10 Cara Alami Mengatasi Bibir Pecah dan Kering

Blog Dokter - Bibir merupakan salah satu anggota tubuh yang cukup menarik perhatian orang. Bibir juga merupakan salah satu ikon kecantikan khususnya bagi wanita. Namun bagaimana jika anggota tubuh kita yang satu ini mengalami gangguan? seperti bibir pecah-pecah dan kering yang disebabkan oleh panas dalam? Menutupinya dengan lipstik pun tetap terlihat kurang indah.

Bibir pecah-pecah terkadang juga disebabkan oleh kurangnya vitamin C dan dehidrasi. Oleh karena itu anda sebaiknya cepat mengatasi bibir yang pecah-pecah agar mengembalikan keindahan pada bibir anda.

10 Cara Alami Mengatasi Bibir Pecah dan Kering

bibir pecah pecah
Ilustrasi Memiliki Bibir Pecah - Pecah dan Kering
Berikut adalah cara alami mengatasi bibir pecah - pecah dan kering.

1. Tomat

Ambillah sepotong tomat lalau oleskan dengan gerakan memijat pada bibir anda. Tomat dapat menyembuhkan masalah bibir kering secara alami sebab mengandung kandungan vitamin C yang banyak. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes madu pada irisan tomat tersebut sebelum mengoleskannya pada bibir.
ADVERTISEMENT
2. Madu

Madu juga akan sangat bermanfaat. Ambil setetes madu pada ujung jari Anda dan pijat bibir kering Anda dengan itu. Madu dapat melembutkan dan melembapkan bibir Anda, serta mencegahnya dari retak.

3. Mentega atau minyak kelapa

Oleskan minyak kelapa atau mentega pada bibir Anda setiap kali terlihat kering. Asam lemak yang terkandung dalam minyak kelapa dapat menyembuhkan kulit kering pada bibir dan melembapkannya. Selain itu, mentega dan minyak kelapa juga membantu menyingkirkan warna bibir yang gelap.

4. Lemon dan madu

Ini adalah salah satu pengobatan rumah yang paling efektif untuk mengobati bibir kering dan pecah-pecah. Lemon dapat mengelupas kulit, menghilangkan sel-sel kulit mati dan juga membersihkan kulit. Campurkan perasan lemon dan beberapa tetes madu. Oleskan ramuan ini pada bibir yang kering dan pecah-pecah. Lakukan ini dua kali sehari untuk mendapatkan hasil terbaik.

5. Irisan mentimun


Mentimun mengandung banyak air. Pijat bibir Anda dengan irisan mentimun sebanyak dua kali sehari untuk mengobati bibir kering. Mentimun mengandung banyak vitamin C yang dapat melembapkan bibir Anda.

6. Ekstrak lidah buaya

Selain merawat kulit kering, ekstrak lidah buaya juga dapat dioleskan pada bibir kering dan pecah-pecah. Ekstrak lidah buaya juga membantu dalam melembapkan dan menjaga kulit tetap lembut.

7. Hindari lipstik

Lipstik dapat mengeringkan bibir dan membuatnya semakin pecah-pecah. Jika bibir Anda kering, hindari pemakaian lipstik atau pemulas bibir berbahan kimia lainnya, seperti lip balm dan lip gloss, untuk sementara waktu.

8. Minum banyak air

Dehidrasi adalah salah satu penyebab di balik bibir kering dan pecah-pecah. Minum banyak air untuk tetap terhidrasi dan menjaga kulit tetap lembap.

Inilah delapan tips untuk mengobati masalah bibir kering dan pecah-pecah. Lakukan sesering mungkin agar mendapatkan hasil yang maksimal.

9. Jeruk

Buah ini dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bibir kering karena banyak mengandung vitamin yang dapat melembabkan kulit bibir. Dianjurkan untuk mengonsumsinya secara langsung tanpa perlu diolah terlebih dahulu menjadi jus. Buah jeruk ini cukup dikonsumsi 10 mg per kali berat badan. Misalnya berat badan kamu 40kg maka buah jeruk yang kamu konsumsi cukup 10mg x 40kg yaitu sama dengan 4 buah jeruk perhari.

Untuk yang ingin mengonsumsi jeruk sebagai jus, sebaiknya rutin dikonsumsi 2 gelas setiap hari sebelum dan sesudah makan. Cara mengolahnya, ambil tiga buah jeruk matang, dikupas dan dibuang kulit serta bijinya. Masukkan ke dalam blender dan tambahkan 50 ml air putih, 20 ml air gula dan 200 gr es batu. Lalu blender hingga halus dan disaring.

10. Wortel

buah ini sangat ampuh untuk mengatasi bibir kering, mampu melembabkan kulit bibir, membuang kulit mati dan sekaligus memerahkan warna bibir yang menghitam. Untuk mengatasi bibir kering dan pecah-pecah, buah wortel ini diolah menjadi jus dan masker wortel. Pengolahannya, ambil satu buah wortel segar, dicuci bersih, dikupas lalu diparut hingga benar-benar halus.

Disaring airnya lalu diambil ampasnya. Airnya diminum langsung, sementara ampasnya dioleskan ke bibir yang kering dengan gerakan halus dari area bawah bibir keatas bibir. Lakukan setiap hari untuk hasil yang maksimal.

Terima kasih telah membaca 10 cara alami mengobati bibir pecah - pecah dan kering.  Semoga dengan artikel diatas sahabat blog dokter yang memiliki bibir pecah - pecah dan kering dapat teratasi dengan cepat.

Baca juga : 10 Cara Alami Memerahkan Bibir

0 Response to "10 Cara Alami Mengatasi Bibir Pecah dan Kering"

Post a Comment