10 Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak

Blog Dokter - Cara ampuh mengatasi wajah berminyak.  Kulit wajah kita memiliki banyak jenis. Ada yang memiliki kulit kering dan juga berminyak. Ada pula yang memiliki kulit wajah yang flexible sehingga terlihat sehat. kulit wajah yang kering lebih banyak memberikan efek keriput pada kulit wajah anda, selain itu timbulnya bercak putih akibat sel kulit mati juga akan tampak sangat mengganggu.

Kulit berminyak banyak dimiliki bagi orang yang aktif. Kulit berminyak lebih banyak memberikan efek daripada kulit kering. Kulit berminyak merupakan pemicu awal adanya komedo serta jerawat pada kulit wajah anda. Oleh karena itu saat memiliki wajah dengan kulit berminyak, seseorang banyak mencari produk yang dapat mengatasinya dengan cara singkat.

Namun melalui tips di bawah ini, anda tentu saja tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam , sebab tips di bawah ini merupakan tips alami yang dapat membantu anda dalam mengatasi kulit berminyak.

10 Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak

wajah berminyak
Ilustrasi Mengatassi Wajah Berminyak
Berikut 10 cara alami mengatasi wajah berminyak.

1. Seledri

Ambil daun seledri lalu potong kecil-kecil. Masukkan potongan seledri tadi kedalam wadah yang berisi air mendidih dan biarkan terendam selama 15-20 menit. Setelah itu ambil daun seledrinya, dan biarkan air hasil rendaman menjadi dingin (± 20-30 menit). Kemudian oleskan air seledri yang sudah dingin pada wajah, dan biarkan sampai air seledri tersebut meresap dan mengering . Setelah itu bilaslah wajah dengan air bersih. Lakukan langkah ini setiap 2 hari sekali.
ADVERTISEMENT

2. Timun

Ambil 1 buah timun, belah 4 memanjang. Lalu bagian dalam yang berbiji agak dicacah dan gosok ke wajah yang sudah dibersihkan. Diamkan 10 – 15 menit. Bersihkan dengan air hangat. Lalu lap dengan handuk bersih. Setelah itu beri dengan pelembab.

3. Bengkoang dan kentang

Ambil bengkoang dan kentang secukupnya. Kemudian haluskan, terserah bagaimana anda menghaluskan kedua bahan tersebut secara terpisah, anda dapat menumbuk maupun menggunakan blinder. Setelah itu jadikan masker dibagian wajah anda yang telah dicuci terlebih dahulu. Gunakan saat menjelang tidur agar dapat bertahan lama di wajah. Selain dapat menghilangkan minyak diwajah, Bengkoang dan kentang juga dapat mengecilkan pori-pori pada wajah

4. Mencuci Muka

Pilih sabun cuci muka untuk wajah berminyak. Kemudian jangan malas mencuci muka dengan sabun tersebut dua kali dalam sehari.

5. Kertas Minyak Wajah

Ketika wajah terlihat berminyak, gunakan kertas khusus penyerap minyak dengan cara menepuk-nepukkannya dengan pelan. Jangan mengusap karena Anda bisa iritasi atau hiasan make akan menjadi berantakan.

6. Make Up

Beberapa bahan make up, seperti foundation dan bedak, juga bisa digunakan untuk mengontrol minyak pada wajah. Pilih jenis bedak bubuk agar mampu menyerap minyak seperti spons.

7. Tabir Surya

Mengenakan tabir surya berlebihan bisa membuat wajah semakin tampak berminyak. Jadi batasi penggunaan tabir surya secukupnya jika akan keluar rumah.

8. Makanan

Beberapa makanan ternyata mempengaruhi produksi minyak pada wajah. Misalnya makanan pedas yang ternyata membuat wajah semakin terlihat berminyak.

9. Scrub atau Masker Wajah


Setiap seminggu sekali, ada baiknya Anda merawat wajah dengan scrub, masker, atau peeling. Pilih produk yang sesuai dengan sensitivitas kulit atau gunakan bahan-bahan alami seperti buah-buahan untuk merawat wajah berminyak.

10. Krim malam

Beberapa perawatan wajah berminyak juga membutuhkan penggunaan krim malam. Sebab malam hari kulit juga bekerja untuk meregulasi kandungan air dan minyak pada wajah.

Nah!!! Setelah membaca artikel diatas segera mengambil tindakan agar wajah anda tetap segar dan bercahaya. Seperti itulah 10 cara yang baik untuk mengatasi wajah berminyak. Semoga dengan tips diatas sahabat blog dokter dapat memiliki wajah yang mulus.


Baca Juga: 



6 Responses to "10 Cara Alami Mengatasi Wajah Berminyak"

  1. Udah nyobain pake kertas minyak, lumayan bagus dibandingkan pake tisu atau kain...
    makasih infonya...

    ReplyDelete
  2. Biar aku laki ... tapi tetep harus berpenampilan menarikkan ???? he he ... maksih infonya " cowok perkasa

    ReplyDelete
  3. maksiiiinfonya brmnfaat bgt terutama buat kita kita cewek remaja

    ReplyDelete