8 Cara Alami Mengatasi Pori-Pori Wajah

Blog Dokter - Banyak kerusakan kulit teradi disebabkan oleh adanya pori-pori kulit yang besar. Namun bayak pula cara yang ditawarkan agar dapt mengecilkan pori-pori anda.

Cara mengatasi pori-pori tentu saja beragam dan harus selektif memilihnya. Sebab jika tidak, pori-pori akan membesar dan mengecil dengan cara yang tidak alami.

Oleh karena itu cara dibawah dapat membantu anda untuk mengatasi pori-pori dengan cara alami.

  8 Cara Alami Mengatasi Pori-Pori Wajah  

Pori - pori wajah
Ilustrasi Wajah Bersih
Berikut 8 cara alami mengatasi pori - pori di wajah.

1. Mentimun plus Apel
Mentimun untuk wajah

Untuk. .mengecilkan pori-pori biasanya digunakan buah atau sayur yang bersifat astringen. Salah satunya, mentimun. Hasilnya akan lebih sempurna bila ditambah apel, yang merupakan antioksidan dan mengandung bahan yang mampu menyerap kelebihan minyak pada wajah.
ADVERTISEMENT
Ambil satu mentimun dan apel berukuran sedang. Haluskan dalam blender hingga menjadi masker. Aplikasikan pada wajah secara merata. Biarkan sekitar 10 menit, kemudian bilas dengan air hingga bersih. Lanjutkan dengan mengoleskan pelembap sesuai jenis kulit..

2. Tomat
Tomat untuk wajah


Jus tomat adalah penangkal pori-pori besar yang sangat manjur, karena kaya vitamin C dan potasium. Ambil dua buah tomat organik yang sudah matang. Potong-potong, kemudian blender hingga halus. Aplikasikan pada wajah secara merata, kemudian bilas dengan air. Anda juga bisa mencampurnya dengan Fuller earth atau curd(dadih) hingga menjadi pasta yang sempurna.

3. Putih Telur
Putih telur untuk wajah

Kemampuan putih telur sebagai zat perekat sudah tidak diragukan lagi. Hal itu dapat dimanfaatkan untuk mengencangkan wajah dan mengecilkan pori-pori..

Pisahkan putih telur dari kuning telur. Masukkan ke wadah, tambahkan setengah sendok teh madu murni, aduk-aduk hingga menjadi pasta. Oleskan campuran tersebut pada wajah secara merata. Diamkan hingga mengering dan rasakan tarikan dari putih telur. Terakhir, bilas dengan air dingin hingga bersih..

4. Jeruk Nipis
Jeruk Nipis untuk wajah

Jeruk nipis kaya antioksidan. Selain itu, kandungan vitamin C-nya juga tidak diragukan lagi..

Ambil jeruk nipis berukuran sedang, potong tipis-tipis, kemudian tempelkan pada wajah hingga merata. Sebelumnya, pastikan wajah telah bersih dari make up dan kotoran lainnya. Biarkan jeruk nipis selama 10 menit. Kemudian, basuh dengan air hangat..

5. Gula, Madu, dan Minyak Zaitun
Gula, Madu, dan Minyak Zaitun untuk wajah

Khasiat madu untuk kulit sudah tidak diragukan lagi. Nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa membuat kulit jadi halus dan kenyal. Bila digabung dengan gula pasir dan minyak zaitun, madu berguna untuk mengecilkan pori-pori dan menghaluskan kulit..

Campur masing-masing satu sendok teh madu, gula pasir, dan minyak zaitun. Aduk hingga membentuk pasta. Sebelum dioleskan, pastikan wajah dalam keadaan basah. Lalu, oleskan secara merata menggunakan tangan, disertai pijatan ringan dengan gerakan berputar. Diamkan selama 10 menit. Kemudian, cuci bersih wajah menggunakan air dingin. Ulangi seminggu dua kali..

6. Pepaya
Pepaya untuk wajah

Selain dikonsumsi, buah berwarna merah ini juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Parut seperempat pepaya yang tidak terlalu masak hingga halus. Oleskan pada wajah secara menyeluruh. Diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bersihkan wajah dengan air hangat..

7. Oatmeal dan Lemon
Lemon untuk wajah

Oatmeal memiliki tekstur agak kasar, sehingga baik digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Sementara lemon kaya antioksidan yang bagus untuk kulit..

Ambil satu sendok makan oatmeal, tuang ke dalam wadah. Tambahkan perasan lemon secukupnya, kemudian aduk-aduk hingga membentuk pasta. Oleskan pada seluruh wajah hingga merata. Diamkan selama 15 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin..

8. Baking Soda
Baking Soda untuk wajah

Baking soda tidak hanya dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati, tapi juga dapat digunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah. Setelah wajah dibersihkan, tuang satu sendok teh baking soda ke dalam satu gayung air. Gunakan air tersebut untuk membilas wajah. Setelah dibilas, jangan langsung dikeringkan, diamkan selama dua menit. Lakukan perawatan ini seminggu dua kali.

Jangan Lewatkan Tips Kecantikan Wajah Lainnya :

Nah!!! Setelah membaca artikel diatas segerakanlan anda mencobanya dan melihat hasilnya. Semoga dengan delapan cara menhilangkan pori - pori di wajah secara alami sahabat blog dokter dapat memiliki wajah yang mulus dan cantik bercahaya.

5 Responses to "8 Cara Alami Mengatasi Pori-Pori Wajah"

  1. bagaimana cara mencegah adanya jerawat diwajah ????

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake bawang putih bisa sis. Atau putih telur juga bisa

      Delete
  2. Kalau ngilangin komedo secara alami pakai apa ya kak?

    ReplyDelete
  3. berapa lama untuk mengecilkan pori pada wajah

    ReplyDelete