4 Cara Perawatan Sehari-Hari Bayi Tanpa Ribet

Kesehatan Bayi - Perawatan untuk bayi memang sangat perlu dipahami oleh setiap orang tua baru, baik ayah maupun ibu. Satu sama lain harus bersinergi untuk merawat bayi dalam kesehariannya. Banyak sekali yang harus diperhatikan orang tua untuk dapat merawat bayinya dengan benar, mulai dari memandikan, menjaga kebersihan badan, hingga pemotongan kuku dan merawat kebersihan alat kelamin. Sebagai orang tua baru mungkin anda sangat awam dengan hal-hal tersebut, namun anda dapat bernafas lega. Hal itu dikarenakan kali ini akan kami kupas mengenai cara melakukan perawatan bayi sehari-hari yang simple.

Perawatan Sehari-Hari Bayi
credit image : solusisehatku.com

Tips sederhana perawatan sehari-hari pada bayi


1. Sebagai orang tua baru, anda harus paham setiap langkah memandikan bayi dengan benar. Pakailah air hangat dengan suhu sekitar 40 derajat celcius. Awali dengan menyiram tubuh si bayi kemudian basuh rambutnya. Gunakan sabun pada setiap bagian, hingga bagian yang tersembunyi seperti lipatan-lipatan tertentu. Setelah itu anda dapat memasukkan bayi ke bak mandi lalu memandikannya dengan menggosok pelan tubuh bayi. Setelah selesai langsung taruh diatas handuk dan keringkan badan si bayi agar tidak merasa kedinginan.

Lihat juga : Tips Memandikan Bayi Yang Baru Lahir

2. Perawatan bayi sehari-hari yang juga harus diperhatikan adalah membersihkan alat kelamin si bayi. Jangan biarkan area ini lembab, karena dapat menimbulkan iritasi pada kulit bayi. Bersihkan area kelamin bayi dengan tisu basah dan beri bedak setelah buang air besar agar bayi merasa nyaman. Ketika mencuci alat kelamin bayi, lebih baik jangan menggunakan sabun. Sebab penggunaan sabun yang tidak hati-hati akan membuatnya masuk ke dalam alat kelamin dan membuat bayi merasa tidak nyaman.

3. Orang tua baru ini juga perlu memperhatikan kebersihan si bayi, yakni dengan rajin membersihkan telinga, mata dan hidung si bayi. Untuk membersihkan telinga dan hidung dapat menggunakan kapas yang dibasahi dengan air hangat.Sementara untuk membersihkan mata, cukup menggunakan kapas yang juga dibasahi dengan air hangat. Lakukan perlahan dan jangan sampai melukai kulit bayi yang masih sensitive.

Baca juga : Tips Agar Bayi Tidur Nyenyak dan Teratur

4. Rajinlah memotong kuku bayi karena pertumbuhan kuku bayi sangat cepat. Selain itu kuku yang tidak segera dipotong dapat membahayakan kulit bayi. Hal ini dikarenakan bayi mulai bergerak dan menggunakan tangannya untuk melakukan apapun. Jika anda belum sempat memotong kuku bayi, anda dapat memasangkan sarung tangan dan sarung kaki agar kuku-kuku bayi tidak melukai dirinya sendiri.

Artikel Lainnya : Cara Ampuh Mengatasi Bayi Menangis

Demikian pembahasan mengenai cara merawat bayi sehari-hari yang sangat simple namun memang tepat pengaplikasiannya. Artikel ini sangat penting untuk dipelajari terutama bagi orang tua baru yang akan segera memiliki momongan.

0 Response to "4 Cara Perawatan Sehari-Hari Bayi Tanpa Ribet"

Post a Comment