Inilah 3 Penyebab Kulit Hitam yang Mesti Diketahui

Kecantikan Kulit - Apa saja penyebab kulit hitam? Tidak semua orang menganggap kulit hitam tidak cantik. Setiap wanita terlahir dengan warna kulit berbeda. Namun jika warna hitam tidak didapatkan secara natural, tentu ini bisa menjadi masalah tersendiri. Perubahan warna kulit bisa terjadi karena beberapa faktor, baik yang berasal dari dalam maupun dari luar.

Penyebab Kulit Hitam
 

Penyebab Utama Kulit Menjadi Hitam

Sinar matahari

Ini adalah salah satu penyebab paling umum perubahan warna pada kulit. Kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari akan berubah menjadi gelap. Perubahan warna biasanya terjadi pada area yang terkena paparan sinar matahari. Namun ada pula yang disebut dengan bercak penuaan yang umumnya muncul di beberapa tempat secara tidak merata. Seperti namanya, bercak-bercak ini muncul karena faktor penuaan. Namun ini juga bisa disebabkan oleh faktor eskternal, yakni sinar matahari menyebabkan kerusakan pada produksi pigmen di kulit.

Sinar matahari juga bisa menciptakan kondisi yang disebut dengan melasma. Tanda-tandanya adalah perubahan warna ke arah kecoklatan terutama pada area dada dan wajah. Kondisi ini kerap dialami oleh para wanita yang mengkonsumsi pil KB. Dampak dari konsumsi obat tersebut adalah keseimbangan hormon di dalam tubuh menjadi berubah. Akibatnya, melanin menumpuk dan berakhir pada tidak ratanya warna kulit. Perubahan warna karena paparan sinar matahari tidak perlu dikhawatirkan, hanya saja perlu waktu untuk mengembalikannya seperti semula.

Koagulasi melanin

Melanin bisa menumpuk pada area-area tertentu di kulit sehingga menimbulkan perubahan warna yang sifatnya permanen. Kondisi ini bisa terbentuk sejak seseorang dilahirkan atau baru terjadi setelah memasuki usia tertentu. Tahi lalat juga bisa terbentuk dengan cara seperti ini. Bentuk fisiknya mudah dikenali, yaitu kulit berwarna kehitaman di area tertentu dan biasanya agak menonjol keluar. Bentuknya bisa lingkaran atau tidak merata seperti bercak penuaan. Kondisi ini bisa ditangani dengan bedah laser atau prosedur medis yang lainnya.

Baca juga : Cara Memiliki Kulit Putih Mulus Secara Alami

Iritasi

Iritasi juga bisa menyebabkan kulit berubah warna menjadi gelap. Ada banyak sekali penyebabnya, seperti pemakaian deodorant atau makeup. Perubahan bisa bertahap atau mendadak. Namun jika mendapatkan penanganan dengan segera, warna yang hitam tersebut bisa berubah menjadi cerah kembali.

Itu tadi beberapa penyebab kulit hitam. Semoga dengan informasi diatas sahabat blog dokter dapat mencegah terjadinya kulit hitam.

0 Response to "Inilah 3 Penyebab Kulit Hitam yang Mesti Diketahui"

Post a Comment