6 Ragam Gejala dan Penyebab Anemia

Blog Dokter - Anemia merupakan suatu penyakit yang dapat menyebabkan penurunan sel darah merah karena tubuh kekurangan zat besi. Biasanya seseorang yang mengalami anemia ringan tidak akan menyadari jika tubuhnya tengah mengalami gejala dan penyebab anemia, mereka lebih mengaitkan gejala penyakit anemia ringan yang mereka alami tersebut dengan penyakit lainnya. Oleh karena itu, silahkan simak beberapa gejala serta penyebab anemia, di bawah ini:

6 Ragam Gejala dan Penyebab Anemia

Penyebab Anemia
Ilustrasi perempuan mengalmi anemia
Berikut 6 Ragam Gejala dan Penyebab Anemia

1. Kulit pucat
Periksa kondisi kulit Anda, apakah tampak berwarna normal atau justru berwarna pucat, kulit pucat tidak hanya bisa dilihat dan dibedakan dari warna kulitnya saja yang mengalami perubahan, Anda bisa melihat perubahan warna bibir, warna bibir akan tampak memutih jika kulit Anda tengah berwarna pucat.
ADVERTISEMENT
2. Mudah lelah
Kekurangan sel darah merah pada tubuh menyebabkan Anda mudah lelah. Tubuh terasa lemas meskipun Anda tidak banyak melakukan kegiatan, bahkan bisa pingsan jika seandainya Anda melakukan kegiatan yang banyak memforsir energi tubuh, seperti berolahraga, bekerja di lapangan dan kegiatan berat lainnya yang lebih melelahkan.

3. Sakit kepala
Anda seringkali mengalami sakit kepala padahal Anda tidak sedang mengalami depresi, beban kerja yang menumpuk dan semua gejala sakit kepala lainnya. Bisa jadi sakit kepala yang Anda alami selama ini disebabkan karena gejala anemia. Anemia pun menyebabkan Anda menjadi tidak nafsu menyantap makanan bahkan selezat apa pun makanan yang disajikan Anda tidak merasa tertarik untuk memakannya.

4. Sembelit
Apa Anda pernah membayangkan jika sembelit yang Anda alami merupakan gejala awal anemia?. Faktanya, sembelit tidak hanya bisa terjadi jika Anda kekurangan cairan atau kekurangan konsumsi makanan berserat saja. Namun, apa pun penyebab sembelit yang Anda rasakan, Obatilah dengan melakukan tindakan recovery, konsumsi makanan berserat, minum air putih dan rajin berolahraga bisa menjadi cara yang cukup ampuh untuk mengatasi gangguan pada pencernaan ini. Jadi setidaknya Anda bisa mengurangi satu dari beberapa gejala dan penyebab anemia dengan berusaha sebaik mungkin untuk sembuh dari sembelit.

5. Sulit berkonsentrasi
Gejala yang satu ini sangat merugikan, terutama pada jenjang karier Anda. Seseorang yang akan mengalami anemia secara bertahap akan kehilangan konsentrasi nya, sedangkan konsentrasi itu dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan. Secara tidak langsung, anemia menjadi penyebab penurunan kualitas seseorang untuk menyelesaikan suatu masalah dengan baik.

6. Ingin makan makanan yang aneh
Mungkin gejala dan penyebab anemia ini tidak terjadi pada setiap orang, karena tidak semua orang akan merasakan gejala anemia yang sama dalam satu kesempatan. Ini adalah gejala anemia aneh yang mungkin tidak akan pernah dipikirkan oleh orang lain, kondisi ini biasa disebut dengan pica, keadaan dimana Anda memiliki keinginan terselubung untuk makan makanan yang aneh, seperti tanah atau kertas.

Terima kasih telah membaca 6 gejala dan penyebab penyakit anemia atau kurang darah. Semoga dengan artikel diatas sahabat blog dokter terhindar dari anemia. Karena jika anda mengalami anemia aktivitas keseharian anda sangat sulit untuk dilakukan.

0 Response to "6 Ragam Gejala dan Penyebab Anemia"

Post a Comment