5 Tips Merawat Kulit untuk Gadis Remaja

Kesehatan Kulit - Memiliki kulit yang cantik adalah dambaan setiap wanita. Pada masa remaja, kulit cenderung mudah mengalami masalah seperti jerawat. Jika anda sedang berada di masa pubertas, maka kemungkinan besar wajah anda ditumbuhi banyak jerawat. Namun jangan khawatir, ada berbagai macam perawatan yang bisa dilakukan agar kulit tetap terlihat cantik. Berikut ini adalah tips merawat kulit untuk gadis remaja:

Tips Merawat Kulit Untuk Gadis Remaja

Panduan Perawatan Kulit untuk Wanita Remaja

1. Jangan pencet jerawat
Hindari memencet jerawat terlalu sering karena kebiasaan buruk ini bisa meninggalkan bekas yang permanen. Memencet jerawat bisa mengakibatkan pembengkakan dan munculnya tanda merah pada permukaan kulit. Ini sangat tidak menarik untuk dilihat dalam jangka panjang. Jika anda sering melakukan itu, di kemudian hari bisa saja muncul bekas jerawat yang sulit untuk dihilangkan. Jadi biasakan diri untuk tidak gatal memencet jerawat. Biarkan jerawat pecah dengan sendirinya. Bila perlu cari perawatan lanjutan ke dokter dermatologi sebab dokter punya solusi terbaik untuk anda.

Baca juga : Hal Penting yang Dibutuhkan Kulit Setiap hari

2. Hindari menyentuh kulit dengan tangan kotor
Jangan menyentuh kulit sembarangan, maksudnya jika anda sering memakai tangan berkotor-kotoran, sebaiknya hindari menyentuh wajah dengan tangan tersebut. Jika bakteri di tangn pindah ke kulit wajah, ini akan mudah menimbulkan infeksi dan iritasi. 

3. Bersihkan wajah secara teratur
Bersihkan wajah secara teratur dengan lulur atau produk pembersih lainnya. Saat ini ada banyak sekali produk pembersih wajah yang dirancang khusus untuk menghilangkan minyak dan membunuh bakteri yang menempel di wajah. Silakan pakai produk tersebut untuk mencuci wajah sembari memijatnya sehingga sumbatan di pori-pori kulit bisa terbuka. Dengan begitu, masalah jerawat paling tidak bisa dikurangi. Namun begitu, sebaiknya hindari mencuci wajah terlalu sering sebab ini bisa membuat kulit menjadi kering. Kulit kita tetap membutuhkan kelembaban. Selain dengan mencuci wajah, anda bisa menjaga kelembaban kulit dengan mengaplikasikan moisturizer.

4. Cukupi kebutuhan air
Minum air yang cukup juga sangat dibutuhkan untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Anda bisa minum hingga 2 liter perhari karena itu adalah kebutuhan dasar tubuh manusia. Jangan meminum air yang sudah dicampur dengan gula dan zat-zat lainnya sebab yang dibutuhkan oleh tubuh adalah air tawar.

Lihat juga : Cara Memutihkan Kulit Tangan dan Kaki

5. Pakai pakaian yang agak longgar
Hindari pakaian yang terlalu ketat karena bisa menghambat peredaran darah, padahal kulit kita juga perlu bernafas. Jika hal ini sering dilakukan, maka dikhawatirkan kulit akan menjadi mudah teriritasi akibat gesekan antara pakaian dan kulit. Jadi sebaiknya, pakailah pakaian yang agak longgar agar. Jangan lupa untuk menghapus make up saat tidur. Ini sangat dibutuhkan sebab make up bisa menyumbat pori-pori kulit.

Itu tadi beberapa cara merawat kulit untuk gadis remaja. Semoga dengan tips diatas kulit remaja anda tetap bertahan sampai bertambahnya usia.

0 Response to "5 Tips Merawat Kulit untuk Gadis Remaja"

Post a Comment