7 Tips Mencegah Kerusakan Rambut Saat Hamil

Blog Dokter - Sampai saat ini belum dapat dipastikan seberapa besar pengaruh hormon terhadap kondisi dan kesehatan rambut pada wanita yang sedang hamil. Sebagian besar wanita tidak menyadari perubahan yang terjadi pada rambutnya utamanya saat ia sedang hamil.

Perubahan tersebut bisa berupa kerontokan ataupun ketebalan yang berlebihan serta kulit kepala yang berminyak. Sehingga rambut yang dulunya kering bisa berubah berminyak begitupun sebaliknya rambut yang berminyak dapat berubah menjadi kasar dan kering. Oleh karena itu bagi wanita hamil penting kiranya untuk menjaga rambut agar tetap sehat.

7 Tips Mencegah Kerusakan Rambut Saat Hamil

wanita hamil
Ilustrasi Wanita Hamil Mengalami Kerusakan Rambut
Berikut 7 tips mencegah terjadinya kerusakan rambut saat masa kehamilan.

1. Perawatan Alami
Jika anda ingin tetap melakukan perawatan terhadap rambut anda pada masa kehamilan, sebaiknya adna berkonsultasi dengan dokter. Sebab kebanyakan dokter menyarankan untuk melakukan perawatan pada rambut secara alami saja saat wanita sedang hamil. Wanita hamil disarankan untuk tidak melakukan kegiatan salon seperti meluruskan rambut, mewarnai rambut serta jenis perawatan lainnya utamanya jika menggunakan bahan kimia. Sebab resiko bahan kimia pada rambut anda akan lebih berdampak saat sedang hamil. Oleh karena itu perawatan alami di rumah lebih baik dilakukan. Namun jika anda tetap ingin melakukan perawatan sebaiknnya dilakukan 18 minggu di awal kehamilan dan sesudahnya.
ADVERTISEMENT
2. Gunakanlah hairstyle yang cocok untuk anda
Saat sedang hamil temukanlah hairstyle yang cocok untuk anda baik saat sedang hamil maupun tidak. Perubahan rambut akan sangat terasa setelah melahirkan, sehingga jika anda tidak mengubah model rambut anda yang dulu, rambut anda akan terlihat tidak sehat. Oleh karean itu mengubah modelnya terlebih dahulu akan membuat rambut anda kelihatannya baik-baik saja.

3. Terbiasalah dengan perubahan
Saat hamil perubahan akan terus terjadi. Terkadang rambut anda kering, terkadang rambut anda akan sangat berminyak. Sehingga terbiasa dengan perubahan tersebut akan membantu anda menjaga kesehatan rambut. Jika rambut anda kering pengaplikasian minya rambut akan sangat dibutuhkan, namun jika kemudian ia berminyak penting bagi anda untuk menghentikannya.

4. Selalulah menutrisi rambut
Banyak penyebab kerusakan rambut saat sedang hamil. Dan masalah rambut yang sering muncul tentunya kerontokan, rambut berminyak dan juga banyak masalah lainnya. Olehnya itu menjaga nutrisi rambut anda dengan mengonsumsi suplemen atau treatmen nutrisi lainnya sangat penting dilakukan selama masa kehamilan.

5. Memilih produk rambut dengan hati-hati
Seperti yang telah di bahas diatas bahwa menghindari bahan kimia saat sedang hamil sangatlah penting. Oleh karena itu dengan berhati-hati memilih produk seperti shampo dan kondisioner juga sangatlah penting. Sebab shampo dan konditioner dengan kandungan bahan kimia yang berlebih secara tidak langsung dapat memberikan efek terhadap kehamilan dan utanaya rambut anda.

6. Selalu melindungi rambut
Saat hamil rambut dan kulit anda akan menjadi sangat sensitif. Biasanya rambut akan sangat sensitif terhadap debu dan juga matahari. Selalulah lindungi rambut anda dengan scraf atau topi saat ingin keluar rumah. Selain itu penting bagi anda untuk menajga kebersihan rambut utamanya potensi munculnya ketombe. Hindarilah pemakaian hair drier dan juga menyisir rambut saat basah. Gunakan sisir yang terbuat dari bulu yang lembbut untuk menjaga kesensitifa rambut anda.

7. Manjakan Rambut anda
Memanjakan rambut saat hami, juga sangat dianjurkan. Memberikan pijatan terhadap kulit kepala akan memperlancar peredaran darah dan juga mengurangi stress. Pijatan pada kepala juga bisa mengatasi beberapa masalah rambut seperti rambut rontok. Pijatan bisa anda aplikasikan jika anda memberikan minyak pada rambut.

Terima kasih telah membaca 7 Tips Mencegah Kerusakan Rambut Saat Hamil. Semoga dengan artikel diatas rambut anda tetap sehat dan berkilau di masa kehamilan anda.

Baca juga : 7 Cara Mengatasi Migrain Saat Hamil

1 Response to "7 Tips Mencegah Kerusakan Rambut Saat Hamil"