5 Penyebab Sakit Sariawan Menghampiri Anda

Blog Dokter - Sariawan bukanlah penyakit yang berbahaya, namun sekali Anda mengalaminya dapat dipastikan Anda tidak akan sudi untuk kembali merasakannya lagi di kemudian hari. Rasa nyeri yang ditimbulkan dari penyakit ini cukup mengganggu, Anda menjadi kurang nyaman dan percaya diri untuk melanjutkan hari dengan baik seperti sebelumnya karena sedang terganjal dengan sariawan, Anda yang pada dasarnya adalah sosok yang berkepribadian cerewet, tidak bisa diam, menjadi kelimpungan karena selama penyakit sariawan masih ada, Anda tidak bisa berbicara dengan bebas, untuk makan pun Anda menjadi lebih sulit dan berhati-hati.

5 Penyebab Sakit Sariawan Menghampiri Anda

Penyebab Sakit Sariawan
Ilustrasi mengalami gejala penyakit sariawan
Sariawan yang tidak diobati akan semakin parah dan masa penyembuhannya pun relatif lebih lama yang mana juga akan mempengaruhi si penderita dalam menggunakan mulutnya, baik untuk mengunyah makanan atau sekadar berbicara menjadi teramat tidak nyaman. Lantas, mengapa sariawan bisa muncul menghiasi bibir?. Untuk memahami jawabannya, simaklah lima penyebab sakit sariawan di bawah ini:
ADVERTISEMENT
Makanan yang rasanya pedas

Hampir serbagian besar orang di setiap Negara menyukai makanan yang memiliki cita rasa pedas menendang, apalagi sudah banyak restoran yang sengaja membuat menu dengan rasa pedas sebagai primadona. Apa pun jenis makanan yang disajikan di meja, terasa lebih nikmat bila disajikan dengan tambahan sambal, apalagi Indonesia terkenal akan keragaman sambalnya. Konsumsi makanan pedas, tentu akan membuat suhu tubuh mengalami peningkatan yang mana merupakan indikasi munculnya sariawan.

Mulut tergigit

Penyabab sakit sariawan ini memang termasuk sepele, namun tidak sedikit orang yang pernah mengalami sakit sariawan karena bibirnya tergigit ketika tengah mengunyah makanan. Hal itu bisa saja terjadi bila Anda makan terlampau cepat, bagian dalam mulut yang tidak sengaja tergigit itulah yang nantinya akan terkena sakit sariawan.

Makanan panas

Kabarnya, selain makanan pedas, makanan yang disantap sewaktu panas pun bisa menyebabkan sariawan. Konsumsi makanan dalam suhu yang masih panas bisa melukai bibir bahkan membuat bibir Anda terbakar. Oleh karena itu, cobalah untuk lebih bersabar, diamkan dahulu atau tiup terlebih dahulu makanan hingga tidak terasa panas ketika masuk ke dalam mulut.

Sikat gigi

Kebiasaan menyikat gigi terlalu kuat, tidak hanya mempengaruhi kesehatan gusi dan gigi, namun ternyata juga bisa memicu timbulnya sariawan. Luka yang terjadi di dalam mulut akibat dari menyikat gigi terlalu keras akan meninggalkan luka yang kemudian bisa menimbulkan sariawan.
lihat juga : Cara Sikat Gigi Dengan Benar

Alergi atau terlalu sensitif

Penyebab sakit sariawan yang Anda alami, bisa saja karena jaringan mulut terlalu sensitif untuk menerima bahan penyegar atau pembersih mulut, seperti pasta gigi atau obat untuk kumur-kumur, permen karet atau bahkan kosmetik.

Nah, karena itu, perhatikan dengan baik, apa merk pasta gigi atau pun obat kumur yang cocok dan tidak cocok untuk Anda gunakan. Terima kasih telah membaca Penyebab munculnya Sakit Sariawan pada mulut. Semoga dengan artikel diatas sahabat blog dokter dapat terhindar dari penyakit sariawan.

Baca juga : 11 Cara Ampuh Mengobati Sariawan Secara Alami

0 Response to "5 Penyebab Sakit Sariawan Menghampiri Anda"

Post a Comment