Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Tips Kulit Hidup di wilayah yang beriklim tropis memberi manfaat yang besar karena adanya intensitas sinar matahari yang maksimal sepanjang tahun. Sinar matahari memiliki manfaat yang banyak bagi kehidupan. Akan tetapi, radiasi sinar matahari yang terik dan menyengat kerap menimbulkan masalah tersendiri bagi kesehatan dan kecantikan, khususnya kesehatan kulit. Apalagi, masyarakat Indonesia tidak terlepas dari aktivitas di luar ruangan seperti berkendara, berjalan, dan bekerja. Oleh sebab itu, mereka sering mengalami permasalahan pada kulit, yaitu kulit menjadi gelap dan belang pada bagian tubuh tertentu.

Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Pada umumnya, masyarakat yang hidup di wilayah tropis memiliki warna kulit yang gelap. Akan tetapi, kulit yang selalu terkena paparan sinar matahari akan membakar ke dalam kulit. Kulit menjadi kusam serta warna kulit tidak merata atau belang. Hal tersebut mengganggu kecantikan kulit dan penampilan seseorang. Di bawah ini, akan dibahas beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kulit belang akibat sinar matahari.

Panduan Cara Alami Mengatasi Kulit Belang Akibat Sinar Matahari

Warna kulit yang gelap dapat diatasi secara alami melalui ramuan dengan dua bahan, yaitu telur dan jeruk lemon. Bahan yang dibutuhkan untuk membuat ramuan antara lain:

1 butir telur ayam, diambil putih telur saja
5 sendok makan air perasan jeruk lemon

Setelah semua bahan tersedia, kita dapat mencampurkan bahan-bahan tersebut. Setelah bahan tercampur dengan baik, kita dapat memanaskan campuran bahan tersebut ke dalam pinggan anti lengket di atas kompor dengan api kecil. Kemudian, campuran dipanaskan hingga berbentuk seperti lotion. Campuran sebaiknya tidak dipanaskan hingga kering. Ramuan tersebut siap digunakan.

Cara menggunakan ramuan tersebut adalah dengan mengoleskan lotion ke permukaan yang berwarna gelap. Membiarkan cairan meresap ke dalam kulit selama lebih kurang lebih lima belas menit, kemudian membersihkan bagian kulit tersebut dengan air hangat dan sabun secara perlahan. Hasil yang maksimal diperoleh dengan melakukan perawatan secara rutin selama 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

Baca juga : 10 Cara Alami Mengatasi Kulit Terbakar Sinar Matahari

Putih telur dan jeruk lemon dianjurkan untuk mengatasi warna kulit belang karena memiliki banyak manfaat. Putih telur mengandung vitamin E dan protein yang bermanfaat memelihara kulit dari kondisi degeneratif. Selain itu, putih telur juga dapat berfungsi sebagai anti oksiden. Sedangkan kandungan vitamin C pada air perasan jeruk lemon berfungsi memberikan daya tahan pada sel kulit dan sebagai astringent, yaitu zat yang menyebabkan jaringan biologis berkontraksi atau mengkerut. Astringent sendiri mempunyai fungsi untuk mengatasi kulit berminyak dengan mengecilkan pori-pori untuk menyerap kelebihan minyak.

Pemakaian ramuan putih telur dan jeruk lemon perlu dilakukan teratur untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pemakaian yang rutin dapat membantu memudarkan warna kulit yang gelap akibat sinar matahari sehingga warna kulit menjadi merata serta terlihat halus dan cantik.

Artikel lainnya : Cara Hilangkan Kulit Belang di Tangan dan Kaki

Demikian pembahasan mengenai cara mengatasi kulit belang karena sinar matahari. Semoga dengan tips diatas anda dapat memiliki warna kulit yang merata.

0 Response to "Cara Mengatasi Kulit Belang Akibat Sinar Matahari"

Post a Comment