6 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Mudah Diatur

Tips Rambut - Salah satu tipe rambut yang sulit untuk diatur adalah rambut kering dan mengembang. Memiliki jenis rambut ini memerlukan kerja ekstra untuk menatanya menjadi rapi. Terkadang, bila Anda salah memilih tatanan rambut untuk tipe kering mengembang ini akan menyebabkan penampilan seperti singa dengan surai lebat. 

Rambut kering dan mengembang tidak terjadi karena faktor genetik. Keadaan ini banyak terjadi karena kesalahan menggunakan produk perawatan rambut, intensitas yang berlebihan menggunakan pengering rambut, menggunakan obat-obatan rambut, terlalu sering berenang, atau efek dari paparan sinar matahari. Mengatasi dampak tersebut, Anda dapat mengikuti beberapa langkah dibawah ini:

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Mudah Diatur

Panduan Cara Mengatasi Rambut Mengembang agar Mudah Diatur

1. Mulailah untuk mengurangi penggunaan shampoo
Mencuci rambut setiap hari memberikan dampak yang buruk untuk kesehatan rambut Anda. ketika mencuci rambut Anda akan menggunakan shampoo, padahal pemberian shampoo terlalu sering akan membuat rambut Anda kering dan rusak. Anda cukup keramas dua hari sekali dengan penggunaan shampoo secukupnya. Jangan lupa untuk menggunakan shampoo khusus untuk rambut kering,

Baca juga : 5 Masker Alami Untuk Perawatan Rambut

2. Pakailah kondisioner setelah keramas
Pelembab rambut ini sangat diperlukan untuk rambut kering. Pilihlah kondisioner yang tepat, yaitu yang tidak mengandung alcohol. Alcohol hanya akan membuat rambut Anda semakin kering.

3. Lakukan relaksasi pada kulit kepala
Hanya dengan memijatnya secara perlahan akan membuat kulit kepala Anda bernafas lebih baik. Sirkulasi darah akan lancar dengan pemijatan diarea kepala secara lembut. Selain itu, pemijatan juga akan membantu mengeluarkan minyak kulit alami dan menyebarkannya ke bagian rambut lain. Minyak ini berfungsi untuk melembabkan kulit agar tidak kering. Berhati-hatilah dalam memijat, jangan sampai melukai bagian kulit kepala yang dapat menyebabkan iritasi. 

4. Sisirlah rambut dengan benar
Menyisir rambut dengan benar akan membantu mengeluarkan minyak rambut alami. Hindari menyisir rambut ketika keadaan basah agar tidak terjadi kerontokan secara berlebihan. Ada baiknya mengeringkan dengan handuk baru menyisirnya. Hindari pula penggunaan sisir berbahan plastic karena akan membuat rambut Anda mengembang.

Lihat juga : 10 Cara Alami Memiliki Rambut Lurus dan Berkilau

5. Biarkan rambut Anda terurai
Apabila Anda termasuk orang yang suka mengikat atau menjepit rambut, ada baiknya untuk menguraikan ketika tidur. Menguraikan rambut sama artinya Anda memberikan kebebasan rambut untuk bernafas sehingga peredaran darah akan lebih lancar. Peredaran darah yang lancar akan mengurangi kekeringan yang terjadi di rambut Anda.

6. Pakailah minyak rambut
Cukup dengan menggunakan minyak rambut seminggu sekali, Anda akan mendapatkan rambut yang lebih lembab. Gunakan minyak rambut alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa, atau kemiri.

Beberapa cara diatas akan membuat rambut Anda lebih rapi dan mudah diatur. Menggunakan secara teratur akan memberikan hasil maksimal berupa rambut yang lurus dan lembab. Imbangi dengan konsumsi makanan yang mengandung protein untuk pembentukan keratin pada rambut Anda.

0 Response to "6 Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Mudah Diatur"

Post a Comment