4 Penyebab Gemuk yang Tidak Anda Sangka, Apa Aja Ya?

Blog Dokter - Pada umumnya orang menganggap bahwa satu-satunya penyebab kegemukan adalah karena kelebihan makan. Memang benar adanya bahwa jika anda tidak bisa mengontrol pola makan anda maka akan berpotensi membuat badan anda gemuk.

Namun jangan salah sangka, penyebab gemuk bukanlah satu saja. Anda sebaiknya mengetahui apa sajakah penyebab gemuk yang jarang anda ketahui. Walaupun memang gerbang utamanya adalah makan namun anda sebaiknya mengetahui penyebab sebelumnya yang bisa memicu nafsu makan. Di bawah ini merupakan beragam penyebab gemuk yang bisa anda ketahui sehingga anda bisa menghindarinya untuk mendapatkan tubuh yang langsing.

Penyebab Gemuk yang Tidak Anda Sangka

Berikut 4 Hal yang menyebabkan anda gemuk

1. Stres
Stress merupakan salah satu penyebab gemuk. Saat anda stress seluruh saraf dan juga tubuh anda akan tegang sehingga ia memproduksi hormon hortisol. Hormon kortisol adalah hormon yang meningkatkan nafsu makan anda dan anda tentunya akan menenangkan diri dengan menyatap makanan tanpa batas. 

2. Mengonsumsi obat-obatan tertentu
Obat-obatan tertentu bisa mempengaruhi berat badan. Beragam obat seperti antidepresan, steroid merupakan beberapa dari obat yang mempengaruhi berat badan anda. Jika anda mengonsumsi antidepresan untuk mengatasi depresi maka berat badan bertambah karena penderitanya lebih memilih untuk tidak aktif dan berdiam diri di rumah. Sedangkan kenaikan berat badan karena mengonsumsi steroid terjadi karena meningkatnya nafsu makan dapat menjadi efek samping dari obat-obatan anti-inflamasi non-steroid (OAINS) seperti prednisolon. 

3. Diet yang ekstrim
Saat melakukan diet yang ekstrim dengan tujuan menurunkan berat badan anda bahkan bisa mendapatkan hasil yang sebaliknya. Karena saat anda jarang makan maka pembakaran yang terjadi juga melambat dan membiarkan lemak bertumpuk begitu saja.

4. Pola Tidur
Usahakan untuk memiliki pola tidur yang baik untuk anda. Jika anda punya cukup tidur maka pola hidup anda sehat, namun jika berlebih maka akan menyebabkan kegemukan. Hal ini karena saat tidur kalori dalam tubuh tidak terbakar dan dibiarkan mengendap menjadi lemak yang bisa menyebabkan kegemukan. 
Itulah beberapa dari penyebab gemuk selain makan makanan berlebih. Selamat mencoba.

0 Response to "4 Penyebab Gemuk yang Tidak Anda Sangka, Apa Aja Ya?"

Post a Comment