4 Cara Membersihkan Mata Bayi Melengket, Bunda Mesti Tahu

Blog Dokter - Untuk bayi yang baru lahir seringkali ada beberapa kendala yang dihadapi ibu muda. Salah satunya adalah saat menghadapi mata bayi yang lengket saat bangun di pagi hari. Mata bayi yang lengket ini seringkali terjadi jika ada kotoran yang melengket di sudut mata bayi. Kotoran tersebut bisa saja berasal dari kelenjar air mata yang menghasilkan cairan dan pada akhirnya mengering di sepanjang mata anda. Hal inilah yang membuat mata bayi dari kelopak mata atas dan kelopak mata bawah melengket dan tidak bisa .

Hal ini bukanlah masalah kesehatan serius, namun jika selalu dibiarkan tanpa segera di bersihkan maka akan menyebabkan infeksi pada mata bayi. Infeksi tentunya disebabkan karena kotoran mata yang lama-kelamaan berkembang menjadi sarang bakteri.

Olehnya itu anda sebaiknya mencari cara yang baik yang bisa membersihkan mata bayi anda agar ia bisa merasa nyaman saat bangun dan juga bisa membuka mata dengan baik.

Di bawah ini beberapa cara membersihkan jika mata bayi anda melengket.

1. Cuci tangan

Sebelum anda membersihkan mata bayia anda, maka sebaiknya cuci tangan anda sebelumnya agar menjadi bersih dan steril. Sangat penting membersihkan tangan anda saat mengurusi anak bayi utamanya saat ingin membersihkan bagian matanya.

2. Gunakan Cutton Bud dan Kapas

Hindari menggunakan tangan kosong membersihkan mata anak. Jika anda ingin membersihkannya maka sebaiknya gunakan kapas dan cutton bud. Ambillah air hangat dan basahi cutton bud tersebut dengan air hangat. Perlahan-lahan usapkan pada mata bayi dari sudut luar mendekati sudut mata bagian dalam yang berdekatan dengan hidung.

3. Lakukan Berulang-ulang

Untuk membersihkan mata bayi yang melengket memanglah tidak begitu mudah dan cepat. Sebaiknya anda melakukannya berulang-ulang dan jangan sampai anda melupakan beberapa bagian kecilnya. Ingatlah untuk mengganti cotton bud anda untuk satu mata dan mata yang lainnya.

4. Perhatikan Kondisi Mata Bayi

Anda sebaiknya memperhatikan bagaimana kondisi mata anak anda saat setelah dibersihkan. Jika matanya memerah dalam jangka waktu dan lama, serta kotoran yang keluar dari matanya kekuningan, sebaiknya segeralah untuk memeriksakan mata anak anda ke dokter agar bisa diketahui lebih lanjut.
Itulah beberapa tips dan cara membersihkan mata bayi anda yang melengket akibat kotoran. Jika anda tidak memebersihkannya dengan segera maka bayi bisa rewel dan membuatnya tidak nyaman. Olehnya itu segera bersihkan jika matanya melengket. Selamat mencoba.

0 Response to "4 Cara Membersihkan Mata Bayi Melengket, Bunda Mesti Tahu"

Post a Comment