5 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Karena Asam Urat

Blog Dokter - Cara Mengatasi Kaki Bengkak Karena Asam Urat - Saat usia sudah mulai menginjak usia 30 an, maka berbagai macam penyakit akan sangat mudah menyerang tubuh anda. Salah satu penyakit yang cukup banyak menyerang usia 30an adalah asam urat atau juga dikenal dengan uric acid. Asam urat sendiri adalah penyakit yang timbul akibat tidak berfungsinya enzim ukirase dalam proses katabolisme. Sehingga asa tidak terkonversi dalam bentuk zat yang lebih kecil. Selain itu hal ini juga disebabkan oleh menumpuknya zat purin dalam persendiaan anda. Zat purin ini anda dapatkan dari zat yang terkandung dalam bahan makanan yang dikonsumsi, sehingga makin banyak zat purin yang dikonsumsi makan akan beresiko pula pada tingginya potensi asam urat anda.

  Cara Menyembuhkan Kaki Bengkak Karena Asam Urat  

Cara Mengatasi Kaki Bengkak Karena Asam Urat

Saat anda menderita asam urat maka akan berbagai macam keluhan yang anda hadapi. salah satu yang paling umum dirasakan adalah terjadinya pembengkakan utamanya pada bagian kaki. Seperti yang dijelaskan sebelumnya bahwa ketika zat purin ini menumpuk di salah satu persendian utamanya kaki, maka tampak visual kaki anda akan bengkak. Jika itu terjadi akan sangat sulit bagi anda untuk bergerak serta melakukan aktifitas dinluar rumah. Hal itu disebabkan oleh kaki yang akan sakit saat bergerak.

Berikut cara yang bisa anda lakukan untuk mengatasi kaki anda yang bengkak akibat asam urat.

1. Mengonsumsi ramuan kumis kucing

Banyak sekali tanaman yang bisa dimanfaatkan untuk mengobati berbagai macam penyakit. Kumis kucing adalah salah satu tanaman yang cukup ampuh mengatasi berbagai macam jenis penyakit. Tanaman ini bahkan sangat mudah didapatlan, bahkan sangat sering ditemukan di pinggir jalan. Kumis kucing dipercaya sangat ampuh dalam mengatasi bengkak akibat asam urat. Ia mengandung banyak zat yang bermanfaat seperti kalium yang baik untuk ginjal dan yang paling utama ia bersifat diuretic sehingga baik untuk asam urat anda. Namun anda jangan langsung saja mengonsumsinya tanpa takaran yang jelas. Anda bisa mengambil kumis kucing sebanyak 10 gram lalu campurkan dengan 10 gram jahe, 10 gram garam menir dan 10 gram kapulaga. Campurkan semua bahan tadi dan rebus. Hasil rebusannya bisa anda jadikan ramuan pengobatan untuk kaki bengkak karena asam urat.

2. Ramuan daun salam

Walaupun daun salam pada umumnya digunakan untuk memasak namun ia juga dapat digunakan untuk obat asam urat. Berdasarkan penelitian daun salam memiliki kandungan zatatsiri, flavanoid dan tannin yang bisa menghilangkan bengkak akibat asam urat.cukup mengambil 10 lembar daun salam serta rebuslah hingga mendidih. Hasil dari rebusan daun salam kemudian bisa anda minum sebanyak dua kali dalam sehari.

3. Mengonsumsi banyak makanan yang mengandung potassium

Makanan yang mengandung banyak potassium sangatlah bermanfaat untuk menghilangkan endapan purin yang mengganggu di persendian anda. Makanan seperti pisang, minuman yogurt akan cepat membantu meringankan bengkak akibat asam urat. Selain itu anda juga harus memperbanyak mengonsumsi kebutuha vitamin C sehingga potassium dan vitamin C tadi bisa bersama-sama menghancurkan endapan purin dalam tubuh.
Lihat : Makanan yang Harus dihindari Penderita Asam Urat

4. Menjaga agar tetap terhidrasi

Berusahalah untuk menjaga tubuh anda tetap terhidrasi dengan cara meminum air yang cukup. Banyak sekali penelitian kesehatan membuktikan betapa air putih sangat banyak memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan. Air putih dipercaya mampu bengkak asam urat dengan cara mengambil endapan tersebut dan dikeluarkan melalui urin. Air putih bisa membawa endapan purin yang menjadi penyebab utama asam urat dan bengkaknya anggota tubuh utamanya kaki.

5. Bergeraklah seperti biasa

Saat kaki bengkak karena asam urat akan sangat baik jika anda terus melakukan aktifitas seperti biasa. Bergeraklah agar kaki anda yang bengkak terlatih persendiannya dan membuat zat endapan purin juga bergoyang. Dengan banyak bergerak saat kaki bengkak akan melatih kaki anda untuk tetap aktif dan tidak akan berkelanjutan membantu saat endapan purin sudah terlalu banyak.
Beberapa poin diatas telah memberikan setidaknya cara cepat dalam menghilangkan bengkak saat terkena asam urat. Semoga anda bisa mencobanya dan memberikan informasi kepada keluarga dan kerabat yang menderita penyakit tersebut. Terima kasih

2 Responses to "5 Cara Mengatasi Kaki Bengkak Karena Asam Urat"