6 Penyebab Wanita Telat Datang Bulan atau Haid

BlogDokter - Datang bulan merupakan siklus bulanan yang terjadi pada wanita. Siklus ini pada umumnya berulang pada waktu yang sama dengan waktu sebelumnya. Namun tidak semua wanita memiliki jadwal datang bulan yang baik, terkadang datang bulan tidak datang tepat waktu. Secara umum saat datang bulan datang terlambat orang-orang langsung menyimpulkan bahwa wanita tersebut sedang hamil. Namun bagaimana dengan wanita yang belum menikah? Apakah hanya itu alas an nya? Lihat juga : 15 Tanda - tanda Wanita Hamil

6 Penyebab Wanita Telat Datang Bulan atau Haid

Ilustrasi wanita terlambat datang bulan
Berikut merupakan alasan seseorang terlambat datang bulan.

1. Stress

Saat psikologi anda sedang terganggu karena stress, hal tersebut bukan hanya memicu anda akan cepat datang bulan, namun juga menyebabkan anda bisa terlambat datang bulan. Hal tersebut dipicu dengan system tubuh yang kemudian menghasilkan hormone Gnrh yang menyebabkan wanita tidak berovulasi, atau datang bulan. Oleh karena itu cobalah untuk lebih rileks dalam menghadapi hari-hari anda.
ADVERTISEMENT
2. Olahraga

Saat berolahraga seorang wanita juga akan terlambat datang bulan, atau kondisi tersebut dinamakan amenorrhea yang juga banyak dialami oleh atlet wanita.

3. Kelenjar Gondok yang bermasalah

Banyak wanita yang memiiki hypothyroidism dimana kelenjar tiroid tidak memproduksi hormone tiroid yang cukup. Gejaa yang ditimbulkan adalah sensitive pada udara dingin, kulit kering dan pucat, kenaikan berat badan, depresi dan terlambat datang bulan.

4. Jadwal Datang Bulan yang Berganti

Terkadang siklus datang bulan akan berganti jadwal. Saat jadwal datang bulan anda datang setiap tanggal tua, maka ia akan berganti menjadi tanggal muda. Hal tersebut sanagt lumrah terjadi sehingga anda tak perlu khawatir.

5. Sakit

Saat sedang sakit hal tersebut dapat mengubah siklus datang bulan. Namun saat sembuh datang bulan akan normal kembali. Hal tersebut juga biasanya disebabkan oleh konsumsi obat yang bisa saja memperngaruhi produksi hormone.

6. Pra Monopause

Pra monopause merupakan salah satu alasan kuat mengapa seorang wanita terlambat datang bulan, hingga akhirnya ia akan berhenti total.

Terima kasih telah membaca 6 penybab wanita trlambat datang bulan atau haid. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi anda.

Baca juga : Tips Mudah Mengatasi Nyeri Haid 

0 Response to "6 Penyebab Wanita Telat Datang Bulan atau Haid"

Post a Comment