5 Makanan Ini Bikin Penyebab Insomnia

Blog Dokter - Pada kesempatan kali ini saya mempunyai tips menarik seputar kesehatan, dimana dalam pembahasan kali ini akan saya jelaskan beberapa makanan yang dapat menyebabkan insomnia. Insomnia merupakan keadaan dimana kita sulit untuk tidur karena berbagai hal seperti karena anda memiliki masalah, stres, terlalu banyak meminum minuman mengandung kafein, dan bahkan makanan yang anda konsumsi. Insomnia ini membuat waktu tidur anda menjadi berkurang dan sangat beresiko untuk kesehatan anda, jadi ada beberapa hal yang anda harus hindari untuk mencegahnya seperti makanan. Lalu makanan apa sajakah itu ? Simak semuanya dalam 5 Makanan Ini Bikin Penyebab Insomnia.

Anda pasti pernah mengalami sulit untuk tidur dan beristirahat, keadaan ini membuat anda tidak fit dalam menjalani aktifitas pada keesokan harinya. Terutama bagi anda yang akan bekerja hal ini sangat berbahaya, karena istirahat anda kurang sedangkan aktivitas harus tetap berjalan. Untuk itu hindari beberapa makan penyebab insomnia di bawah ini.

  Makanan Ini Bikin Penyebab Insomnia  

Wanita Susah Tidur
Ilustrasi Wanita Susah Tidur atau Insomnia
Berikut lima penyebab utama anda susah tidur atau insomnia.

1. Kafein
Kafein

Kafein biasanya dapat membuat anda sulit untuk tidur, kafein ini biasanya terdapat pada kopi, minuman bersoda,minuman isotonik, dan beberapa jenis obat-obatan. Jadi supaya anda dapat beristirahat tepat waktu hindari beberapa minuman diatas tadi minimal 8 jam sebelum waktu tidur anda supaya tidak mengalami insomnia.
ADVERTISEMENT
2. Alkohol
Alkohol

Hindari minuman beralkohol, minuman ini dapat merusak syaraf dan hati pada tubuh anda. Memang alkohol dapat membuat anda tertidur namun kualitas tidur anda sangat jelek, anda akan sering terbangun meskipun telah memejamkan mata. Hal ini membuat anda tetap merasakan kantuk di pagi hari saat bangun dan membuat kepala anda terasa pusing.

3. Air
Minum Air

Air sangat diperlukan tubuh supaya melancarkan metabolisme tubuh dan mengeluarkan racun. Namun, air juga dapat mengganggu tidur anda dan membuat anda sering terbangun di malam hari karena merasakan ingin buang air. Jadi hindari minum air 90 menit sebelum anda tertidur.

4. Makanan Fermentasi
Makanan Fermentasi

Makanan fermentasi dapat membuat anda mengalami insomnia karena kandungan Tyramine yang di kandungnya. Berikut beberapa makanan fermentasi diantaranya keju,tape, yoghurt, daging asap, dan lain sebagainya.

5. Tomat
Buah Tomat

Hindari makanan yang mengandung bahan tomat, kandungan asam pada tomat yang banyak dapat membuat perut anda tidak nyaman pada malam hari dan mengganggu tidur anda, jadi hindari makan tomat minimal 3 jam sebelum tidur.

Jangan Lewatkan Makanan Sehat Lainnya :

Nah, itulah tadi beberapa makanan yang bisa membuat anda mengalami insomnia. Mungkin hanya itu saja yang dapat saya sampaikan, ucapan terima kasih saya sampaikan telah membaca tips tentang Makanan Ini Bikin Penyebab Insomnia. Semoga dengan tips diatas sahabat blog dokter dapat segera tidur agar dapat melakukan aktivitas tanpa merasa ngantuk lagi.

2 Responses to "5 Makanan Ini Bikin Penyebab Insomnia"

  1. Info Menarik gan...Salam Blogging,,,,

    ReplyDelete
  2. Makasih infonya dok, kayaknya sy terjangkit insomnia jg krn hobi bgt ngopi.. Salam kenal

    ReplyDelete