7 Cara Merawat Rambut Panjang

BlogDokter - Setelah kita membahas cara cepat memanjangkan rambut, kali ini kita lanjutkan pada pembahasan berikut ini yang tidak kalah pentingnya juga. Yaitu bagaimana cara merawat rambut panjang? Ternyata untuk merawat rambut panjang itu lebih sulit dari pada rambut pendek. Jadi wajarlah kalau wanita lebih sering ke salon dari pada pria. Benar kan? Rambut yang panjang memang selalu memberi kharisma tersendiri bagi para wanita. Namun tidak sedikit yang memendekkan rambut dengan alasan susah untuk merawat rambut panjangnya.

Nah, mudah - mudahan dengan tulisan ini para sahabat dokter dapat mempertimbangkan untuk memotong rambut panjangnya. Namun bagi para pembaca yang memang sudah memiliki rambut yang panjang sangat baik membaca artikel ini untuk mengetahui bagaimana cara merawat rambut panjang yang anda dimiliki.

7 Cara Merawat Rambut Panjang

7 Cara Merawat Rambut Panjang
Ilustrasi Wanita Berambut Panjang 
1. Membawa ikat rambut saat bepergian
Apabila Anda sedang bepergian lebih baik ikatlah rambut Anda dengan ikat yang ramah dan tidak menyakiti rambut. Karena sinar matahari, angin, serta gesekan udara membuat rambut jadi berantakan. Selain itu, rambut jadi kaku dan kering. Saat rambut dalam keadaan terikat, ia akan lebih terlindungi dan tidak mudah patah.
ADVERTISEMENT
2. Mengepang rambut saat tidur
Anda tidak disarankan mengikat rambut dengan kencang saat tidur. Alasannya, saat diikat dengan kencang, rambut mudah rontok akibat tertarik. Akan lebih baik apabila rambut dikepang dan diikat dengan karet lembut.

3. Memakai bantal sutera
Menggunakan bantal sutra juga bisa menjadi alternatif pilihan apabila Anda enggan mengepang rambut Anda saat tidur. Agar rambut tidak terlalu banyak mengalami gesekan saat tidur dengan bantal.

4. Mengeringkan rambut secara alami
Setelah keramas bungkuslah rambut dengan handuk ketebalan yang medium. Agar air terserap oleh handuk maka pijat-pijatlah rambut dengan handuk tersebut. Sebisa mungkin jangan menggosok-gosok rambut dengan handuk, cukup ditepuk-tepuk saja. Kemudian keringkan dengan kipas namun, jangan disisir terlebih dahulu. Setelah setengah kering, baru rambut boleh disisir dengan sisir jarang. Kemudian dilanjutkan mengeringkan dengan kipas. Agar rambut tetap sehat dan lembab, pakai serum rambut yang dapat melindungi dari batang hingga ke ujung rambut. Hindari terlalu sering memakai hair dryer atau alat pencatok rambut karean hal ini bisa memicu kerusakan rambut semakin parah.

5. Tabir surya
Lindungi rambut Anda dengan produk yang mengandung tabir surya. Jauhkan rambut Anda dari kekeringan dengan shampoo yang mengandung perlindungan menggunakan tabir surya.

6. Keramas hanya jika rambut kotor 
Berbeda dengan apa yang kebanyakan orang percaya, Anda tidak perlu keramas setiap hari. Hal ini hanya dapat membuatnya kering.

7. Konsisten dengan salah satu layanan kimia
Dalam rangka untuk menjaga rambut Anda sehat seperti itu bisa, mintalah rambut Anda profesional untuk merekomendasikan hanya satu layanan kimia: warna atau perm. Dengan hanya menggunakan layanan yang sempurna untuk gaya tertentu dan kebutuhan Anda, Anda akan memastikan bahwa rambut Anda tetap sehat.

Terima kasih telah membaca 7 Cara Merawat Rambut panjang. Semoga setelah membaca artikel diatas rambut panjang anda tetap sehat dan indah.

Baca juga : 10 Rahasia Wanita Miliki Rambut Berkilau dan Sehat

1 Response to "7 Cara Merawat Rambut Panjang"