7 Cara Mengatasi Perut Kembung

Blog Dokter - Perut kembung terjadi adanya angin yang tidak bisa keluar dari perut baik usus besar maupun usus kecil sebagai akibat dari adanya gangguan fungsi lambung dan limpa. Perut kembung atau terasa begang membuat kita merasa tidak nyaman seakan akan kita terlalu banyak makan, apalagi jika memakai celana dan baju yang ketat akan sangat terasa sekali ketika terjadi perut kembung ini. Biasanya perut kembung akan terjadi ketika kita makan terlalu terburu buru, atau karena ketidak cocokan terhadap makanan tertentu. Sebenarnya ini bukan penyakit serius, dan dapat sembuh dengan sendirinya. Tapi, bagi anda yang ingin mengetahui cara mengatasinya memang tidak ada salahnya, jadi saya memutuskan untuk membuat artikel yang berjudul Cara Mengobati Perut Kembung.

Sebenarnya, perut kembung dapat hilang dengan sendirinya dalam beberapa hari melalui sendawa dan buang angin. Namun, dibawah ini saya memberikan cara lain yang bisa anda lakukan dirumah. Jadi, simak dengan baik pembahasannya.

  Cara Cepat Mengobati Perut Kembung  

cara mengatasi perut kembung
Ilustrasi Mengalami Perut Kembung
Berikut cara mengatasi perut kembung secara alami.

 1  Merubah Pola Makan
Mulai dari sekarang ubahlah pola makan anda, hindarilah makanan yang mengandung gas seperti kol, kubis, brokoli, kembang kol dan kacang polong. Selain itu pilihlah makanan yang mudah dicerna oleh tubuh.
ADVERTISEMENT
 2  Atur Porsi Makan
Ada baiknya anda juga mengatur porsi makan anda, jika terlalu banyak porsinya akan sulit untuk dicerna dan dapat menghasilkan gas yang dapat membuat perut kembung. Lebih baik makan 6 kali sehari dalam porsi kecil dibandingkan makan 3 kali sehari dalam porsi besar.

 3  Jahe
Gunakan jahe untuk mengatasi perut kembung, sediakan 3 buah jahe yang telah dicuci bersih dan ditumbuk, setelah itu direbus dalam air dan tambahkan gula secukupnya, kemudian minum air hasil rebusannya selagi masih hangat.

 4  Jeruk Nipis
Gunakan air perasan jeruk nipis kemudian campurkan dengan beberapa tetes minyak kayu putih lalu usapkan pada bagian perut anda supaya tidak terasa begah.

 5  Bawang Merah
Parutlah 1 siung bawang merah kemudian campurkan dengan minyak kayu putih. Lalu tempelkan pada bagian pusar anda untuk mengatasi perut kembung.

 6  Teh Hangat
Teh hangat juga dapat mengatasi perut kembung, minumlah teh hangat supaya anda merasa lebih nyaman. Anda dapat menggunakan teh hitam atau teh hijau.

 7  Sup Hangat
Makanlah sup hangat secara teratur,hal ini merupakan cara yang mudah namun dapat diandalkan.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Lainnya :

Nah, itulah tadi beberapa tips dalam mengatasi perut kembung yang dapat saya sampaikan kepada anda. Akhir kata saya sampaikan terima kasih telah membaca Cara Mengobati Perut Kembung. Semoga dengan tips diatas sahabat blog dokter dapat mengatasi perut kembung dengan cepat

0 Response to "7 Cara Mengatasi Perut Kembung"

Post a Comment