Susah Tidur? Terapkan 5 Cara ini Agar Lebih Mudah Terlelap

Blog Dokter - Tidak semua orang mudah terlelap saat ingin berisitirahat. Tidur bisa menjadi sulit disebabkan oleh beberapa faktor dan memberikan anda ketidaknyamanan jika tidak bisa tidur dengan nyenyak. Jika hal ini terjadi anda tidak memiliki kualitas istirahat yang baik dan hanya harus menghadapi masalah yang akan berujung pada insomnia.

Jika hal ini menjadi masalah anda, maka anda perlu untuk mengatasinya sejak dini. Dibawah ini ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar bisa cepat terlelap saat anda sedang tidur.

Cara ini Agar Lebih Mudah Terlelap

Panduan Cara Agar Terlelap Lebih Cepat

1.Pastikan kamar berada dalam kondisi setenang mungkin
Pastikan bahwa anda memiliki kamar yang tidak begitu dekat dengan posisi ruangan yang ribut. Atau anda bisa saja memasang kedap suara agar anda bisa terhindar dari bisingnya jalanan. Anda bisa memutar musik instrumental yang menenangkan jika memang ada sumber suara yang mengganggu.

2.Persiapkan tubuh Anda sebelum tidur
Anda bisa berbaring di atas kasur dan melakukan gerakan dengan teknik relaksasi, contohnya dengan meregangkan kaki dan tangan, tahan sampai hitungan ke-7, lalu anda bisa kembali ke posisi semula. Ulangilah beberapa kali agar otot leher anda terbiasa dan merasa rileks.

3.Catatlah rutinitas Anda sehari-hari
Anda harus mendata apa sajakah aktiftas anda yang bisa memengaruhi kualitas tidur Anda. Misal makanan yang anda konsumsi dan juga jumlag kafein yang anda minum. Atau berapa banyakkah kualitas olehraga anda. Sebab aktifitas anda akan sangat mempengaruhi keseharian anda.

4.Jaga agar suhu ruangan tetap dingin
Anda memang akan sulit tidur jika ruangan anda sangat panas. Maka usahakanlah untuk menggunakan pendingin ruangan yang bisa membantu anda untuk cepat terlelap. Sebab saat suasana panas maka akan memberikan anda kesulitan tidur.

5.Pastikan pikiran Anda ada dalam kondisi rileks selama Anda bersiap untuk tidur
Usahakan agar sebisa mungkin hindari untuk memikirkan hal-hal yang sudah terjadi sepanjang hari maupun apa yang harus Anda lakukan keesokan harinya. Kontrol pikiran anda agar rileks dan tidak lagi berpikir mengenai aktifitas anda.
Itulah beberapa dari cara agar anda mudah terlelap. Terima kasih.

1 Response to "Susah Tidur? Terapkan 5 Cara ini Agar Lebih Mudah Terlelap"

  1. Poin no 5 itu yang banyak dialami bagi orang yang susah tidur, pada hal tidur merupakan segalanya untuk kesehatan tubuh yaa. Kurang tidur tentu membuat badan kita mudah lesu dan dalam kesehariannya tentu tidak fokus.
    Artikel yang sangat menarik

    ReplyDelete