5 Manfaat Penting Buah Tomat

Blog Dokter - Manfaat tomat sebagai buah-buhan yang termasuk mengandung vitamin C sangatlah banyak. Manfaat itu dapat di ambil lewat mengonsumsi atau memakainya dalam berbagai tretament. Tomat banyak dipilih orang, disebabkan tomat merupakan buah yang mudah didapat dan juga sangatlah terjangkau harganya. Selain itu hampir di tiap rumah terdapat tomat, sebab ia merupakan bumbu dapur yang banyak dipakai di kalangan ibu rumah tangga.

Selain untuk bumbu dapur tomat memiliki jutaan manfaat. Untuk dapat memaksimalkan manfaat tersebut, makan anda perlu mengetahui dengan jelas manfaat penting buah tomat.

5 Manfaat Penting Buah Tomat

Ilustrasi Buah Tomat

Berikut 5 Manfaat Penting Buah Tomat

1. 100 gram tomat memenuhi 20 persen kebutuhan vitamin C sehari. 100 gram tomat juga menyumbangkan sekitar 10 hingga 20 persen kebutuhan vitamin A sehari. Kombinasi vitamin A dan C ini adalah sumber antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh.
ADVERTISEMENT
2. Kombinasi vitamin A dan C dalam tomat berguna untuk memelihara kesehatan gigi dan gusi, mempercepat sembuhnya luka, mencegah penyakit skorbut, mencegah pendarahan pembuluh darah halus, menjaga organ pengelihatan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan reproduksi.

3. Ada tiga kandungan penting dalam karotenoid dalam tomat: beta karoten, likopen, dan enzim fitoena dan fitofluena. Ketiga enzim tersebut berfungsi sebagai antioksidan tinggi untuk mengikat radikal bebas, tabir surya alami tubuh, dan mengurangi risiko penyakit degeneratif.

4. Tomat yang sudah diolah dalam bentuk jus atau dimasak lebih bermanfaat bagi tubuh ketimbang dimakan mentah. Jumlah likopen dalam jus tomat bisa mencapai lima kali lebih banyak daripada pada tomat segar. Dalam 100 gram jus tomat terdapat tujuh gram kalsium, 15 miligram fosfor, 0.9 miligram zat besi, 230 miligram natrium dan 230 miligram kalium.

5. Tomat harus disimpan pada suhu yang tidak terlalu tinggi, misalnya suhu kamar. Atau disimpan dalam lemari pendingin. Sebeb, suhu tinggi dapat merusak tomat.

Terima kasih telah membca 5 Manfaat Penting Buah Tomat. Semoga artikel diatas dapat bermanfaat bagi sahabat dokter.

Baca juga : 10 Manfaat Penting Buah Apel

0 Response to "5 Manfaat Penting Buah Tomat"

Post a Comment