10 Cara Alami Mengobati Penyakit Maag

Blog Dokter - Penyakit maag bisa menyerang suapa saja yang memiliki gangguan pada pola makan. Selain itu maag juga bisa menyerang saat asam lambung dalam lambung anda meningkat disebabkan ole stress dan juga faktor lainnya. Penyakit maag bisa saja menjadi kronis saat tidak anda atasi, seperti berubah para menjai penyakit kuning dan lever.

Ole karena itu saat memiliki riwayat penyakit maag sebaiknya anda jangan tinggal diam. Selain berobat ke dokter ada cara alami yang bias anda lakukan seperti beberapa tips di bawah ini.

10 Cara Alami Mengobati Penyakit Maag

Cara Alami Mengobati Penyakit Maag kronis
Ilustrasi Wanita Menderita Penyakit Maag  Kronis
Berikut cara cepat atasi sakit maag secara alami.

1. Daun Jambu Biji
Daun Jambu Biji

Daun jambu biji bukan hanya berguna bagi anda yang mengalami gangguan pencernaan seperti diare. Hal ini juga sangat berguna untuk sakit maag. Anda hanya perlu mengelolanya dengan mengambil beberapa helai jambu biji dan cuci hingga bersih. Kemudian rebus daun jambu biji tersebut hingga air rebusan tinggal setengahnya. Minum air rebusan jambu biji tersebut secara rutin.
ADVERTISEMENT
2. Singkong
Singkong

Saat makan singkong hal tersebut memang dapat memicu maag kambuh. Nmaun jangan salah jika diolah dan dikonsumsi secara baik maka ia akan menjadi obat. Khasiat singkong dan ketela pohon bisa atasi maag. Untuk menjadikan singkong atau ketela pohon menjadi obat maag, anda bisa memarut singkong kemudian diambil sarinya, lalu rebus sari parutan singkong tersebut, lalu minum airnya usakan rutin setiap hari bila masih terasa gejala-gejala maag.

3. Kunyit
Kunyit

Kunyit sejak zaman dulu memang sudah terkenal dengan banyak sekali khasiat, salah satunya adalah mengobati maag. Ambillah beberapa ruas kunyit, cuci sampai bersih lalu kupas kulit arinya kemudian Parut dan peras airnya, minumlah air perasan kunyit tadi secara rutin pada pagi dan sore hari. Selain itu, kunyit bisa juga diolah menjadi obat maag melalui cara direbus, yaitu dengan cara merebus kunyit yang sudah dipotong-potong kecil, minumlah air rebusannya secara rutin pagi dan sore hari.

4. Daun Alpukat
Daun Alpukat

Daun alpukat juga memberikan khasiat yang cukup baik dalam mengobati maag. Gunakanlah daun alpukat yang sudah kering secukupnya dan air panas satu gelas ukuran sedang. Daun alpukat yang kering tadi dirajang ukuran kecil-kecil, ambillah 1 sendok teh daun alpukat yang sudah dirajang lalu seduh bersama 1 gelas air panas. Tambahkanlah gula dengan ukuran secukupnya, aduk hingga rata. Minumlah selagi hangat.

5. Rajin Berpuasa
Rajin Berpuasa

Jangan sala menilai bahwa orang yang memiliki riwayat maag tidak bisa berpuasa, malah berpuasa merupakan sala satu alternatif yang baik untuk mengobati maag.  Hal ini secara teori benar sebab saat berpuasa , jadwal makan kita jadi teratur, sedangkan hari – hari lainnya biasanya kita teratur makan sehingga menyebabkan maag.

6. Madu manuka
Madu manuka

Ini adalah madu mentah, yang dapat dibeli di toko makanan atau kesehatan. Bila diminum, madu ini mampu untuk membunuh bakteri, menyembuhkan ulkus, dan memperkuat lapisan perut.

7. Jus kubis
Jus kubis

Membuat jus kubis juga merupakan sala satu alternatif obat maag alami. Konsumsi kubis mentah atau asupan jus kubis segar membantu menghasilkan asam amino di dalam tubuh, yang meningkatkan aliran darah ke lapisan lambung. Hal ini mendorong penyembuhan ulkus.

8. Klabet
Klabet

Jika maag anda tiba-tiba kambu tak tertahankan, maka rasa terbakar pada lambung dapat diatasi dengan meminum rebusan biji klabet.

9. Tepung kanji
Tepung kanji

Siapa yang tidak kenal dengan tepung kanji, bahan campuran membuat bakso ini dapat digunakan untuk mengobati maag. Caranya cukup mudah. Ambil tepung kanji secukupnya. kemudian sangrai hingga berwarna kekuning-kuningan. Kemudian buat air panas 1 gelas, dan tambahkan 2 sendok tepung kanji. Minum larutan tersebut setiap hari sampai penyakit maag terasa hilang.

10. Buah Pisang
Buah Pisang

Pisang selain memiliki tekstur lunak tentunya sangat cocok memberikan kasiat untuk mengobati maag. Konsumsi pisang membantu meredakan peradangan pada selaput perut dan juga memperkuatnya. Asupan pisang membantu menghasilkan zat berlendir, yang melapisi lapisan lambung, sehingga melindunginya terhadap asam.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Lainnya :

Terima kasih telah membaca 10 cara alami mengobati atau mengatasi sakit maag kronis dan akut dengan cepat. Semoga dengan tips diatas maag yang sahabat dokter derita dapat terobati dengan cepat dan melakukan aktivitas keseharian dengan baik.

0 Response to "10 Cara Alami Mengobati Penyakit Maag"

Post a Comment