10 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

Blog Dokter - Temulawak merupakan salah satu jenis tumbuhan yang banyak digunakan untuk pengobatan. Tetapi masih sedikit orang yang mengetahui fungsi temulawak dengan baik. Oleh sebab itu kami akan menguraikan 10 fungsi temulawak untuk anda ketahui yang bisa manfaatkan untuk kesehatan dan kecantikan.

10 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

temulawak
Ilustrasi Temulawak
Berikut 10 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan

1. Memelihara fungsi hati
Temulawak sangat bermanfaat bagia anda untuk memelihara fungsi hati. Ia memiliki kandungan yang bisa merangsang kekosongan empedu. Selain itu hasil uji klinis menunjukkan bahwa dosis yang pakai untuk menurunkan kadar SGOT dan juga SGPT adalah 15-30 mg kurkumin.
ADVERTISEMENT
2. Menambah nafsu makan
Temulawak mengandung karminativum yang berfungsi untuk menambah nafsu makan. Caranya adalah ambil 25 gr temulawak, ditambah 10 gr asam jawa dan juga gula merah secukupnya kemudian direbus dengan 600 cc air sehingga tersisa sekitar 300 cc, saring dan minum ramuan tersebut.

3. Memperbaiki fungsi pencernaan
Serbuk rimpang temulawak dapat meningkatkan aktivitas di dalam cairan lambung sehingga bisa membantu metabolisme dan juga mengurangi kontraksi usus halus. Caranya adalah ambil 2 gram rimpang kering temulawak atau 8 gram temulawak yang segar. Panaskan rimpang tersebut dengan air hingga mencapai suhu 90 derajat kurang lebih selama 15 menit. Kemudian disaring, minum 2 hingga 3 kali sehari di antara waktu-waktu makan.

4. Mengurangi radang sendi
Kandungan Kurkumin pada temulawak berperan sebagai antiradang yang jumlahnya setara dengan 100 mg fenilbutazon yang mampu mengurangi nyeri dan juga radang sendi.

5. Menurunkan lemak darah
Ekstrak temulawak dan juga fraksi kurkuminoidnya mampu menurunkan kadar kolesterol total, trigliserida dan juga meningkatkan kadar HDL pada kolesterol. Komponen yang berperan dalam menurunkankadar lemak darah ialah kurkuminoid.

6. Sebagai anti oksidan
Kurkumin yang terkandung pada temulawak bermanfaat sebagai antioksidan sebab mampu menangkap berbagai radikal bebas, misalnya seperti anion superoksid dan juga radikal hidroksil sehingga dapat membantu menjaga kesehatan. Caranya adalah gunakan ekstrak kering temulawak kemudian direbus , minum 3 kali dalam sehari, kurang lebih 250 – 500 mg.

7. Mengobati jerawat
Caranya adalah cuci rimpang temulawak kira-kira sebesar 1 jari, kemudian potong. Setelah itu rebus dalam 4 gelas air bersih sampai hingga tersisa separuhnya. Kemudian setelah dingin, saring dan tambahkan madu asli ke dalam air saringan secukupnya, lalu diminum. Pengobatan ini dilakukan 2 kali sehari, setiap kali minum cukup 1 gelas.

8. Untuk mengontrol kolesterol
Temulawak juga berfungsi untuk dapat meningkatkan aliran empedu dari dalam kandung empedu ke hati. Cairan pada empedu yang pahit dan berwarna hijau tersebut berperan dalam proses penyerapan sari makanan agar tidak terganggu sehingga dapat mengontrol untuk bisa menormalkan kolesterol jahat yang ada dalam darah.

9. Menyembuhkan penyakit hepatitis B
Temulawak juga baik bagi anda yang menderita hepatitis B. Sebagaimana fungsinya dalam memelihara hati tentunya akan berpengaruh pada anda yang memiliki penyakit hepatitis B,

10. Mengobati alergi
Caranya adalah ambil temulawak kira-kira 2 jari dengan jari daun meniran setengah genggam, daun kumis kucing setengah genggam dan daun sambiloto ½ genggam. Campur semua bahan-bahan tersebut dan rebuslah dengan 4 gelas air putih sampai tersisa setengahnya ( sekitar 2 gelas)

Terima kasih telah membaca 10 Manfaat penting Temulawak untuk Kesehatan. Semoga dengan artikel diatas anda akan menggunakan temulawak untuk hidup sehat yang alami.

Baca juga : 10 Manfaat Bawang Putih Untuk Kesehatan

0 Response to "10 Manfaat Temulawak Untuk Kesehatan"

Post a Comment