3 Posisi Tidur dan Manfaat Sehatnya

Blog Dokter - Pada kesempatan kali ini saya mempunyai sebuah informasi yang sangat menarik untuk saya bahas bersama anda. Informasi ini akan membahas tentang posisi tidur. Tidur merupakan istirahat yang baik, selain itu posisi disaat kita tertidurpun harus diperhatikan, karena jika posisinya tidak benar dapat berpengaruh juga pada tubuh, jadi intinya posisi pada saat anda tidur juga menentukan kualitas tidur anda. Tidur dalam kasur yang empuk atau mahal tidak dapat menjamin bahwa kualitas tidur anda bagus, tidur dengan alas tikar pun jika posisinya benar akan menghasilkan kualitas tidur yang bagus. Nah, dibawah ini telah saya tulis Tips Memilih Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan.

Tidur yang baik itu 8 jam dalam sehari, 8 jam itu bukan waktu yang sebentar. Jika salah dalam posisi tidur akan sangat berisiko sekali untuk anda. Untuk mendapatkan kualitas tidur yang baik dibawah ini akan saya paparkan beberapa posisi tidur untuk anda.

  Tips Memilih Posisi Tidur yang Baik  

Posisi Tidur dan Manfaat Sehatnya
Ilustrasi Tidur yang Nyenyak
Berikut Tips Memilih Posisi Tidur yang Baik.

1. Posisi Tidur Miring
Posisi tidur miring sangat bagus untuk anda, namun yang bagus hanya posisi miring ke kanan saja karena posisi tidur kekiri dapat menambah tekanan pada jantung. Cara tidur miring kekanan ini dengan menekuk kaki kearah dada, untuk mengurangi tekanan pada leher gunakan bantal yang agak keras. Tidur dalam posisi miring kekanan ini memiliki beberapa manfaat yaitu :
  • Mengistirahatkan otak kiri.
  • Mengurangi beban jantung.
  • Mengistirahatkan lambung.
  • Membantu pengosokan kantung empedu dan prankeas.
  • Menjaga kesehatan paru paru.
  • Merangsang buang air besar.
  • Meningkatkan waktu penyerapan gizi.
Meskipun banyak manfaatnya tidur dalam posisi miring ini membuat wajah tertekan bantal yang membuat kekurangan oksigen sehingga dapat memperjelas kerutan di wajah.
ADVERTISEMENT
2. Posisi Tidur Terlentang
Pada posisi tidur terlengtang ini sangat baik karena tubuh anda lurus sehingga memungkinkan penderita nyeri punggung dapat tidur dengan nyaman. Adapun manfaat tidur terlentang ini, yaitu :
  • Menyeimbangkan berat badan.
  • Menghindari lipatan pada wajah penyebab kerutan.
  • Meluruskan tulang punggung.
Selain beberapa manfaat tadi, posisi tidur terlentang juga memiliki dampak yang tidak baik seperti membuat pernafasan terhalang oleh lidah yang membuat kita mendengkur.

3. Posisi Tidur Tengkurap
Posisi ini sebaiknya anda hindari, karena menekan jantung, paru paru, dan perut. Selain itu, tengkurap juga menyebabkan tulang punggung menjadi rata dan mengganggu keselaranan tulang belakang bagian leher.

Itulah tadi beberapa tips yang dapat saya berikan kepada anda untuk memilih posisi tidur yang benar. Mungkin saya cukupkan sekian saja, terima kasih anda sudah membaca Tips Memilih Posisi Tidur yang Baik bagi Kesehatan. Semoga dengan informasi diatas sahabat blog dokter dapat mendapatkan tidur yang berkualitas dan menyegarkan tubuh ketika bangun pagi.

1 Response to "3 Posisi Tidur dan Manfaat Sehatnya"