Beragam Gangguan Kesehatan Dilihat dari Kondisi Lidah

Blog Dokter - Saat anda merasa kurang sehat dan memprediksi bahwa mungkin saja anda mengidap suatu penyakit, anda pasti hanya memeriksa tanda-tanda vital saja. Sehingga banyak sekali orang yang mengabaikan hal-hal dan juga bagian dari tubuhnya padahal ada beberapa bagian dari tubuh yang bisa memberikan petunjuk gangguan kesehatan apa yang sedang anda alami.

Salah satunya adalah lidah. Lidah salah satu tanda dari tubuh yang selalu diabaikan. Padahal ada beberapa penyakit yang akan berefek pada lidah jika gejalanya sudah mulai muncul. Dibawah ini merupakan beberapa gangguan kesehatan yang bisa dilihat dari kondisi lidah anda.

Beragam Gangguan Kesehatan Dilihat dari Kondisi Lidah

Berikut Gangguan Kesehatan Yang Dapat Dilihat Dari Kondisi Lidah

1. Lidah bengkak
Jika anda memiliki gejala lidah bengkak maka kondisi ini sangat membutuhkan perhatian dan merupakan keadaan darurat yang membutuhkan perhatian medis segera. Saat anda mengalami lidah bengkak maka akan berpotensi untuk menyebar ke titik di mana aliran udara terhambat. Jika lidah Anda bengkak, pergi ke dokter sesegera mungkin. Salah satu penyebab paling umum dari lidah bengkak adalah alergi obat. Selain itu bisa saja lidah bengkak merupakan gejala dari alergi makanan.

2. Lidah berwarna keputihan
Lidah berwarna keputihan biasanya disebabkan karena tidak terjaganya kebersihan gigi dan mulut. Anda harus mengetahui bahwa lapisan putih yang ada di lidah Anda adalah lapisan bakteri dan sel-sel mati. Solusi yang bisa anda lakukan jika lidah putih Anda yag disebabkan oleh kebersihan yang buruk, Anda dapat dengan mudah memperbaiki masalahnya dengan menyikat lembut lidah Anda dengan sikat gigi.

3. Lidah kemerahan
Anda harus waspada jika lidah anda dominan terlihat kemerahan. Jika seluruh lidah Anda kemerahan, itu bisa menjadi gejala demam Scarlet. Demam Scarlet berupa penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang juga menyebabkan radang tenggorokan. Jika perbedaan antara demam scarlet dan radang tenggorokan adalah bahwa dalam kasus demam scarlet, bakteri melepaskan toksin yang menyebabkan ruam dan gejala lainnya. Secara umum demam scarlet banyak menyerang anak-anak di usia 5-15 tahun. Olehnya itu seringlah mengecek anak anda agar bisa terjaga kesehatannya.

Baca juga : Lidah Pahit Saat Sakit? Atasi dengan 5 Langkah Sederhana Ini

Itulah beberapa tanda yang bisa anda lihat untuk mencari tahu gejala penyakit anda. Selamat mencoba.

0 Response to "Beragam Gangguan Kesehatan Dilihat dari Kondisi Lidah"

Post a Comment