Istilah, Pengertian, Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus

Blog Dokter - Mungkin tidak banyak orang yang memahami dengan baik, apa itu penyakit lupus dan bagimana gejala dan penyebab penyakit lupus menyerang manusia?. Penyakit lupus dipopulerkan dari bahasa latin yang secara langsung mengatakan jika lupus adalah "anjing hutan" mengapa istilah anjing hutan bisa sangat melekat pada penderita penyakit lupus? Ruam kemerahan yang bentuknya menyerupai anatomi tubuh kupu-kupu di pipi dan hampir sangat menyerupai dengan pipi serigala dan berwarna putih.

Istilah, Pengertian, Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus 

Penyakit Lupus
Ilustrasi Mengalami gejala Penyakit Lupus
Faktanya penyakit lupus sudah ada sejak 1 abad yang lalu dan dinilai sebagai penyakit yang cukup mematikan setara dengan bahaya penyakit kanker. Ilmu kedokteran menjelaskan bahwa seseorang yang menderita penyakit lupus, adalah mereka yang memiki kekebalan tubuh terlalu tinggi, sangat berbeda jauh dengan HIV yang justru membuat kekebalan tubuh menurun drastis. 
ADVERTISEMENT
Ketika mengidap penyakit lupus, jaringan yang terdapat di dalam tubuh dianggap benda yang asing sehingga ketika jaringan tersebut mengalami rangsangan, secara tidak disadari sistem imunitas akan ikut terpicu untuk membentuk antibodi dalam jumlah berlebihan, yang mana antibodi yang seharusnya berfungsi untuk menyerang sumber segala jenis penyakit, justru malah balik menyerang sel jaringan pada beberapa organ tubuh yang berfungsi dengan baik, diantaranya adalah jaringan kulit, otot, jaringan sistem saraf dsb. Inilah gejala serta penyebab penyakit lupus menyerang manusia:


Sakit perut hingga mengalami mual dan muntah, didukung dengan diare atau bahkan sembelit merupakan gejala seseorang kemungkinan besar mengidap penyakit lupus. Hal ini bisa terjadi karena gijal tidak bisa bekerja dengan baik karena menerima gangguan yang kemudian mengakibatkan racun banyak menumpuk di dalam tubuh.

Gejala dan penyebab penyakit lupus yang sulit dideteksi adalah tubuh melemah, bahkan Anda mengeluh teramat sangat lemas, demam disertai dengan pegal-pegal. Karena banyak penyakit lainnya yang memilki gejala hampir serupa dengan gejalan ini, maka cukup sulit untuk menebak dan mengetahui dengan jelas, apa penyakit yang diderita adalah penyakit lupus atau hanya kelelahan biasa, memeriksakan diri ke dokter adalah jalan yang paling bijaksana.

Kulit akan timbul ruam kemerahan. Ruam ini biasanya timbul di daerah wajah, khususnya pipi. Jika Anda memang menemukan gejala ruam kemerahan berbentuk menyerupai bentuk kupu-kupu, maka kemungkinan besar Anda memang mengidap penyakit lupus.

Rambut selalu rontok dan timbul sariawan adalah gejala dan penyebab penyakit lupus yang juga tidak banyak disadari oleh banyak orang, karena rambut rontok dan sariawan adalah kondisi yang umum dan dialami oleh banyak orang. Sehingga banyak orang yang tak acuh dengan keadaan ini, mereka beranggapan jika kedua gejala itu adalah suatu hal yang biasa, hanya masalah pada kesehatan rambut dan kesehatan mulut, namun alangkah baiknya bila Anda memastikannya dengan benar lewat bantuan para medis di rumah sakait supaya lebih aman dan Anda pun bisa melakukan pengobatan dengan obat yang sesuai.

0 Response to "Istilah, Pengertian, Gejala dan Penyebab Penyakit Lupus "

Post a Comment