12 Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Blog Dokter - Insomnia atau penyakit susah tidur adalah hal yang sering mengganggu seseorang secara umum. Insomnia kadang terjadi karena adanya stress atau bahkan pola hidup yang tidak teratur. Dalam jangka pendek mungkin tidak apa-apa bagi penderita insomnia, namun dalam jangka panjang tentunya akan bisa berbahaya bagi anda.

Insomnia atau kurang tidur dapat menyebabkan anda kekurangan darah karena sirkulasi darah menjadi tidak teratur. Sehingga hal tersebut juga akan berpengaruh dengan kerja otak yang tidak bekerja secara efektif. Adanya gangguan pada kerja otak secara otomatis dapat berpengaruh pula pada kerja organ lainnya seperti pencernaan, pernafasan, dan juga hal lainnya.

Oleh karena itu begadang atau insomnia harus anda atasi dengan cepat. Maka dengan cara di bawah ini sahabat Dokter dapat mengatasinya.

Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur

Insomnia atau susah tidur
Ilustrasi Orang Menderita Insomnia

Berikut Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur


1. Berolah raga teratur.
Beberapa penelitian menyebutkan berolah raga yang teratur dapat membantu orang yang mengalami masalah dengan tidur. Olah raga sebaiknya dilakukan pada pagi hari dan bukan beberapa menit menjelang tidur. Dengan berolah raga, kesehatan anda menjadi lebih optimal sehingga tubuh dapat melawan stress yang muncul dengan lebih baik.

2. Tidur sangat baik untuk kesehatan, ini membantu tubuh cepat pulih dari rasa lelah dan capek dari aktivitas sehari-hari. Usahakan agar tempat atau kamar tidur anda senyaman mungkin, hindarkan laptop atau gadget lainnya dari tempat tidur anda, dan usahakan agar kamar anda tenang dan matikan lampu saat tidur.

3. Mengatasi Insomnia bisa juga dilakukan dengan mengikuti pola tidur alami, dan malam hari adalah waktu alami untuk seseorang tidur dan jangan terlalu banyak tidur di siang hari, karena bisa menyebabkan anda kembali susah tidur pada malam harinya. cobalah ikuti aturan alami tubuh, yaitu tubuh akan mulai tertidur di malam hari.

4. Anda harus menerima bahwa kita butuh tidur delapan jam dalam sehari, jangan memotong waktu tidur anda, karena dalam jangka panjang akan merusak pola tidur anda.

5. Jangan memaksakan untuk tidur, tidur itu alami dan mudah. jika anda memaksakan untuk tidur, anda akan merasa cemas dan akhirnya tidak bisa tidur. pergilah ke tempat tidur, berbaring dengan tenang dan anda akan mengantuk dengan sendirinya.

6. Siapkan untuk tidur, anda harus mempersiapkan diri untuk tidur agar mata anda segera merasa mengantuk. jika anda hanya pergi ke tempat tidur dan tidak berniat untuk tidur, insomnia anda tidak akan teratasi.

7. Memanjakan diri dalam beberapa kegiatan relaksasi seperti membaca buku yang bagus atau mendengarkan musik sebagai awal untuk tidur.


8. Kurangi mengkonsumsi minuman yang bersifat stimulan atau yang membuat anda terjaga seperti teh, kopi. alkohol dan rokok. Minuman ini akan menyebabkan anda terjaga yang tentu saja tidak anda perlukan bila anda ingin tidur.

9. Mengatasi Insomnia bisa juga dengan mengatasi masalah yang anda hadapi. sebuah masalah hidup bisa mengganggu tidur anda, karena akan selalu terbawa dipikiran anda ketika ingin tidur.

10. Konsultasikan dengan dokter
Anda jika Anda tidur terus-menerus terganggu, kadang-kadang mungkin merupakan gejala dari penyakit fisik seperti tekanan darah tinggi sakit,, bernapas masalah atau masalah jantung.

11. Jernihkan pikiran anda.
Enyahkan segala kekhawatiran yang menghinggapi pikiran anda. Salah satu cara untuk ini adalah menuliskan semua pikiran anda lewat media blog.

12. Tidur dan bangunlah dalam periode waktu yang teratur setiap hari.Waktu tidur yang kacau akan mengacaukan waktu tidur anda selanjutnya.

Terima kasih telah membaca 12 Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sahabat blog dokter.

6 Responses to "12 Tips Alami Mengatasi Insomnia atau Susah Tidur"

  1. kalau bisa sholat sunah 2 roka'at sebelum tidur yaaa..
    (bagi yang muslim)

    ReplyDelete
  2. Ini penyakit yang belakangan banyak dialami teman-teman saya, artikel bermanfaat ini akan saya sebar ulang ke mereka, terima kasih admin atas kontribusinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks atas kunjungannya. Sehatkan dirimu dan Sehatkan Sekitarmu.
      Silahkan dibagikan jika menurut anda tips diatas sangat bermanfaat. :)

      Delete
  3. Tp yg aq alami dr dl..setiap aq cb tidur sblm jam 12 malam pasti jam 12 malam melek sampe male lg.

    ReplyDelete
  4. saya juga mengalami hal yang serupa,stelah jam 3 pagi baru bisa tidur :(

    ReplyDelete