Hangat

Ketika tenggorokan gatal menyerang, minumlah air hangat. Air hangat dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan, dan juga sebelum anda sembuh jangan mencoba meminum air es karena dapat memperparah kondisinya.
ADVERTISEMENT
 2  Berkumurlah Menggunakan Air Garam
Berkumurlah Menggunakan Air Garam

Pada saat tenggorokan terasa gatal, campurkan garam dan air hangat lalu gunakan untuk berkumur 2 kali sehari supaya tenggorokan gatal sembuh.

 3  Meminum Teh Hangat
Meminum Teh Hangat

Sambil bersantai, minumlah teh hangat untuk mengatasi tenggorokan gatal. Teh dapat membuat tenggorokan tidak kering sehingga rasa gatal pada tenggorokan akan mereda dengan sendirinya.

 4  Bawang Putih
Bawang Putih

Bawang putih mengandung senyawa alicin yang bersifat antiradang dan membunuh bakteri. Kunyahlah bawang putih supaya senyawa alicinnya keluar, setelah itu terserah anda mau menelannya atau tidak karena yang kita butuhkan hanya aroma dari bawang putihnya saja.

 5  Mengkonsumsi Madu
Mengkonsumsi Madu

Madu memiliki rasa yang manis, madu dapat mengatasi tenggorokan gatal. Untuk itu konsumsilah madu sampai rasa gatal pada tenggorokan hilang.

 6  Jahe
jahe untuk tenggorokan

Rasa hangat dan sifatnya yang antiradang dapat mengatasi gatal pada tenggorokan. Kita dapat mencampurkannya dengan susu ataupun teh.

 7  Minyak Kayu Putih
Minyak Kayu Putih

Pada saat tenggorokan terasa gatal kita dapat mengoleskan minyak kayu putih pada leher, rasa hangat yang ditimbulkan dapat meredakan rasa gatal pada tenggorokan. Selain itu kita dapat menggunakan balsem untuk rasa hangat yang lebih panas.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Lainnya :

Itulah tadi beberapa cara mengatasi gatal pada tenggorokan, dari beberapa cara diatas kita dapat memilih salah satu dari beberapa cara yang saya berikan tadi. Rupanya artikel mengenai Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal saya cukupkan sekitan saja. Semoga dengan tips diatas sahabat blog dokter dapat menghilangkan rasa gatal pada leher atau tenggorokan.

0 Response to "7 Cara Mengatasi Tenggorokan Gatal"

Post a Comment