7 Cara Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Blog Dokter - Gangguan sistem pencernaan?, hal ini mungkin kerap kali anda alami. Lalu bagaimana cara meningkatkan kesehatan pencernaan?, Nah, kita akan membahasnya pelan-pelan. Salah satu faktor utama penyebab gangguan pencernaan adalah, karena faktor konsumsi makanan yang tidak tepat. Mungkin makanan yang anda konsumsi tidak higienis, banyak mengandung zat berbahaya dan tidak bersih.

  Cara Meningkatkan Kesehatan Pencernaan  

Cara Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

 Namun, anda jangan ceroboh dengan mengabaikan rasa sakit pencernaan anda, karena bisa jadi rasa sakit tersebut merupakan indikasi dari penyakit yang berbahaya. Nah, inilah pemaparan cara meningkatkan kesehatan pencernaan agar tetap sehat dan tidak terganggu kinerjanya :

Tujuh Cara Meningkatkan Kesehatan Pencernaan


1. Hindari minuman beralkohol
Yang pertama adalah, hindari minuman beralkohol karena konsumsi alkohol dapat berakibat fatal untuk kesehatan. Jika anda tidak ingin memiliki umur pendek, maka berhentilah untuk mengonsumsi alkohol. Selain itu konsumsi alkohol dapat mengakibatkan perut mulas, diare, danpendarahan gastrointestinal, malnutrisi.
2. Rokok
Hindari untuk menghisap rokok karena merokok merupakan salah satu aktivitas yang dapat menyebabkan berbagi macam penyakit seperti, penyakit jantung dan juga masalah pencernaan seperti mulas, tukak lambung , dan yang paling parah adalah dapat meningkatkan resiko penyakit berbahaya sepertiCrohn dan batu empedu. 

3. Olahraga secara teratur
Olahraga secara teratur tidak hanya baik untuk kebugaran tubuh, namun olah raga juga bermanfaat untuk mengatasi resiko seseorang terserang sindrom iritasi usus, sakit perut, sembelit, diare, kembung berbagai macam masalah pencernaan kronis lainnya. 
 
4. Makanan berlemak
Hindari makanan berlemak karena terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, merupakan salah satu hal yang dapat memicu timbulnya beragam penyakit dalam tubuh, salah satunya yaitu penyakit pada pencernaan. Selain itu, terlalu banyak mengonsumsi lemak dalam tubuh juga dapat berakibat pada meningkatnya kolesterol jahat pada tubuh dan tentunya sangat tidak baik untuk kesehatan. 

5 Makanan Berserat
Penuhi kebutuhan serat harian, karena mengonsumsi makanan berserat tinggi merupakan dapat megurangi mengurangi resiko masalah pencernaan. Dengan memperbanyak konsumsi serat, makan seseorang dapat terhindar dari risiko terkena wasir, penyakit divertikular, dan juga sembelit. Yang lebih penting lagi adalah, dengan perbanyak makanan berserat akan memperlancar buang air besar dan menghambat resiko terserang penyakit kolorektal. 

6. Air mineral
Perbanyak konsumsi air mineral, karena mengkonsumsi banyak air terbukti mampu melancarkan pencernaan. Dimana dalam air terkandung berbagai zat baik yang mampu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam tubuh, mengurangi resiko peradangan pada lapisan usus, mengurangi resiko penyerapan molekul yang lebih besar ( permeabilitas usus). 
 
7. Hindari stres
Hindari stres dengan cara mengontrol emosi, hal ini merupakan hal yang sangat vital untuk menjaga kestabilan dan kesehatan tubuh. Pasalnya emosi yang berlebihan dapat mengakibatkan seseorang gampang terserang stress n berujung pada timbulnya berbagi macam penyakit, salah satunya adalah dapat mempengaruhi cara kerja sistem pencernaan. Stres yang berlebihan, dapat mengakibatkan saluran makanan yang melalui sistem pencernaan menjadi lebih cepat atau melambat, yang dapat berujung pada sakit perut atau diare.

Baca juga :
Semoga info cara meningkatkan kesehatan pencernaan diatas dapat membantu para pembaca inti-kesehatan.blogspot.com.

0 Response to "7 Cara Meningkatkan Kesehatan Pencernaan"

Post a Comment