6 Cara Alami Mengatasi Kaki Keseleo

Blog Dokter - 6 Cara Alami Mengatasi Kaki yang Keseleo. Keseleo atau terkilir merupakan salah satu gangguan yang terjadi pada urat yang biasa terkena pada kaki, tangan atau beberapa anggota tubuh lainnya. Saat keseleo banyak cara yang bisa anda lakukan salah satunya dengan mengurut bagia tubuh yang keseleo.Namun cara di bawah ini juga akan membantu meringankan rasa sakit saat keseleo. Jangan Pernah menganggap remeh masalah yang satu ini karena dapat menjadi bengkak karena peredaran darah atau urat yang terhambat karena terkilir. Jadi ada baiknya anda mengamati cara alami mengatasi kaki keseleo agar dapat cepat sembuh dan melakukan aktivitas seperti biasanya.

6 Cara Alami Mengatasi Kaki Keseleo

kaki keseleo
Ilustrasi Mengatasi Kaki Keseleo atau Terkilir

1. Jangan memijat saat sedang terkilir

Jika anda terkilir maka janganlah langsung memijat anggota tubuh anda jika tidak memiliki ilmu pengobatan. Tahanlah rasa sakit tersebut lalu carilah tukang urut untuk menangani nya, sebab dengan memijatnya tanpa arah yang baik maka akan memperburuk keadaan keseleo anda.

2. Pergunakan ES


Banyak orang yang salah bertindak dengan mengompres keseleo dengan air panas. Saat terjadi keseleo segeralah kompres dengan menggunakan es. Jangan mengompresnya dengan air panas karena hal tersebut sudah jelas-jelas salah. Dimana air panas akan membuat peredaran darah semakin lancar dan darah yang terdapat pada pembuluh darah pun sulit membeku. Jika peredaran darah semakin lancar maka bagian yang sakit akan semakin terasa sakit.

Begitu pun sebaliknya jika menggunakan es maka darah akan sedikit membeku dan bisa memperbaiki diri sendiri dengan sangat cepat dan rasa sakit pun akan berangsur berkurang.

3. Istirahat

Cara lainnya untuk mengurangi rasa sakit ketika keseleo adalah dengan mengurangi kegiatan pada bagian tubuh yang keseleo atau terkilir. Jangan melakukan apapun ketika tangan atau kaki anda mulai merasakan sakit akibat keseleo.
ADVERTISEMENT
4. Balut bagian yang keseleo dengan kain

Balut bagian tubuh yang terkena keseleo dengan kain. Tujuannya adalah untuk mengurangi gerakan pada bagian tubuh yang terkilir agar tidak sakit dan bertambah parah lagi nantinya.

5. Lumuri dengan parutan jahe

Jahe sangat efektit untuk mengurangi rasa sakit karena keseleo karena jahe memiliki sifat hangat. Karena itu jahe juga dapat mengurangi pembengkakan yang terjadi akibat keseleo.

6. Gunakan air arang

Air arang sangat ampuh untuk mengatasi pembengkakan akibat keseleo.

Caranya adalah dengan menyiapkan arang batok kelapa secukupnya yang masih panas. Masukkan arang yang masih panas tersebut ke dalam satu gayung air setelah itu, air akan menjadi hangat karena efek dari arang tadi. Gunakan air arang tersebut untuk membasuh bagian tubuh yang keseleo. Lakukan secara rutin minimal dua kali dalam sehari, maka bengkak pada keseleo Anda berangsur angsur akan mengempis.

Jangan Lewatkan Tips Kesehatan Lainnya :

Terima kasih telah membaca 6 cara alami mengatasi kaki terkilir atau keseleo. Semoga dengan artikel diatas sahabat blog dokter dapat melakukan aktivitas keseharian anda tanpa merasakan sakit pada bagian yang keseleo.

0 Response to "6 Cara Alami Mengatasi Kaki Keseleo"

Post a Comment