5 Resiko Berbahaya Bagi Kesehatan jika Makan Malam Sebelum Tidur

Blog Kesehatan - Terkadang seseorang tiba-tiba lapar di malam hari dan kebanyakan mereka tentu saja tidak bisa menahannya dan segera mencari makanan untuk mengganjal rasa lapar tersebut. Makan di malam hari sudah menjadi kebiasaan banyak orang apalagi para mahasiswa nge kos yang sering ngumpul hingga begadang.

Pada umumnya orang-orang hanya mengetahui efek dari makan sebelum tidur adalah bisa menyebabkan kegemukan. Namun efek yang diberikan bukan hanya itu. Beragam efek bisa anda dapatkan saat selalu makan di malam hari apalagi sebelum tidur. Di bawah ini merupakan beragam efek berbahaya makan di malam hari sebelum tidur yang harus anda ketahui dan waspadai.

Bahaya Makan Malam Sebelum Tidur

Berikut Bahaya Bagi Kesehatan Jika Makan Malam Sebelum Tidur

   Kegemukan
Saat anda sering makan di malam hari utamanya sebelum tidur maka potensi berat badan bertambah akan sangat besar. Hal ini disebabkan oleh kalori yang tidak terbakar dan menumpuk dalam tubuh. Saat tidur tentu saja pembakaran kalori menjadi tidak maksimal dan menyebabkan kalori tersebut menumpuk dan berubah menjadi lemak. Olehnya itu hindarilah makan di malam hari jika anda tidak ingin kegemukan. Ketahui juga penyebab berat badan naik terus.

  2   Diabetes
Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa saat anda makan di malam hari maka anda akan kelebihan kalori dan terjadi penumpukan lemak. Penumpukan lemak ini dalam jangka panjang akan menyebabkan diabetes yang tentu akan sangat berakibat fatal untuk kesehatan anda. Kalori yang tadinya sulit terbakar akan membuat gula darah bertambah jumlahnya sehingga menyebabkan anda diabetes.

Lihat juga : 4 Rempah ini Sangat Baik untuk Bakar Lemak

  3   Serangan Jantung
Efek dari penumpukan lemak bukan hanya terjadi untuk penyakit diabetes. Saat anda makan di malam hari dan lemak bertumpuk maka pembuluh darah anda juga akan menyempit. Hal ini yang bisa memicu anda untuk terkena serangan jantung dalam jangka waktu yang tidak bisa anda ketahui. Maka sebaiknya anda mempelajari cara menjaga kesehatan jantung dengan baik.

  4   Merusak Kualitas Tidur
Makan merupakan aktifitas untuk mempersiapkan energy untuk bekerja. Saat anda makan di malam hari sebelum tidur maka anda akan sangat dipenuhi energy sehingga rasa kantuk bisa hiang. Hal ini yang bisa merusak kualitas tidur anda, dimana anda harusnya lelap namun karena kelebihan kalori anda bisa saja gelisah karena energy yang ada dalam tubuh menuntut untuk digunakan.

  5   Acid Reflux
Acid reflux adalah kondisi medis yaitu asam lambung akan naik ke daerah kerongkongan atau tenggorokan disebabkan oleh kebiasaan langsung baring setelah makan. Ketika mengkonsumsi suatu makanan, maka asam lambung akan keluar dan bekerja sehingga saat anda langsung berbaring, maka asam lambung akan naik ke atas, terutama ke bagian tenggorokan dan kerongkongan. Hal ini akan menimbulkan efek perih dan sakit di kerongkongan atau tenggorokan ketika bangun keesokan harinya.

Itulah beberapa dari efek makan di malam hari utamanya sebelum tidur. Selamat mencoba.

0 Response to "5 Resiko Berbahaya Bagi Kesehatan jika Makan Malam Sebelum Tidur"

Post a Comment