4 Tips Menghilangkan Rasa Gatal Pada Bekas Luka

Blog Dokter - Tips Menghilangkan Rasa Gatal Pada Bekas Luka. Ketika anda mengalami sebuah luka yang mulai sembuh dan kering tentunya anda akan merasakan gatal di sekeliling luka tersebut. Tahukah anda apa yang menjadi penyebabnya hal tersebut bisa anda rasakan? Luka yang mulai sembuh dan mengering akan menyebabkan rasa gatal yang disebabkan oleh mulai tumbuhnya jaringan kulit yang baru. Selain itu pada jaringan kulit juga memproduksi histamine dimana mampu menjadi mediator inflamasi. Dengan semakin banyaknya sel baru yang menuju luka maka akan semakin gatal dan proses penyembuhan akan cepat berlangsung. Namun sebaiknya anda menahan keinginan anda untuk menggaruk pada rasa gatal tersebut. Hal itu dikarenakan hanya kan menimbulkan luka baru lagi.

  Tips Menghilangkan Rasa Gatal Pada Bekas Luka  

Menghilangkan Rasa Gatal Pada Bekas Luka

Berikut ini akan kami sampaikan mengenai cara mengatasi gatal pada bekas luka.

1. Hindari menggaruk pada luka

Salah satu cara mengobati rasa gatal pada bekas luka adalah dengan tidak menggaruknya. Mengingat ketika anda merasa ingin menggaruk karena rasa gatal tentunya akan dilakukan dengan keras supaya rasa gatal menghilang. Namun hal tersebut tidak dianjurkan. Anda hanya diperbolehkan mengusapnya secara perlahan untuk menghilangkan keinginan menggaruk. Tidak hanya itu anda juga bisa mengalihkan perhatian. Tidak terus menerus mengingat rasa gatal. Dan bisa melakukan kegiatan supaya tidak merasa gatal lagi.

2. Mengompres luka

Rasa gatal bisa teratasi dengan mengompres sumber rasa gatal tersebut. Langkah menghilangkan rasa gatal dengan mudah adalah dengan mengompresnya dengan botol yang berisi air panas ataupun air dingin. Letakkan perlahan pada sumber gatal. Jika air terlalu panas anda bisa meletakkan kain sebelum mengompresnya dengan botol. lihat juga : Cara Alami Hilangkan Bekas Luka

3. Memberi pengurang rasa gatal

Rasa gatal memang sangat mengganggu anda ketika melakukan kegiatan. Tentunya rasa gatal tersebut akan mengurangi kosentrasi anda. Untuk itulah anda bisa memanfaatkan obat untuk mengurangi rasa gatal yang tersedia di apotik. Selanjutnya cara mengatasi gatal pada bekas luka bisa anda lakukan dengan menggunakan obat pengurang rasa gatal berupa bedak ataupun gel yang lembut di kulit dan luka. Oleskan beda atau gel tersebut ketika anda merasa gatal pada bekas luka anda.
baca juga : Mengatasi Gatal di Kepala

4. Membasuhnya dengan revanol atau air daun sirih

Seperti yang diketahui, terkadang pada luka tersebut masih tersisa bakteri ataupun kuman yang bisa menyebabkan rasa gatal. Dengan demikian untuk menghindari datangnya kuman tersebut anda bisa menggunakan revanol. Basahi kapas dengan menggunakan revanol kemudian di usapkan pada bekas luka yang gatal. Jika tidak tersedia revanol, anda bisa menggantinya dengan air rebusan daun siri. Mengingat daun sirih ini juga mengandung zat anti bakteri.

Rasa gatal memang tak tertahankan jika benar-benar anda rasakan. Yang perlu anda ingat adalah untuk berusaha menahan agar anda tidak menggaruknya. Hal tersebut tentunya bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan luka anda. Dengan mengikuti proses penyembuhan gatal pada bekas luka di atas semoga menjadi salah satu solusi terbaik untuk anda. agar rasa gatal pada bekas luka cepat teratasi.

0 Response to "4 Tips Menghilangkan Rasa Gatal Pada Bekas Luka"

Post a Comment