10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Blog Dokter - Jerawat adalah salah satu masalah kulit yang sangat sering menimpa kita. Apalagi jerawat pastinya sangat merusak penampilan utamanya kulit wajah dan itu akan sangat berpengaruh terhadap penampilan dan kepercayaan diri saat bertemu dengan orang ain.

Jerawat umumnya sering menyerang wajah utamanya pada wajah berminyak. Berbagai pelembab agar jerawat hilang banyak memberikan janji agar jerawat akan cepat hilang. Namun semuanya tidak dapat langsung dijamin khasiatnya.

Cara alami merupakan salah satu cara yang banyak dipilih orang. Karena selain dapat dicoba cara lami tentunya jarang memberikan efek samping.

Bagaimanakan cara alami menghilangkan jerawat?
(Lihat juga : 10 Cara Alami Hilangkan Bekas Luka)

10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat

Ilustrasi Berusaha menghilangkan jerawat
Berikut 10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat

1. Cuci Muka Sebelum Tidur
Cuci Muka

Kalau anda hidup dengan mobilitas tinggi dan sering bepergian di luar ruangan, tak heran jika jerawat dapat menempel di wajah anda. Hal ini disebabkan karena debu yang melengket di wajah anda tidak dibersihkan. Untuk itu, cucilah muka sebelum tidur, atau sehabis pulang bepergian di luar rumah, namun hindari mencuci muka di cuaca yang panas atau terik karena hanya akan merusak kulit wajah.
ADVERTISEMENT
2. Air Jeruk Lemon
Air Jeruk Lemon

Air jeruk lemon bisa meringankan bintik-bintik hitam bekas jerawat. Setelah mencuci wajah secara menyeluruh, gunakan bola kapas yang telah direndam dalam air jeruk lemon murni untuk bekas luka jerawat. Biarkan selama 15 menit, kemudian bilas dengan air hangat.

3. Buah Tomat
Buah Tomat

Selain memiliki vitamin A yang tinggi, Tomat juga mempunyai vitamin C tertinggi dimana berfungsi sebagai antioksidan yang menolak radikal-radikal bebas yang ingin mengganggu fungsi tubuh. Biasanya, sewaktu saya tinggal di Belanda, kami selalu mengkonsumsi buah tomat sehabi makan.

Nah, ternyata buah tomat juga sangat manjur untuk dijadikan obat jerawat. caranya sangat muda. Ambil buah tomat, lalu belah. Oleskan atau usapkan buah tomat di sekitar wajah sampai terasa kencang. Diamkan selama kurang lebih 25 menit lalu bilas dengan air hangat. lakukan sebelum tidur malam.

4. Masker Buah nanas dan Apel
Masker Buah nanas dan Apel

Selain buah tomat, buah nanas dan apel mengandung asam askorbat yang bisa membantu mengurangi bekas luka. Haluskan nanas dan apel kemudian gunakan sebagai masker atau oleskan pada bekas jerawat. Biarkan selama 20 menit, lalu bilas. Lakukan setidaknya sekali atau dua kali seminggu.

5. Madu untuk menghilangkan bekas jerawat
madu

Madu mempunyai manfaat yang bersifat antibakteri serta mempunyai khasiat untuk melembutkan kulit. Untuk itu sebaiknya gunakanlah madu secara teratur untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah. Selain itu, madu juga biasa digunakan untuk menghilangkan bekas luka jatuh atau terbakar.

6. Minyak Zaitun
Minyak Zaitun

Minyak zaitun selain bermanfaat bagi kesehatan juga bisa digunakan untuk melembutkan dan menjaga kelembapan kulit. Selain itu minyak zaitun juga bermanfaat untuk mengurangi tonjolan bekas jerawat pada wajah kita.

7. Bawang Putih
bawang putih

Bawang putih biasa kita temukan di dapur karena memang bawang putih merupakan salah satu bumbu dapur yang harus selalu ada. Nah, selain sebagai bumbu dapur, ternyata bawang putih juga mampu menghilangkan jerawat. Hal ini terjadi karena kandungan antiseptik yang terkandung dalam bawang putih.

Untuk pengobatan, parutlah bawang putih dan oleskan di sekitar wajah yang berjerawat, hati-hati karena jika terkena mata bisa mengakibatkan iritasi mengingat rasa bawang putih yang rada-rada pedas. Gunakan 1 x satu hari.

8. Lidah Buaya
Lidah Buaya

Lidah buaya atau dikenal dengan nama aloe vera merupakan salah satu tanaman yang memiliki banyak khasiat. Biasanya digunakan untuk mengobati luka bakar atau jatuh. Hal ini terjadi karena fungsi kandungan lidah buaya sebagai anti peradangan. Selain itu, ternyata lidah buaya juga dapat meningkatkan kekenyalan dan elastisitas kulit.

Untuk pengobatan jerawat, potonglah beberapa daun lidah buaya, belah lalu usapkan lendirnya (bukan getahnya, biasanya getahnya berwarna agak kekuning-kuningan dan terasa gatal di kulit) pada sekitar wajah yang berjerawat. Diamkan lalu bilas dengan air hangat.

9. Asam Jawa
Asam Jawa

Asam jawa biasanya digunakan untuk mengobati bisul dan alergi karena kandungannya yang berfungsi sebagai anti inflamasi dan antiseptik. Untuk pengobatan jerawat, abillah beberapa buah asam jawa, keluarkan bijinya, lalu haluskan dengan 1/2 sendok teh garam dapur. Usapkan pada wajah dan diamkan beberapa saat. Bilas dengan air hangat.

10. Kayu Manis
Kayu Manis

Tumbuklah beberapa batang kulit kayu manis hingga menjadi serbuk. Setelah itu campurkan dengan sedikit air. Sapukan pada bekas jerawat. Lakukanlah selama 1 minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Kulit Lainnya :

Terima kasih telah membaca 10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Semoga Artikel diatas dapat membantu menghilangkan jerawat anda,

0 Response to "10 Cara Alami Menghilangkan Jerawat"

Post a Comment