Tips Memilih Minyak Goreng yang Sehat

BlogDokter - Minyak goreng merupakan salah satu bahan yang penting dalam masakan. Hampir semua masakan yang enak pasti menggunakan minyak goreng. Minyak goreng memang mengakibatkan timbulnya kolestrol jahat yang bisa menyebabkan anda terkomplikasi dengan penyakit lainnya. Namun tanpa minyak goreng tentunya akan sangat sulit bagi anda untuk mengolah variasi makanan.

Minyak goreng bukannya harus ditinggalkan, namun kita haruslah pandai untuk memilihnya. Beikut beberapa cara memilih minyak goreng yang baik dan sehat.

Tips Memilih Minyak Goreng yang Sehat

Tips Memilih Minyak Goreng yang Sehat
Ilustrasi Minyak yang Naik untuk Kesehatan
Teliti Sebelum Memilih

Sebagai konsumen cerdas, pemilihan minyak goreng yang baik menjadi faktor penting dalam menjaga kesehatan. Sebelum memilih dan membeli, cermati ciri-ciri minyak goreng yang baik.
  • Aroma. Minyak goreng yang baik dan sehat memiliki bau khas dan tidak tengik. Jika tercium bau tengik, minyak sudah mulai mengalami kerusakan. Apabila minyak ini dikonsumsi, akan berpotensi menimbulkan bahaya bagi kesehatan.
  • Warna minyak. Minyak yang baik dan sehat juga terlihat bening dan jerni.
  • Komposisi. Saat membeli minyak goreng, pastikan Anda teliti membaca labelnya. Hindari minyak dengan komposisi lemak yang tinggi, terutama jenis minyak jenuh dan terhidrogenerasi (hydrogenerated oil).
ADVERTISEMENT
Olah dengan Tepat

Sebaiknya minyak goreng tidak digunakan untuk menggoreng berulang kali. Minyak goreng yang digunakan untuk menggoreng berulang kali akn membuat struktur kimia minyak mengalami perubahan menjadi bersifat karsinogenik atau berpotensi menyebabkan kanker.

Hindari juga penggunaan suhu yang terlalu tinggi saat menggoreng. Suhu menggoreng yang ideal berkisar antara 150-180° C. Minyak yang dipanaskan hingga terlalu panas akan membentuk radikal bebas yang tidak baik untuk kesehatan Anda.

Selain itu, secara umum proses pembuatan minyak goreng akan membuat kandungan vitamin menjadi sangat kecil, bahkan hampir tidak ada. Diperlukan penambahan vitamin kembali agar minyak goreng kembali mengandung vitamin yang berguna bagi kesehatan tubuh. Karena itu, pilih minyak goreng dengan kandungan vitamin yang nyata.

Tips Memilih Minyak Goreng Yang Baik

Pilih minyak goreng yang terbaik untuk Anda dan keluarga. Terbuat dari kelapa sawit segar yang diolah langsung tanpa bahan pengawet, minyak goreng SunCo memiliki tiga kelebihan:
  • Bening. Berasal dari buah kelapa sawit segar yang langsung diolah. Tidak cepat teroksidasi dan menghitam sehingga mengurangi risiko kanker.
  • Tidak Mudah Beku. Memiliki kandungan asam lemak jenuh terendah sehingga tidak mudah beku, juga akan mengurangi risiko kolesterol jahat (LDL).
  • Seperti Air. Memiliki karakter tidak lekat, dibuktikan dengan uji organoleptik dan tidak menyerap lebih pada makanan sehingga tidak menimbulkan gatal di tenggorokan.
Sunco diperkaya vitamin A yang berfungsi mempertahankan lapisan mukosa. Lapisan mukosa berfungsi untuk membantu menjaga imunitas atau daya tahan tubuh dari serangan berbahgai macam penyakit yang akan membuat tubuh kita menjadi lebih terjaga dan sehat.

Terima kasih telah membaca Tips Memilih Minyak Goreng yang Sehat. Semoga dengan artikel diatas keluarga anda dapat menikmati makan yang digoreng tanpa ada efek yang negatif.

0 Response to "Tips Memilih Minyak Goreng yang Sehat"

Post a Comment