6 Penyebab Bau Mulut Membuat Napas Tidak Segar

Blog Dokter - Bau mulut yang tidak segar membuat Anda merasa kurang percaya diri, mau berbicara dengan teman pun harus menjaga jarak terlebih dahulu karena khawatir aroma mulut yang tidak segar bisa dicium oleh lawan bicara, suasana menjadi lebih tidak nyaman jika ternyata orang yang menjadi lawan bicara Anda adalah seseorang yang penting, baik atasan atau rekan kerja. Bau mulut membuat seseorang merasa kurang nyaman untuk bicara, apalagi jika lawan bicara Anda tanpa tedeng aling aling dia menunjukkan kelemahan Anda tersebut, pasti rasanya malu, bukan?.

6 Penyebab Bau Mulut Membuat Napas Tidak Segar

Penyebab Bau Mulut
Ilustrasi wanita mengalami bau mulut
Berikut 6 Penyebab Bau Mulut Membuat Napas Tidak Segar

1. Tidak sarapan
Banyak yang setuju jika sarapan di pagi hari itu baik untuk menjaga kesehatan serta melancarkan program diet, namun ternyata manfaat dari sarapan bukan sampai disitu saja, karena kabarnya membiasakan menyantap makanan di pagi juga bisa mencegah bau mulut. Ketika Anda sarapan, produksi saliva meningkat sehingga bakteri yang terdapat di dalam mulut pun menghilang. Sarapanlah di pagi hari, untuk menjaga kebersihan mulut dan lidah Anda agar bebas dari bakteri jahat. 
ADVERTISEMENT
2. Masalah pada liver 
Sebagian besar orang yang mengalami masalah kesehatan pada liver nya, mempunyai resiko lebih tinggi untuk memilki bau mulut. Liver berfungsi untuk mengatur metabolisme tubuh serta lemak, lantas ketika liver mengalami gangguan, bakteri yang terdapat di dalam mulut pun ikut meningkat jumlahnya sehingga mulut memilki aroma yang tidak segar. 

3. Gigi terinfeksi 
Bila Anda memilki masalah pada kesehatan mulut, entah itu sedang sakit gigi, sariawan atau gusi berdarah, maka alangkah bijaknya , jika Anda segera mengobati penyakit tersebut, infeksi pada gusi dan semua masalah seputar kesehatan mulut inilah yang menjadi penyebab bau mulut menghampiri Anda.

4. Infeksi pada tenggorokan 
Tenggorokan yang tengah terinfeksi menjadi hal yang sangat menguntungkan untuk bakteri, karena mereka bisa lebih mudah untuk berkembang di dalamnya, bakteri inilah yang ditengarai sebagai pemicu munculnya lendir yang beraroma tidak segar. Oleh karenanya, jaga kesehatan tenggorokan dengan mengkonsumsi obat alami yang aman sehingga pemicu bau mulut Anda sudah tidak ada lagi. 

5. Gagal ginjal 
Salah satu faktor yang menyebabkan seseorang memilki nafas yang tidak sedap adalah gagal ginjal, mereka yangmengalami masalah kesehatan pada ginjalnya ternyata lebih sulit untuk menghilangkan bau mulut karena tidak diizinkan dan tidak bisa minum air dalam takaran yang banyak. 

6. Diet tinggi protein 
Bagi Anda yang ingin memulai program diet sehat, sebaiknya jangan memilih program diet tinggi protein jika Anda tidak ingin memilki aroma nafas yang tidak segar, karena selama menjani diet ini jumlah asam amino meningkat yang mana hidup di sekitar mulut, peningkatan asam amino ini bisa menyebabkan bakteri tumbuh dan berkembang dengan pesat.

Terima kasih telah membaca 6 penyebab utama munculnya bau mulut yang tidak segar. Semua penyebab bau mulut yang telah dijelaskan di atas bisa menambah pengetahuan sahabat Blog Dokter mengenai masalah kesehatan mulut.

Baca juga : 10 Tips Alami Mengobati Sakit Gigi yang Berlubang

0 Response to "6 Penyebab Bau Mulut Membuat Napas Tidak Segar"

Post a Comment