6 Tips Menjaga Asupan Gizi Anak Saat Puasa

Blog Dokter - Berpuasa merupakan kewajiban namun tidak mesti dipaksakan bagi anak-anak yang belum mampu. Namun ada baiknya pula jika anda membiasakan mereka berpuasa sejak dini agar mereka nantinya tidak susah lagi menahan lapar.

Anak-anak merupakan masa pertumbuhan dimana memerlukan asupan gizi serta energy yang banyak. Oleh sebab itu anak-anak akan mudah merasakan lapar, apalagi jika ia memiliki karakter yang aktif, maka akan sulit baginya jika menahan lapar. Di bawah ini merupakan beberapa tips agar anak anda dapat tetap mendapatkan asupan gizi utamanya saat mereka berpuasa.

6 Tips Menjaga Asupan Gizi Anak Saat Puasa

asupan gizi anak saat puasa
Ilustrasi Anak Makan Sahur
Berikut 6 tips menjaga asupan gizi anak saat puasa

1. Pastikan anak banyak mengkonsumsi sayur dan buah

Saat berbuka dan sahur janganlah lupa untuk selalu menghidangkan sayur dan buah untuk anak anda. Dengan mengonsumsi buha dan sayur maka akan baik bagi mereka saat menjalani puasa. Oleh karena itu saat berpuasa asupa gizi mereka akan tetap terpenuhi seperti biasa jika mereka sedang tidak berpuasa.
ADVERTISEMENT
2. Membuat hidangan pembuka yang sehat dan menggugah selera

Ingatlah untuk membuat hidangan pembuka yang mencakupi bahan makanan yang sehat. Jangan memberikan hidangan yang instan, selalu perhatikan kandungan yang ada di dalamnya. Selain sehat perlu juga anda memberikan kreasi pada masakan agar bisa menggugah selera anak, sehingga saat berbuka bisa membuat mereka makan dengan lahap dan mengembalikan asupan gizi nya..

3. Banyak minum air putih

Menjaga asupan mineral dengan banyak minum air putih sangatlah penting. Hal ini bisa dilakukan saat buka, malam sebelum tidur dan juga saat anda sahur. Usahakan tetap menjaga komitmen minum air mineral 8 gelas per hari. Air sangat baik untuk memperlancar asupan gizi anak saat puasa.

4. Pilih menu sahur dengan selektif

Perhatikan kandungan makanan saat sahur. Pastikan makanan yang dimakan mengandung karbohidrat sebagai penyuplai energy, sehingga saat berpuasa anak tidak mudah merasa lelah. Karbohidrat yang cukup serta protein dan tambahan vitamin sebaiknya dijadikan menu lengkap saat sahur.

5. Menu makanan yang ringan

Makanan dengan menu ringan yang dimaksud adalah makanan yang ramah bagi perut anda. Hindari makanan yang terlalu berbumbu dan padat. Makanan yang megsndung santan juga cukup berat serta makanan pedas bisa juga berbahaya.

6. Suplemen tambahan

Siapkanlah suplemen tambahan bagi anak anda, seperti vitamin dan juga beberapa kapsul suplemen yang bisa membantu anak agar asupan gizinya tetap terjaga.

Seperti itulah artikel mengenai 6 tips menjaga asupan gizi saat berpuasa. Semoga dengan tips diatas anak anda dapat berpuasa dengan sehat dan kuat sampai waktu berbuka.

lihat juga : 10 Tips Sehat Berpuasa Selama Bulan Ramadhan

2 Responses to "6 Tips Menjaga Asupan Gizi Anak Saat Puasa"

  1. walaupun puasa, untuk anak ndak boleh main-main ya mbak dalam sisi makanan, :D

    ReplyDelete