Tips Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Blog Dokter - Bagi para ibu yang baru saja pertama kali mempunyai bayi, memandikan bayi merupakan yang sulit.Bayi yang baru lahir sangat mudah kedinginan dan mempunyai tubuh yang mungil.Jadi terkadang harus menyewa jasa bidan untuk memandikan bayi anda.Memandikan bayi tidak bisa langsung di guyur atau di rendam di dalam air, lebih baik untuk memandikan dengan waslap.Para dokter anak, juga sangat menyarankan hal tersebut. Jika terlalu lama terendam air, bayi akan cepat kedinginan dan berpengaruh terhadap kesehatan bayi tersebut. Tetapi anda tak perlu khawatir. Saya akan membagikan tips memandikan bayi yang baru lahir.

  Cara Benar Memandikan Bayi Baru Lahir  

Tips Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

Berikut Tips Aman Memandikan Bayi Yang Baru Lahir


1. Alat Yang Dibutuhkan Untuk Memandikan Bayi

Ketika ingin memandikan bayi ada beberapa peralatan yang dibutuhkan.Banyak kesalahan yang dilakukan karena kurangnya peralatan yang digunakan. Buat para ibu pemula harus mengetahui apa saja yang dibutuhkan. Pertama anda harus membutuhkan bantal dan handuk.Bantal dan handuk ini berfungsi sebagai alas ketika memandikan anak anda.Jika anda belum berani menggendong terlalu lama, anda bisa meletakkan anak anda di atas bantal yang sudah diberi handuk.Alat yang selanjutnya adalah bak mandi bayi.Gunakanlah bak mandi yang khusus untuk bayi.

Selanjutnya ada kain waslap, bola kapas untuk membersihkan sekitar mata, telinga dan hidung, handuk bertopi yang berfungsi mencegah masuknya air ke bagian mata terutama ketika menyampo rambut bayi anda, popok bersih, alcohol untuk membersihkan bagian tali pusar yang belum kering, produk kulit bayi, shampo bayi, sabun bayi, gunting kuku dan sikat halus. Ketika memandikannya jangan menggunakan perlengkapan mandi orang dewasa karena kandungan bahannya tidak sesuai dengan kulit bayi.Ketika semua alat dan bahan sudah disiapkan anda sudah bisa mulai untuk memandikan bayi. lihat : Cara Mengatasi Bayi Menangis

2. Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Benar

Hal pertama yang harus anda lakukan ketika ingin memandikan bayi adalah menyiapkan semua alat di samping anda. Ini akan memudahkan anda untuk menjangkaunya. Ketika memandikan bayi jangan di ruangan yang terlalu dingin maupun terlalu panas.Setelah itu masukan air ke dalam bak mandi bayi. Air di dalam bak mandi cukup sekitar 8 cm saja dengan suhu kurang lebih 37 sampai 38 derajat celcius. Hindari untuk mencampurkan berbagai cairan ke dalam air cukup menggunakan air bersih saja.

Selanjutnya mulai memasukkan bayi ke dalam bak mandi.Pertama masukan kaki terlebih dahulu, gunakan tangan anda untuk menopang bagian leher bayi.Kemudian tangan yang satunya untuk mengelap seluruh bagian badan bayi.Jadi anda tak perlu mencelupkan seluruhbagian tubuh bayi.Cukup sebagian saja.Gunakan sabun bayi sedikit saja tak perlu terlalu banyak, supaya kulit bayi tidak mudah kering.Anda bisa membasuhnya dengan menggunakan spon atau kain waslap yang halus.

Bersihkan seluruh bagian rambut, wajah dengan hati-hati.Bersihkan sabun secara perlahan, kemudian angkat bayi.Tangan satu digunakan untuk menopang bagian leher dan yang satunya untuk bagian bokong bayi.Kunci tangan anda supaya bayi tidak terpeleset dari tangan anda.Kemudian pakaian handuk dan segera di beri minyak serta perlengkapan bayi lainnya.Jika belum bisa melakukan sendiri, lakukan bersama pasangan anda. Demikian beberapa tips memandikan bayi yang baru lahir.Selamat mencoba.

0 Response to "Tips Memandikan Bayi Yang Baru Lahir"

Post a Comment