Inilah 5 Langkah yang Tepat untuk Membersihkan Gigi Anda

Blog Dokter - Senantiasa menjaga kebersihan gigi adalah kewajiban setiap orang demi mendapatkan gigi yang sehat dan juga kuat selalu. Gigi yang bersih tentunya menjadi kunci utama dari gigi yang sehat, sebab hampir semua masalah gigi timbul karena adanya bakteri yang menempel pada gigi yang disebabkan oleh gigi yang kotor.

Meski anda rajin menyikat gigi dan membersihkannya hal tersebut juga tidak menjadi jaminan bahwa anda akan memiliki gigi yang sangat bersih. Ada beberapa langkah tepat yang bisa anda lakukan untuk membersihkan gigi anda.

Langkah yang Tepat untuk Membersihkan Gigi

Berikut 5 langkah tepat membersihkan gigi anda agar anda bisa tetap menjaga kebersihan gigi agar selalu sehat.

1. Menyikat Gigi

Tentunya kalian sudah sangat mengetahui bahwa idealnya seseorang menyikat gigi adalah dua kali sehari. Yaitu setelah sarapan pagi dan juga sebelum tidur. Namun sebaiknya anda menunggu 30 menit setelah makan karena enamel gigi yang melembek karena asam saat makan menjadi kembali keras dan mudah dibersihkan. Menyikat gigi mampu menghilangkan plak serta bakteri sehingga plak tersebut tidak akan bercampur dengan sisa makanan yang akan dirubah menjadi asam dan menjadi penyebab lubangnya gigi anda.

2. Flossing

Yang dimaksud dengan flossing adalah membersihkan gigi menggunakan dental floss (benang gigi). Flossing berguna untuk membersihkan sisa makanan dan plak yang menyelip di antara sela gigi yang sulit dicapai oleh sikat gigi. Plak yang berada di sela-sela gigi yang sulit dicapai adalah cikal bakal dari karang gigi dan jika sudah begitu maka akan harus dibersihkan di dokter. Namun anda juga  isa menggunakan pasta gigi yang mengandung Microgranule yaitu butiran-butiran halus yang mampu membersihkan hingga ke sela-sela gigi dan Zinc-Citrate.

3. Atur Pola Makan

Mengatur pola makan ternyata adalah salah satu langkah yang juga sangat cocok untuk membantu membersihkan gigi. Hindari makanan yang manis sebab makanan manis sangatlah buruk bagi kesehatan gigi anda. Pola makan yang baik akan memberikan kesehatan pada gigi  anda dan sangat mudah dibersihkan jika anda tidak banyak mengonsumsi makanan manis.

4. Rutin ke Dokter Gigi

Janganlah mengunjungi dokter gigi hanya jika anda memiliki keluhan. Anda tetap harus menjadwalkannya setiap enam bulan sekali. Mengunjungi dokter gigi bisa membuat anda menjaga dan membersihkan gigi anda. Anda juga bisa mengetahui masalah gigi anda sejak dini jika rajin mengunjungi dokter. 

5. Berkumur dengan Obat Kumur Antibakteri

Untuk pelengkap maka anda juga sebaiknya berkumur dengan obat kumur antibakteri. Obat kumur juga bisa membersihkan sisa bakteri yang muncul dan menyebabkan penyakit gusi. 
Itulah 5 langkah tepat membersihkan gigi anda. Selamat mencoba, terima kasih.

0 Response to "Inilah 5 Langkah yang Tepat untuk Membersihkan Gigi Anda"

Post a Comment