8 Makanan Sehat Ibu Hamil Muda untuk Penuhi Nutrisinya

Blog Dokter - Makanan sehat dan bergizi merupakan faktor penting yang menjadi perhatian bagi ibu hamil. Terlebih lagi, ketika usia kehamilan masih berkisar antara 1-4 bulan. Karena pada usia tersebut, janin sedang tumbuh dan berkembang. Namun, terkadang rasa mual yang biasanya dialami olah ibu hamil muda menjadikan asupan makanan yang diserap oleh tubuh menjadi berkurang, tentunya itu dapat mengganggu perkembangan janin. Makanan sehat untuk ibu hamil muda harus selalu disediakan di dalam rumah, dan mau tidak mau harus dikonsumsi oleh ibu hamil.

  Makanan Sehat Ibu Hamil Muda untuk Kandungannya  

Makanan Sehat Ibu Hamil Muda untuk Penuhi Nutrisinya

Beberapa makanan sehat dan bergizi bagi ibu hamil untuk kebutuhan Nutrisi Kandungannya antara lain:

1. Minyak zaitun untuk Kandungan

Minyak zaitun memiliki banyak sekali khasiat. Selain dapat menghaluskan kulit, ternyata dapat menjaga kesehatan bayi yang ada dalam kandungan. Minyak zaitun dapat digunakan untuk memasak maupun dikonsumsi dengan cara diminum.

2. Kacang-kacangan jadi menu utama

Makanan yang kaya akan kandungan protein, kalsium, dan serat ini, dapat mencegah sembelit pada ibu hamil. Sebaiknya ibu hamil tidak pernah meninggalkan kacang-kacangan ini dalam menu makannya.

3. Sayuran hijau untuk menjaga kesehatan tubuh

Sayuran hijau sangat bermanfaat bagi kesehatan ibu dan bayi dalam kandungannya. Sayuran hijau seperti brokoli dan bayam mengandung banyak vitamin, yaitu vitamin a, vitamin c, dan vitamin k, serta mengandung asam folat. Khasiat sayuran hijau, selain untuk menjaga kesehatan tubuh, juga berguna untuk kesehatan mata.

4. Telur dapat mempercepat atau membantu membentuk sel sel pada janin

Kandungan protein, 12 vitamin, mineral serta protein yang dimiliki telur berguna untuk pembentukan sel-sel pada janin.

5. Buah-buahan untuk memenuhi kebutuhan vitamin anda

Buah-buahan mengandung banyak vitamin dan antioksidan yang sangat bermanfaat untuk menetralisir racun pada tubuh ibu hamil. Lihat : Makanan yang dapat mengeluarkan racun didalam darah

6. Ikan segar penuhi kebutuhan protein dan zat besi

Ikan yang masih segar sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Kandungan protein dan zat besi yang seimbang berguna untuk pembentukan kecerdasan otak janin dalam kandungan.

7. Penuhi kebutuhan Air putih dalam sehari agar tetap sehat

Meminum air putih dengan kadar yang cukup akan menghindarkan anda dari dehidrasi dan menjaga tubuh supaya tetap sehat. Air putih juga dapat anda gunakan sebagai obat mual yang anda rasakan saat hamil muda.

8. Sereal di pagi hari

Untuk dapat memenuhi asupan gizi, sereal dapat dikonsumsi oleh ibu hamil pada pagi hari. Makanan yang mengandung banyak protein dan mineral ini memiliki khasiat juga untuk mengurangi rasa mual pada ibu hamil.

Selain makanan sehat untuk ibu hamil muda di atas, yang terpenting dilakukan oleh seorang ibu adalah menjaga kandungan supaya tetap dalam kondisi baik dan sehat.Salah satu caranya adalah dengan berolahraga ringan, beraktivitas ringan, seperti menyapu rumah, mencuci piring, dan pekerjaan lainnya yang sekiranya tidak memerlukan banyak tenaga, dan jangan pernah lupa untuk beristirahat cukup.Memperhatikan pola makan dengan selalu memakan makanan bergizi tinggi bagi ibu hamil.

0 Response to "8 Makanan Sehat Ibu Hamil Muda untuk Penuhi Nutrisinya"

Post a Comment