Mendeteksi Kadar Gula yang dikonsumsi Melalui Rambut

Blog Dokter | Gula walaupun manis dapat menjadikan hidup kita pahit saat telah terserang diabetes atau kadar gula darah yang berlebih. Kita pastinya tidak dapat mengetahui apakah telah mengonsumsi gula dengan kadar standard atau tidak tanpa memeriksakannya di laboratorium.

Namun sebelum jahu-jauh ke lab anda pun dapat memeriksa kadar gula anda melalui rambut anda. Bagaimana caranya ?

Mendeteksi Kadar Gula yang dikonsumsi Melalui Rambut


Berapa liter soda yang sudah Anda konsumsi minggu lalu? Anda tak yakin atau tak mau mengaku? Ini adalah masalah yang sering ditemui dokter atau ahli diet ketika mereka bertanya pada pasien. Kebanyakan pasien tak mengetahui dengan pasti atau tak ingin mengakuinya.
ADVERTISEMENT
Namun kini tak perlu khawatir. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition bisa memberikan jawabannya hanya melalui sehelai rambut. Dengan menggunakan teknik bernama analisis karbon isotop, peneliti bisa melihat berapa banyak gula yang telah dikonsumsi seseorang. Rambut bahkan bisa mengetahui jumlah gula yang dikonsumsi dalam periode yang lebih lama dari yang bisa diketahui oleh tes urin.

"Kami mengisolasi rasio isotop pada molekul yang spesifik," ungkap peneliti Diane O'Brien dari University of Alaska, seperti dilansir oleh News Discovery (21/05).

Ketika seseorang minum soda, karbon bernama C-13 akan terperangkap dalam alanin, sebuah asam amino. Jadi, semakin banyak C-13 yang tertangkap, maka semakin banyak juga pemanis buatan yang telah Anda konsumsi.

"Penemuan ini akan menjadi langkah besar terhadap kontroversi seputar peran pemanis buatan terhadap obesitas," ungkap Dale Schoeller dari University of Wisconsin, Madison. Peneliti lainnya juga berpendapat bahwa penelitian membawa harapan baru. Sayangnya teknik ini tak bisa dilakukan sembarangan karena biayanya yang cukup mahal.(Blog Dokter/Merdeka)

0 Response to "Mendeteksi Kadar Gula yang dikonsumsi Melalui Rambut"

Post a Comment