7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal

Blog Kesehatan - Beberapa penyakit yang kronis muncul akibat pola hidup yang tidak sehat. Salah satunya adalah batu ginjal. Batu ginjal disebabkan oleh pengkristalan asam urat menjadi batu ginjal. Hal ini merupakan masalah kesehatan yang sangat bisa dicegah dengan penyesuaian gaya hidup yang dilakukan sedini mungkin.

Olehnya itu untuk mencegah batu ginjal bersarang ditubuh anda, maka tidak ada kata terlambat untuk memulai hal-hal baik agar anda bisa menjadi sehat tanpa batu ginjal. Bahkan, jika saat ini anda sedang mengalami penyakit batu ginjal cara berikut dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah kemunculan batu ginjal berikutnya:


Inilah Cara Efektif Mencegah Munculnya Penyakit Batu Ginjal

1. Minum banyak air
Memperbanyak minum air putih akan sangat baik bagi anda. Air putih selalu memberi manfaat bagi anda utamanya dalam menetralisir racun dalam tubuh. Selain itu air juga bisa membantu anda terhidrasi sebab di wilayah tropis seperti ini akan membuat kebutuhan cairan meningkat. Keringat yang banyak keluar membuat tubuh banyak kehilangan cairan tubuh hal itu menyebabkan kurangnya air seni yang dibuang dari dalam tubuh. Saat ia menumpuk dalam tubuh maka mineral penyebab batu ginjal lalu mengendap di dalam nephron ginjal dan saluran kencing. Minum banyak air dapat mencegah mengendapnya mineral di dalam ginjal dan menstimulasi buang air kecil.

Baca juga : Gejala dan Penyebab Gagal Ginjal

2. Minum minuman yang menyehatkan
Selain minum air putih anda juga bisa meminum beragam minuman yang baik bagi kesehatan. Hal itu akan sangat membantu menjaga kesehatan anda. Minuman seperti air kelapa dan air perasan lemon yang murni cocok bagi kesehatan tubuh. Sebab di dalam air kelapa, terdapat 94% kandungan air yang baik untuk mencegah batu ginjal karena kandungan mineral seperti potasium, magnesium dan mangan. Sementara itu, air lemon sendiri mengandung asam citric yang bisa membantu mencegah pengkristalan mineral kalsium dalam ginjal.

3. Pilihlah makanan yang baik untuk tubuh Anda
Saat makan anda haruslah lebih memilih makanan yang baik bagi tubuh. Sebaiknya anda mengonsumsi makanan yang mengandung oksalat, seperti yang ada di dalam kacang-kacangan, biji-bijian, legumes,cokelat dan minuman seperti teh. Konsumsi sayuran seperti bayam, akar bit dan ubi jalar.

4. Konsumsi lebih banyak makanan dan minuman berbahan dasar susu
Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi 3 hingga 4 sajian yogurt atau susu rendah lemak atau bebas lemak dapat membantu mencegah pembentukan batu ginjal. Sebab dalam kandungan tersebut bisa membantu membantu mengikat oksalat dari makanan lain.

Ketahui : Ciri Ciri Penyakit Ginjal dan Jenisnya

5. Batasi konsumsi makanan laut dan daging-dagingan
Kandungan purin dalam makanan laut sangatlah tinggi. Tingginya kadar purin dapat meningkatkan produksi asam urat yang menjadi cikal bakal batu ginjal dan menyebabkan penumpukannya di dalam ginjal membatu.

6. Kurangi konsumsi garam
Garam terkadang memiliki efek yang buruk. Jika anda menakar dengan baik maka kadar sodium yang tinggi terdapat dalam tubuh anda. Hal ini dapat menyebabkan pelepasan kalsium di dalam urin yang berlebihan. Kalsium ini dapat menempel pada oksalat, menyebabkan pembentukan batu ginjal.

7. Jaga berat badan tetap ideal
Berdietlah, jika berat badan anda bertambah terus menerus. Menderita kelebihan berat badan bisa memberikan potensi besar mengalami batu ginjal.

Lihat : Cara Sehat Merawat Ginjal

Itulah beberapa dari cara mencegah batu ginjal. Selamat mencoba.

0 Response to "7 Cara Mencegah Penyakit Batu Ginjal"

Post a Comment