10 Tanda Perkembangan Janin Trimester Kedua

Blog Dokter - Tanda perkembangan janin trimester kedua. Periode paling menyenangkan bagi tubuh Ibu .Fase kedua dari tahapan kehamilan merupakan masa-masa di mana kondisi ibu terasa paling menyenangkan. Hal ini ditandai dengan nafsu makan yang membaik dan emosi yang tidak lagi bergejolak. Meski ada beberapa keluhan, tapi secara umum ibu hamil masih tetap nyaman. Inilah tanda-tanda yang terjadi di tahap kedua kehamilan:

Berikut 10 Tanda Perkembangan Janin Trimester Minggu ke 14 – Minggu ke 26.

 1  Volume darah dalam tubuh ibu bertambah, ibu mulai merasakan kenyamanan. Namun sebaiknya ibu tidak melakukan pekerjaan terlalu berat dan tetap luangkan waktu untuk beristirahat.

  Tanda Perkembangan Janin Trimester Kedua  

wanita hamil Trimester Kedua

 2  Berat badan meningkat dikarenakan nafsu makan yang membaik. Kontrol kenaikan BB agar tidak menimbulkan masalah kehamilan dengan berkonsultasi ke dokter ibu.
ADVERTISEMENT
 3  kondisi emosi masih relatif stabil sebab ibu masih berada di periode yang menyenangkan. Nikmati masa ini bersama suami. Ibu bisa mengajaknya nonton di bioskop ataupun juga berlibur.

Wanita Hamil

 4  Sekitar 50% ibu hamil mengeluh sakit pinggang karena janin bertambah besar. Redakan sakit pinggang dengan: tidak berdiri/duduk terlalu lama, tidur dikasur yang agak keras dan rata, mandi air hangat, dan mengompres dingin bagian pinggang yang nyeri.

 5  Ibu berbeda di minggu terakhur trimester kedua. Perut yang terus membesar memengaruhi keseimbangan tubuh. Untuk itu, pilih sepatu atau sandal dwngan hak rendah dan mampu menyangga kaki secara merata, ya, Bu!.

  Rasakan tendangan pertamanya, Janin Trimester Kedua  

Perkembangan Janin dengan menendang

Ia terus tumbuh memenuhi rahin ibunya. Yuk, kita lihat tahapan tumbuh kembang si kecil pada saat trimester ke dua.

 1  Di minggu ke 14, panjang janin antara 8 - 11 cm dengan berat 25 gram. Lehernya semakin panjang dan kuat sehingga tubuhnya lebih tegak, serta rambut halus di seluruh tubuh yng melindungi kulitnya pun mulqi tumbuh.

 2  Pada minggu ke 15 - 16, daun telinga janin makin sempurna, sementara panjang tungkai kaki dan tangan mulai seimbang. Kemudian, muncul cikal bakal sidik jari ditangan dan di kaki. Di masa ini, janin juga memproduksi antibodi guna menangkal kuman penyakit.

 3  Di minggu ke 17, pendengaran janin akan mulai membaik. Di tahap ini merupakan momen yang tepat untuk mengajaknya ngobrol atau memperdengarkan musik sebagai stimulasi dini.

 4  Tentang minggu ke 18 - 21, pertumvuhan otak depan janin makin pesat. Begitu juga dengan keseimbangan perkembangan semua struktur otak. Diantara minggu-minggu ini, janin rajin bergerak-bergerak sebagai bentuk respons terhadap suara atau sentuhan dari luar. Ibu akan merasakan tendangan pertamanya. Sensasi ini yang ibu tungu-tunggu, bukan?

 5  Di periode akhir trimester kedua, kelopak matanya membuka perlahan-lahan. Kemampuan menangkap cahaya yang masuk kemata dan diteruskan ke otak juga mulai berproses. Selain itu, denyut jantungnya makin terdengar jelas, Bu!.

Jangan Lewatkan Info Kehamilan Lainnya :
Seperti itulah 10 tahap kembang janin saat trimester kedua. Semoga dengan tanda-tanda diatassahabat blog dokter dapat melakukan hal yang terbaik pada kandungan anda.

0 Response to "10 Tanda Perkembangan Janin Trimester Kedua"

Post a Comment