10 Cara Cepat Mengatasi Flu atau Pilek

Blog Dokter - Flu dan pilek salah satu penyakit musiman yang selalu mengganggu aktivitas kita. Apalagi di musim yang tidak menentu sekarang ini, kadang panas dan tiba-tiba hujan yang lebih dikenal dengan musim pancaroba. Selain itu di saat beraktivitas di luar banyaknya polusi juga menjadi salah satu penyebab pada akhirnya anda bisa terserang flu. Sebab virus dan bakteri yang menjadi penyebab flu sangat aktif berkembang di cuaca seperti itu.

Selain itu flu dan pilek juga sangat mudah menular, sehingga jika orang di sekitar kita terserang penyakit ini, akan sangat rentan bagi kita untuk tertular, bak lewat sentuhan atau udara. Secara tidak sadar kita akan terkontaminasi flu dan batuk walaupun biasanya kita sudah mencoba untuk mencegahnya. Bahkan untuk orang dewasa pun tidak akan mudah terhindar dari penyebarannya sebab bagi anda yang memiliki imun yang rendah juga akan mudah ditulari.

Oleh karena itu penting bagi kita mengetahui cara pencegahan dan mengatasi flu atau pilek, agar aktivitas kita tetap lancar sebagaimana mestinya.

Sebelum mengetahui tips alami mengatasi flu dan pilek, ada baiknya kita membahas penyebab umum mengapa seseorang bisa terserang flu dan pilek.

Penyebab Terjadinya Flu atau Pilek

1. Perubahan Musim
Seperti yang telah dibahas secara singkat diatas bahwa kebanyakan dari flu dan pilek yang menyerang seseorang disebabkan oleh perubahan musim yang terjadi. Biasanya saat pergantian musim panas ke musim hujan atau sebaliknya cuaca berubah-ubah, atau yang dikenal dengan pancaroba. Situasi seperti inilah yang bisa memberikan kelemahan pada tubuh dan tidak siap terhadap cuaca yang sedang berlangsung. Tubuh kemudian sulit beradaptasi dan bisa terserang flu.

2. Debu dan bulu binatang
Beberapa orang akan alergi pada benda asing yang memasuki hidungnya. Debu dan bulu binatang merupakan dua benda yang paling sering membuat alergi. Bukan hanya itu, debu dan bulu binatang ini bahkan bisa menyebabkan flu karena hidung yang gatal dan tak mampu beradaptasi.

3. Kelelehan
Bukan hanya benda dari luar saja yang bisa membuat seseorang terserang flu. Bahkan faktor internal dari diri sendiri juga berpengaruh. Saat memiliki banyak aktifitas anda akan sulit beristirahat dan kelelahan. Sehingga factor ini juga bisa memperngaruhi tubuh anda mudah terserang flu. Jika ini terjadi system imun akan sangat lemah dan membuat anda cepat terserang flu.

4. Minuman dingin
Penyebab inilah salah satu factor yang paling sering terjadi. Minumam dingin bisa merangsang lender terproduksi dan menyebabkan anda flu. Selain itu minuman dingin bahkan bisa membuat anda batuk.

Berikut 10 Cara Alami dan Cepat Mengatasi Flu dan Pilek.

Flu dan Pilek

  Cara Cepat Mengatasi Flu atau Pilek  

1. Konsumsi buah dan sayur
buah dan sayur

Asupan vitamin dan mineral sangat penting ketika kondisi badan sedang tidak bagus. Mengkonsumsi buah dan sayuran adalah salah satu cara untuk membantu membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh anda. Saat system kekebalan tubu baik maka virus flu tidak akan mudah menembus pertahanannya. Banyak sekali orang mudah terserang flu sebba tidak memperhatikan memberikan asupan vitamin yang terkandung dalam buah dan sayur. 

2. Hembuskan Angin Melalui Lubang Hidung
Angin Melalui Lubang Hidung

Hidung yang tersebumbat merupakan sebuah penyiksaan yang terasa tiada akhir saat flu menyerang. Ada baiknya ketika hidung Anda mulai tersumbat, tutuplah satu lubang hidung dan hembuskan angin kuat-kuat darilubang hidung satunya, dan lakukan ini secara bergantian sehingga lender yang menyumbat dapat keluar. Namun hati-hati ketika melakukannya, ya. Hembusan yang terlalu kuat akan menyakiti hidung Anda.

3. Beristirahat total
istirahat total

Flu akan menyerang di saat sistem kekebalan dalam tubuh melemah, untuk itu Anda harus mengembalikan sistem kekebalan tubuh Anda dengan beristirahat total. Usahakan tubuh Anda tetap hangat dengan mengoleskan minyak kayu putih dan memakai selimut ketika Anda tidur.

4. Konsumsi Minuman Hangat
Minuman Hangat

Ketika flu menyerang, banyak cairan tubuh yang terbuang melalui ingus, ludah, dan keringat. Untuk itu, sangat disarankan bagi Anda untuk mengkonsumsi banyak air. Air yang Anda konsumsi ini sebaiknya bersuhu hangat atau sedikit panas karena cairan hangat dapat mengurangi hidung mampet, mencegah dehidrasi, dan melegakan tenggorokan yang mengalami radang. Selain itu, uap dari minuman panas juga dapat membantu mengencerkan lendir.

5. Berkumur
Berkumur

Selain hidung, flu juga sangat mengganggu tenggorokan. Untuk itu, cobalah Anda berkumur dengan air hangat yang dicampur berbagai bahan rempah-rempah misalnya garam mineral, jahe, kunyit, cuka apel, atau kencur. Lakukan setidaknya empat kali sehari, maka tenggorokan akan terasa lebih ringan. Hal ini juga sangat berguna membersihkan benda asing yang melekat pada mulut yang biasanya berkembang menjadi penyebab flu.

6. Aroma Mentol
Aroma Mentol

Oleskan minyak kayu putih atau balsam yang mengandung mentol di dekat lubang hidung. Memang akan terasa sedikit panas, namun mentol sangat membantu untuk menyembuhkan hidung tersumbat dan mencegah iritasi di sekitar lubang hidung. Saat flu hidung butuh kesegaran agar jalan nafas juga isa baik. dengan aroma menthol hidung bisa lebih lega.

7. Terapi Uap Tradisional
Terapi Uap


Penguapan merupakan salah satu cara tradisional untuk mengatasi flu. Masukan air panas ke dalam baskom, kalungkan handung menutupi kepala Anda, dan tempatkan wajah di atas baskom. Bisa juga campurkan bahan rempah yang dapat membantu meringkankan flu seperti miyak kayu putih, jahet, atau kunyit untuk hasil yang lebih maksimal.

8. Tinggikan Bantal
Tinggikan Bantal

Ketika tidur, posisikan kepala Anda lebih tinggi dari dada untuk mengurangi pembentukan lendir. Gunakan bantal ganda, dan tidurlah dengan wajah menghadap ke langit-langit. Dengan meninggikan bantal maka jalan nafas serta tenggorokan akan mudah diproses. Selain itu akan juga melancarkan aliran darah sehingga mampu menambah kenyamanan anda saat berbaring.

9. Aroma Bawang
Aroma Bawang

Bawang dapat berfungsi sebagai katalis dalam mengeluarkan cairan dan membersihkan hidung. Peganglah bawang di bawah lubang hidung dan hiruplah aromanya selama sekitar 5 menit. Walaupun banyak orang yang menangis saat mencium aroma bawang hal tersebut tidak apa-apa. Biarkan anda mengalirkan air mata sebagai pencuci benda asing pada mata dan juga hidung.

10.  Konsumsi Cabai
Konsumsi Cabai

Capsaicin, sebuah senyawa kimia yang terdapat dalam cabai terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Ketika flu mulai menyerang, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai.

Setelah mengetahui tips mengatasinya sebaiknya yang anda harus lakukan adalah dengan mencegahnya. Ingatlah untuk mencuci tangan saat ini makan dan aktifitas lain. Selain itu gunakan masker di tempat yang banyak debu serta hindari minuman yang dingin. Jangan lupa untuk selalu mengonsumsi multivitamin sebagai penambah imun anda.
Nah, Daria pada anda mengeluarkan biaya untuk berobat ada baiknya anda mencoba 10 cara cepat mengatasi flu atau pilek diatas. Semoga bermanfaat bagi sahabat blog dokter dan flu dan pileknya cepat terobati. Thanks Your Visit...

18 Responses to "10 Cara Cepat Mengatasi Flu atau Pilek"

  1. thnks sob , ini sngat mmbntu skaliiii

    ReplyDelete
  2. Sama2Gan.
    Thanks Atas Kungjungannya...

    ReplyDelete
  3. aroma bawang. saya suka bawang!! tapi, males move on ke dapur.

    ReplyDelete
  4. mengganggu sekali ingus ini,,,

    ReplyDelete
  5. siip gan,, dapat mengurangi hidung mampet.

    ReplyDelete
  6. info yang sangat membantu sekali. Kebetulan desember ini musim penghujan

    ReplyDelete
  7. Gue baru aja kena nih.. --"

    G nyaman sumfeh

    ReplyDelete