5 Cara Mencegah Penuaan Dini Agar Terlihat Awet Muda

Tips KecantikanKerutan di wajah serta munculnya uban di rambut sering menjadi momok bagi hampir setiap orang, khususnya wanita. Para wanita bahkan rela menghabiskan materi yang cukup besar untuk menghilangkan keriput yang sudah menjadi fenomena alami ketika mulai menginjak usia dewasa. Tetapi, ada beberapa yang justru menerima perubahan alamiah pada kulitnya seiring memasuki masa usia senja. 

Keriput, rambut yang memutih, dan kepikunan merupakaan tanda-tanda penuaan. Meskipun penuaan merupakan perubahan natural yang terjadi pada manusia, tanda-tanda penuaan tersebut kerap muncul pada saat usia yang masih muda. Hal tersebut merupakan fenomena penuaan dini. Penuaan dini, rata-rata terjadi pada orang berumur sekitar 30-40 tahun. Pada usia tersebut, banyak orang mulai khawatir dengan perubahan fisik pada dirinya. 

Penuaan dini timbul karena berbagai faktor. Beberapa faktor yang menjadi penyebab timbulnya tanda-tanda penuaan dini adalah kesehatan mental dan jiwa. Kesehatan mental tersebut dipengaruhi oleh otak manusia. Otak yang kerap berpikir keras akan menimbulkan tekanan pada mental dan jiwa. Kinerja otak menjadi semakin menurun. Akibatnya, timbul masalah-masalah pada kejiwaan yang berdampak pada penuaan dini. Untuk menghindari terjadinya penuaan dini, berikut saran yang dapat dianjurkan.

Cara Mencegah Penuaan Dini Agar Terlihat Awet MudaPanduan Cara Mencegah Penuaan Dini Agar Selalu Tampil Lebih Muda


1. Memainkan permainan yang mengasah otak
Beberapa permainan yang dapat mengasah otak contohnya adalah catur, teka-teki, scrabble, dan permainan online yang sudah banyak tersedia untuk diunduh. Permainan tersebut bertujuan untuk melatih neuron otak dan menjaga ketajaman otak.

Lihat juga : 7 Tips Meningkatkan Kerja Otak di Pagi hari

2. Berpetualang
Berpetualang ke tempat yang asing atau lingkungan yang baru akan memberikan manfaat pada otak. Berpetualang dapat menstimulasi otak menjadi lebih segar sehingga kinerja otak pun meningkat. Kondisi otak yang baik dapat mencegah stress sehingga penuaan dini dapat dihindari.

3. Penuh nutrisi yang dibutuhkan otak
Makanan yang kita konsumsi juga berpengaruh terhadap otak. Agar otak dapat bekerja dengan baik, kita perlu mengonsumsi makanan yang bernutrisi baik. Nutrisi yang baik dalam makanan dipercaya dapat memperbaiki sel-sel otak dan mencegah terjadinya peradangan otak yang menimbulkan penyakit Alzheimer.

Baca juga : 10 Jenis Makanan Bisa Bikin Awet Muda

4. Melakukan hal-hal yang menantang
Melakukan hal-hal yang menantang seperti olahraga ekstrim menimbulkan efek yang sama dengan berpetualang. Tantangan akan memacu adrenalin kita yang juga berpengaruh pada otak. Otak akan memicu hormon-hormon dalam tubuh untuk membakar energi dalam tubuh menjadi semangat yang positif. Dampaknya, jiwa menjadi selalu merasa muda sehingga mempengaruhi tubuh terhindar dari penuaan dini. 

5. Tidak menyerah dengan usia
Terkadang usia bukan penentu dari perubahan fisik maupun mental seseorang. Banyak orang dengan usia yang matang masih terlihat bugar, misalnya seseorang dengan usia 50 tahun terlihat seperti 30 tahun. Mereka dapat melakukan aktivitas berat yang tidak biasa dilakukan orang-orang pada usia mereka. Hal tersebut dikarenakan mereka menerapkan pola hidup yang sehat serta pikiran positif dalam keseharian mereka. Oleh karena itu, kita tidak perlu terlalu khawatir dengan pertambahan usia kita. Karena di dalam jiwa yang sehat akan mempengaruhi fisik yang sehat pula.

Artikel lainnya : 6 Cara Alami Mencegah Kerutan di Wajah

Pada dasarnya, penuaan dini merupakan cerminan dari jiwa kita. Jika kita berjiwa muda dan memandang semua hal dengan positif, maka tubuh kita secara fisik akan mengikuti apa yang kita pikir dan rasakan. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan dari dalam diri kita, yang kemudian akan terpancar ke tubuh luar kita. 

0 Response to "5 Cara Mencegah Penuaan Dini Agar Terlihat Awet Muda"

Post a Comment