5 Cara Alami Mengobati Batuk Pada Bayi

Blog Dokter - Batuk dan pilek bisa menyerang siapa saja tanpa terkecuali, juga pada bayi anda. Jika bayi terserang batuk akan sangat sulit mengatasinya sebab seorang bayi masih sangat rentan dalam pemberian obat-obatan yang memiliki bahan kimia. Selain itu bayi juga cenderung cepat mengalami efek samping di tiap tindakan yang ia terima, sehingga sangat berbahaya untuk ditangani.

Namun jika anda menggunakan cara alami yang aman bagus bayi hal tersebut bisa saja meredakan batuknya tanpa efek samping. Beberapa cara di bawah ini semoga dapat membantu anda dalam mengatasi batuk pada bayi.

5 Cara Alami Mengobati Batuk Pada Bayi

Mengobati Batuk Pada Bayi
Ilustrasi Bayi Batuk dan Flu

Berikut 5 Cara Mudah Mengobati Batuk Pada Bayi

1. Uap

Penyumbatan pada hidung dan tenggorokan juga menggangggu saat batu. Oleh karena itu menggunakan uap untuk melonggarkan jalan nafasnya akan sangat baik. Nyalakan air panas atau taruhlah air panas di sekitar anak anda selama 15 menit minimal 2 kali sehari sebagai terapi baginya.
ADVERTISEMENT
2. Mandi air hangat

Air hangat baik untuk kesehatan bayi. Selalu mandikan bayi dengan air hangat atau mengusapnya dengan handuk hangat, jangan gunakan air dingin karena dapat menyebabkan menggigil.

3. Madu dan lemon

Kedua bahan ini dapat membantu mengurangi penyumbatan pada hidung sehingga bayi bisa bernafas. Campuran madu dan lemon memberikan bantuan pada tenggorokan, dan membunuh infeksi. Caranya adalah dengan mencampurkan satu sendok teh madu dan lemon ke dalam air hangat.

4. Kunyit

Menggunakan kunyit sebagai ramuan tradisional sangatlah baik bagi anda. Kunyit merupakan rempah-rempah yang baik untuk mengobati batuk. Caranya adalah dengan mencampurkan sejumput bubuk kunyit pada susu dua kali sehari.

5. Minyak pijat

Pemijatan lembut pada dada bayi menggunakan campuran minyak zaitu dan minyak essential akan membuat bayi lebih mudah bernafas. Anda dapat menggunakan minyak essential yang sehat seperti kayu putih.

Terima kasih telah membaca 5 Cara Alami Mengobati Batuk Pada Bayi. Semoga dengan tips diatas bayi anda dapat sembuh dari penyakit batuk dan flunya.

Baca juga : 10 Cara Ampuh Mengatasi Bayi Menangis

1 Response to "5 Cara Alami Mengobati Batuk Pada Bayi"