10 Makanan Sehat untuk Penambah Darah

Blog Dokter - Banyak orang yang mengalami anemia atau kekurangan darah namun tidak menyadarinya. Sebab ia terlalu sibuk dengan aktifitas, sehingga akan mengetahuinya saat gejalanya semakin parah. Kekurangan darah disebabkan oleh banyak hal, bisa dari aktifitas ,makanan, ataupun faktor yang lainnya.

Selain meminum obat penambah darah anda juga harus memperhatikan makanan yang anda konsumsi. Sebab ada beberapa makanan yang mengandung banyak zat besi yang berguna untuk menambah darah dalam tubuh anda.

10 Makanan Sehat untuk Penambah Darah

Makanan Sehat untuk Penambah Darah
Ilustrasi makanan yang dapat menambah darah dengan cepat
Berikut merupakan makanan yang mengandung banyak zat yang bisa memberikan asupan darah yang cukup.

1. Buah-buahan
Buah-buahan seperti kismis, plum, apel, anggur dan melon, tidak hanya memperlancar aliran darah, tapi juga menambah jumlah sel darah merah. Buah jeruk dan limau juga menambahkan zat besi ke tubuh Anda.
ADVERTISEMENT
2. Daging
Daging dapat meningkatkan haemoglobin dan kaya zat besi. Selain itu, daging mudah diserap oleh usus sehingga tidak menyebabkan pencernaan tersumbat. Namun, jangan berlebihan makan daging karena dapat membuat risiko serangan jantung bertambah. Konsumsilah daging rendah lemak dengan menu diet yang seimbang.

3. Sayuran
Sayuran merupakan salah satu makanan penambah darah. Akan tetapi, tidak semua sayuran dapat mengurangi anemia. Sayuran penambah darah antara lain bayam, ubi, kacang polong hijau, kacang merah, kol, lobak, kentang, brokoli dan sawi. Dari sekian banyak sayuran, ubi adalah obat alami terbaik untuk meningkatkan jumlah sel darah merah. Ubi mengandung zat besi, mengaktifkan sel-sel darah merah dan menambah oksigen ke dalam darah.

4. Kacang Almond
Beberapa jenis kacang dapat mengatasi kekurangan darah, terutama kacang almond. 1 ons kacang almond setiap hari memberikan 6 persen zat besi ke dalam tubuh. Di samping itu, harga kacang almond relatif lebih murah daripada kacang lainnya.

5. Ikan
Salah satu ikan yang mengandung zat besi adalah Ikan baronang . Selain itu ikan sarden juga mengandung 2,5 mg zat besi per 100 gram. Ikan salmon merupakan sumber utama protein dan asam lemak omega 3. Dan jangan lupa satu lagi yaitu ikan tuna.

6. Beras Merah 
Beras merah adalah makanan yang cocok untuk diet sebagai pengganti beras putih. Selain untuk kebutuhan diet, beras merah juga dapat sebagai makanan penambah darah karena mengandung zat besi. Bukan hanya untuk penambah darah saja.

7. Jagung
Jagung kaya akan zat besi dan tembaga. Jagung juga menjadi sumber yang baik untuk vitamin A dan C.

8. Kismis
Kismis mengandung zat besi yang sangat tinggi. Kismis juga merupakan makanan yang bersifat basa dan dapat membantu mengatasi kondisi asam tubuh

9. Kuning telur
Cara mengatasi anemia dengan mengomsumsi telur Anda dapat merebus 1 kuning telur ayam kampung bersama 60 gram daun bawang merah dan campurkan air secukupnya setelah itu, kemudian dimakan atau dikonsumsi secara teratur 2 kali sehari secara teratur.

10. Roti, Havermut, dan Sereal
Ketiga makanan ini memberikan 20 persen zat besi jika Anda mengonsumsinya setiap hari. Gandum membuat badan lebih sehat sehingga perlu dimasukan ke dalam daftar diet Anda. Gandum juga mempunyai banyak kandungan zat besi yang mengurangi risiko Anda terkena anemia berat.

Nah, Setelah anda mengetahui jenis makanan yang dapat menambah darah dengan cepat. Maka sekiranya anda dapat mengkonsumsinya agar badan anda tetap fit dan rasa pusing yang sering di alami jika kekurangan darah akan hilang.

Baca juga : 10 Cara Sehat Merawat Ginjal

0 Response to "10 Makanan Sehat untuk Penambah Darah"

Post a Comment