7 Cara Mencegah Sinusitis Agar Tidak Kambuh Lagi

Blog Dokter - Salah satu penyakit pernafasan yang cuku berbahaya adalah sinusitis. Sinusitis merupakan peradangan pada dinding sinus, yaitu rongga kecil berisi udara yang terletak di belakang tulang pipi dan dahi. Sinus tidak mengenal usia ia bisa menjangkit siapa saja. Diawali dengan rasa sakit rasa sakit di tenggorokan, nyeri pada dahi atau di sekitar mata, nyeri di tulang pipi, bau napas yang tidak sedap merupakan tanda dan gejala dari sinusitis. 

Sinusitis cukup mengganggu aktifitas anda. Dan jika tidak segera diatasi tentunya juga secara jangka panjang akan sangat berbahaya. Jika anda merasa bahwa gejala diatas pernah anda alami maka segeralah menghubungi dokter dan ingatlah untuk mencegah sinusitis dengan cara dibawah ini agar tidak kambuh lagi.

Cara Mencegah Sinusitis Agar Tidak Kambuh Lagi

Berikut Panduan Cara Mencegah Sinusitis Kambuh Lagi

1. Rajin cuci tangan

Sebaiknya perhatikan mengenai tangan anda yang bersih. Rajinlah mencuci tangan sebab biasanya tanpa sangaja anda akan menyentuh mata, hidung, dan mulut. Hal tersebut bisa membuat kuman dapat masuk ke dalam tubuh lewat tiga “pintu” utama ini dan membuat Anda sakit. Dengan mencuci tangan anda dapat mencegah penyebaran kuman dengan efektif dan secara tidak langsung mencegah sinusitis agar tidak kambuh.

2. Perbanyak minum air

Air putih juga bisa sangat membantu mencegah munculnya sinusitis. Perbanyaklah minum air agar selaput lendir mu terjaga dan mencegah saluran hidung kering. Sebab selaput lendir harus tetap terhidrasi untuk bekerja secara efisien sehingga dapat mengurangi risiko tertular infeksi virus. Kesembuhan terhadap flu juga akan segera jika anda banyak meminum air.

3. Dapatkan vaksin flu tahunan

Ingatlah untuk mendapatkan vaksin flu setiap tahun untuk mencegah flu. Dengan itu secara tidak langsung anda juga telah mencegah sinusitis. Vaksin influenza selalu didesain ulang untuk mencocokkan rantai virus yang selalu mengalami perubahan setiap tahunnya. Vaksin flu direkomendasikan untuk : 

  • Semua anak usia 6-18 tahun 
  • Orang dewasa >65 tahun 
  • Orang dewasa yang berisiko tinggi mengalami komplikasi influenza 
  • Petugas kesehatan 

4. Hindari stres

Stress juga bisa memicu kambuhnya sinusitis anda. Jika anda stress mala antbodi akan bekerja dan bereaksi. Secara tidak langsung pula maka anda akan menggosk-gosok hidung hingga membuatnya terinfeksi dengan cepat yang menjadi pemicu munculnya sinusitis.

5. Konsumsi makanan bergizi

Tidak ada yang mengalahkan jika kalian menjaga makanan bergizi untuk anda konsumsi. Perbanyaklah mengonsumsi sayur dan buah-buahan agar dapat menjaga tubuh Anda tetap dalam keadaan prima. Makanan bergizi bisa menjaga kekebalan tubuh anda selain itu mengandung antioksidan yang sangat baik menangkal partikel-partikel jahat yang akan menyerang tubuh.

6. Hindari alergen di lingkungan

Kenalilah apa alergenmu dan upayakan untuk menghindarinya. Saat orang menderita sinusitis kronis ia sebaiknya menghindari daerah-daerah dan kegiatan yang dapat memperburuk kondisi mereka. Hindari semua hal yang menyebabkan peradangan seperti asap rokok, debu dan banyak lagi. Cucilah tangan dengan baik dimanapun dan upayakan menggunakan masker di keramaian.

7. Menjaga kesehatan mulut

Saat kesehatan dan kebersihan mulut tidak terjaga maka akan menyebabkan anda terkena sinusitis dengan sangat mudah. Masalah seperti gigi berlubang sangatlah berpengaruh terhadap kambuhnya sinusitis. Ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan mulut anda.
Itulah 7 cara mencegah sinusitis agar tidak kambuh lagi dan menyerang anda di tengah-tengah aktifitas yang sangat sibuk. Selamat mencoba dan terima kasih.

0 Response to "7 Cara Mencegah Sinusitis Agar Tidak Kambuh Lagi"

Post a Comment