10 Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak

Blog Dokter - Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak. Batuk merupakan penyakit yang berasal dari virus. Biasanya batuk juga disertai oleh flu dan disertai denga dahak. Penyakit ini akan sangat menyiksa anda, selain karena dada sakit sebab terjadi banyak gerakan saat batuk, ia juga akan mengganggu tidur jika tiba-tiba anda harus terbangun saat batuk.

Banyak sekali ragam dan jenis batuk serta penyebab atau gejala penyakit apa yang ditimbulkan oleh batu yang anda derita. Biasanya batuk hanya karena virus biasa, namun banyak pula merupakan gejala penyakit yang lebih kronis seperti bronchitis, TBC dan juga jantung. Salah satu yang paling sering menyerang orang adalah batuk berdahak. Saat mengalami ini jangan langsung menyimpulkan bahwa penyakit ini hanyalah batu biasa. Namun sebelumnya cobalah beberapa cara alami dalam mengobati penyakit berdahak sebelum anda mengunjungi dokter.

Mengobati batuk dengan alami tentunya baik untuk anda aplikasikan, selain harus mengobatinya dengan obat dokter juga harus ditunjang dengan beberapa treatment.

  Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak  

Batuk berdahak
Ilustrasi Mengalami Penyakit Batuk Berdahak

Berikut 10 cara mudah mengobati batuk berdahak secara alami


1. Teh Jahe
Teh Jahe

Irisan jahe sebaiknya anda campurkan dengan teh. Teh jahe sangatlah baik untuk mengatasi batuk berdahak dan telah dipercaya oleh banyak masyrakat di negara-negara Asia. Mengonsumsinya 2 kali dalam sehari akan membantu anda untuk mengatasi batuk berdahak.

2. Belimbing Wuluh
Belimbing Wuluh

Membuat ramuan dengan belimbing wuluh akan sangat bermanfaat. Bunga belimbing wuluh juga terbukti dapat membantu meringankan batuk. Ambil kira-kira satu genggam bunga belimbing wuluh, kemudian campurkan dengan beberapa butir adas, tambahkan gula dan secangkir air, lalu ditiriskan. Setelah agak dingin, saringlah ramuan tersebut dan siap untuk diminum.

3. Jeruk Nipis
Jeruk Nipis

Tentunya jeruk nipis juga akan sangat membantu.. Perasaan air jeruk nipis dicampus dengan madu dan air matang. 1 sendok makan air jeruk nipis dan 3 sendok makan madu murni serta 5 sendok makan air matang ditim selama 30 menit. Takaran untuk meminum ramuan ini adalah 1 sendok teh sehari dua kali. Obat batuk tradisional lainnya yang terbuat dari jerun nipis adalah campuran jeruk nipis dan kecap. Ramuan ini lebih gampang, air jeruk nipis hanya dicampur dengan kecap dan diminum sehari dua kali sebanyak satu sendok teh.

4. Kunyit
kunyit

Kunyit merupakan salah satu bahan untuk meredekan batuk berdahak. Tambahkan 1/2 sendok teh kunyit yang telah ditumbuk dan madu ke dalam satu gelas susu. Kunyit mempunyai khasiat alami yang bisa menghilangkan batuk. Kunyit memang adalah salah satu rempah yang sangat ampuh mengobati beragam penyakit.

5. Madu dan Lada Putih
Madu

Lada putih juga memiliki khasiat yang baik. Campurkanlah lada putih pada teh madu anda maka batuk berdahak bisa anda atasi secepatnya. Lada putih yang memiliki sensasi panas akan merangsang dahak menjadi cair dan mengurangi sensasi batuk karena lendir.

6. Daun Asam Muda
Daun Asam Muda

Daun asam muda juga dapat berfungsi menyembuhkan batuk kering. Caranya, ambil daun asam muda setengah genggam, kemudian campurkan dengan daun saga manis, kayu manis, dan gula batu secukupnya. Rebus dengan api kecil sampai mendidih dan saring. Ramuan obat siap untuk diminum.

7. Kemangi
Kemangi

Daun kemangi selain memiliki wangi yang khas, ia juga bisa anda gunakan sebgai nahan ramuan untuk mengatasi batuk berdahak. Sediakan 1-2 gelas air putih, 2-3 daun kemangi, dan rebus menjadi satu. Minum ramuan hangat ini supaya batuk leikas hilang.

8. Daun Sirih
Daun Sirih


Ramuan yang berbahan dasar daun sirih ini, tentunya memiliki rasa yang cukup aneh. dengan mengambil sirih kira-kira lima lembar, tambahkan cengkeh, kemukus, kapulaga, dan kayu manis. Kemudian rebus semua bahan dengan air sebanyak dua gelas. Tunggu hingga air rebusan menjadi kira-kira satu setengah gelas. Angkat dan saring air tersebut. Minum kira-kira satu sendok makan sebanyak tiga kali sehari.

9 . Bunga Mawar
Bunga Mawar

Selain indah dan menawan bunga mawar juga menyimpan khasiat yang bagus.Bunga mawar ternyata juga berkhasiat untuk menyembuhkan batuk. Resepnya adalah ambil bunga mawar segar kira-kira sepuluh gram, kemudian tim dengan air secukupnya dan tambahkan gula batu sesuai selera. Minum sebanyak dua kali sehari.

10. Perbanyak minum air putih Hangat
minum air putih Hangat

Air hangat akan sangat membantu untuk melancarkan dahak keluar dari tenggorokan, sehingga batuk berdahak dapat anda obati dengan alami dengan mengonsumsi air hangat.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Tenggorokan Lainnya :

Terima kasih telah membaca 10 cara alami mengobati batuk berdahak dan kering dengan cepat. Semoga dengan artikel diatas sahabat blog dokter dapat mengobati batuk berdahak dan sembuh total.

13 Responses to "10 Cara Alami Mengobati Batuk Berdahak"

  1. Terimakasih tips nya,sangat bermanfaat,,

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas tispnya. aq akan coba tisp salah satu darinya....

    ReplyDelete
  3. coba dulu !!!! terimakasih infonya

    ReplyDelete
  4. Waahh berguna !! ... Terimakasih infonya mastah.... :v btw aku paling suka cara yang air jahe hangat... Sangat membantu :v

    ReplyDelete
  5. kak ramuan yg pertama (teh+jahe) itu teh nya di kasi gula gg ya?
    makasii

    ReplyDelete
  6. Alhamdulillah, terimakasih tips nya. Sedang berusaha untuk tidak mengkonsumsi obat batuk kimia.

    ReplyDelete
  7. Alhamdulillah, semoga Alloh menyembuhkan ikhtiar ini. Aamiin

    ReplyDelete