6 Gejala Penyakit Malaria dan Penyebabnya

Blog Dokter - Malaria merupakan penyakit yang timbul atau terjadi akibat nyamuk anopheles. Penyakit yang ditularkan nyamuk tersebut membuat peredaran darah terkena dengan jamur atau parasit yang bernama plasmodium menyebar didalamnya. Penyakit malaria sendiri merupakan salah satu jenis penyakit yang berbahaya dan bahkan bisa berakibat kematian jika tidak segera ditangani. Data yang dilakukan dalam sebuah penelitian menyebutkan bahwa penyakit malaria bisa membunuh anak-anak dalam waktu 30 detik saja. Dan hampir sekitar 500 juta terinfeksi serta 1 juta orang tiap tahunnya di dunia meninggal akibat penyakit malaria. Gejala penyakit malaria sendiri sudah umum dan mudah dideteksi.

  Gejala Penyakit Malaria dan Penyebabnya  

Gejala Penyakit Malaria pada anak

Namun keinginan untuk mencegah dan mengobati supaya penyakit tersebut tidak menyebarlah kurang hati-hati dan teliti.

Penyebab Penyakit Malaria

Penyakit mematikan dna bahkan mampu membunuh manusia dengan cepat ini disebabkan jamur atau parasit yang dibawa nyamuk disuntikkan kekulit dan masuk serta beredar didalam pembuluh darah. Kemudian menyebar dan membuat si penderita mengalami gejala sakit penyakit malaria pada umumnya. Penyakit malaria sebenarnya disebarkan oleh nyamuk anopheles betina yang menyuntikkan jamur atau parasit tersebut ke tubuh. Jenis parasit atau jamur yang disebut dengan plasmodium ini memiliki 4 jenis sebagai penyebab penyakit malaria terjadi. Jenis 4 plasmodium tersebut yaitu:
ADVERTISEMENT
1. Plasmodium Ovele

2. Plasmodium Malaria

3. Plasmodium Falciparum

4. Plasmodium Vivax

Dari sekian jenis plasmodium penyabab terjadinya penyakit malaria, vivax adalah jenis parasit yang sering ditemukan ditubuh pasien namun bisa ditangani. Dan untuk parasit malaria-lah yang merupakan penyebab dari terjadinya penyakit mamatikan tersebut. Dan hampir sekitar 90% orang meninggal di dunia akibat malaria. Apa saja yang menjadi gejala penyakit malaria yang sering di alami penderita malaria?

Gejala Penyakit Malaria

Untuk para penderita penyakit malaria, gejala umum yang sering sekali di alami oleh pasien yang menderita malaria yaitu:

1. Demam

2. Menggigil

3. Lalu sakit kepala

4. Berkeringat

5. Merasa lelah

6. Mual-mual kemudian muntah

Baca juga :
Gejala penyakit malaria ini sering sekali muncul pada pasien yang menderita penyakit malaria. Bahkan selain keenam gejala yang disebutkan di atas, masih ada banyak lagi gejala lainnya yang sering terjadi seperti terasa nyeri pada otot dan punggung, batuk mengering yang non produktif, pembesaran pada limpa dan banyak lagi yang lainnya. Jika melihat keenam gejala di atas, gejala awal penyakit penyakit malaria memang sama seperti pasien yang hanya terjadi akibat infeksi bakteri atau virus.

Namun jika sahabat inti-kesehatan.blogspot.com tidak segera ditangani maka keadaan dan kondisi badan pasien akan semakin menurun, lemah dan malah berakibat buruk. Untuk itulah, jika pasien sudah terasa mual, muntah dan lemas dengan disertai demam yang menggigil usahakan segera di bawa ke dokter untuk penanganan selanjutnya.

0 Response to "6 Gejala Penyakit Malaria dan Penyebabnya"

Post a Comment