10 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan

Blog Dokter - Bagi setiap muslim sholat adalah suatu amalan ibadah yang wajib hukumnya, ibadah sholat juga merupakan tiang agama yang dimulai dari takbiratul ihram dan berakhir dengan salam, jika tidak dilaksanakan maka runtuhlah tiang tiang itu. Sholat juga merupakan penghubung Tuhan kepadan hambanya. Selain sebagai ibadah wajib ternyata gerakan sholat ini bermanfaat bagi kesehatan.

10 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan

Manfaat Gerakan Sholat
Ilustrasi Melakukan Sholat
Berikut 10 manfaat gerakan sholat bagi kesehatan 

 1
   Takbiratul Ihram
Gerakan pertama dalam sholat adalah Takbiratul ihram. Takbiratul ihram ialah gerakan mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga lalu didekap di depan perut atau bagian bawah dada. Manfaat gerakan ini sendiri untuk melancarkan aliran darah, getah bening or limfe dan kekuatan otot pada lengan. Posisi jantung yang berada tepat di bawah otak menjadikan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat kedua tangan diangkat, otot bahu meregang sehingga aliran darah dan oksigen menjadi lebih lancar. Kemudian kedua tangan didekapkan dibagian depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini mampu menghindarkan tubuh dari gangguan persendian, terutama pada bagian tubuh atas.
ADVERTISEMENT
 2   Rukuk
Rukuk adalah gerkan kedua dalam sholat, gerkan rukuk ialah saat posisi tulang belakang atau punggung menunduk lurus, bahkan segelas air diletakkan di atas punggung tersebut tak akan tumpah jika posisinya benar. Begitu juga dengan posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan rukuk ini sendiri memiliki Manfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat. Posisi jantung sejajar dengan otak, sehingga aliran darah akan maksimal pada tubuh bagian tengah. Begitu juga saat posisi Tangan yang bertumpu pada lutut, posisi ini akan merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk merupakan latihan untuk mencegah gangguan prostat.

 3   I’tidal
Gerakan bangun dari rukuk dimana tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi daun telinga disebut I’tidal. Manfaat gerakan I’tidal sangat baik untuk pencernaah karena gerakannya banyak melibatkan perut dan organ pencernaan lainnya sehingga organ pencernaan seolah mengalami pmijatan dan pelonggaran.

 4  Sujud
Kerena Posisi jantung berada atas otak saat sujud, menyebabkan darah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak, aliran ini member efek positif pada daya pikir seseorang. Maka dari itu, jangan melakukan sujud dan tuma’ninah secara tergesah gesah agar aliran darah berjalan dengan baik, jangan. gerakan ini juga bisa menghindarkan gangguan wasir dan memperbaiki aliran geth bening.. Rukuk itu sendiri merupakan gerakan menungging dengan meletakkan kedua tangan di samping kepala, lutut, ujung kaki dan dahi pada lantai atau sajadah. Kemudian terkhusus untuk para muslimah muslimah, baik sujud atau pun rukuk memiliki manfaat yang sangat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan kewanitaan.

 5  Duduk
Dalam sholat terdiri dari dua macam, yaitu tahiyyat awal dan tahiyyat akhir. Perbedaannya memiliki sedikit perbedaan yang terletak pada posisi telapak kaki. Manfaatnya bagi kesehatan saat tahiyyat awal adalah kita bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan syaraf nervus Ischiadius. Posisi ini dapat menghilangkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan seseorang tak mampu berjalan. sedangkang Duduk tahiyyat akhir sangat baik bagi pria, karena tumit menekan aliran kandung kemih, kelenjar kelamin pria (prostata) dan saluran vas deferens. bila dilakukan dengan benar, postur irfi dapat mencegah penyakit impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarruk menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak tubuh manusia.

 6  Salam
Gerakan terakhir dalam sholat yaitu memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal disebut salam. manfaatnya yaitu merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala dan menyempurnakan aliran darah di kepala. Gerakan salam ini dapat mencegah sakit kepala dan menjaga kekencangan kulit wajah.

 7  Memperlancar proses melahirkan
Gerakan ini juga sangat menguntungkan wanita dalam persalinan. Karena dibutuhkan pernapasan yang baik saat proses. Maka jika otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, secara alami perut akan lebih elastic, ini disebabkan oleh kebiasaan sujud sehingga tubuh dapat mengembalikan serta mempertahankan organ-organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

Selain itu dalam pose sujud, kaum hawa dapat menikmati pinggul dan pinggang terangkat melampaui kepala dan dada, otot-otot perut (rectus abdominis dan obliquus abdominis externuus) berkontraksi penuh dan Kondisi ini akan melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lama. 

 8   Baik bagi kesuburan
Tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki yang harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan disebut duduk tawarruk. Posisi ini keadaan tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang dapat memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.

Duduk tawarruk ini dilakukan setelah gerakan sujud dalam shalat. Saat keadaan duduk inilah tumit berkonsentrasi pada daerah otot-otot perineum. Daerah ini merupakan daerah terlindung pada wanita yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih. Jadi dudu tawaruruk menjadi salah satu manfaat penting gerakan sholat untuk kesehatan wanita.


 9   Mempercantik postur tubuh
Kelebihan shalat adalah menggerakan anggota tubuh lebih banyak, termasuk jari kaki dan tangan. Terutama pada gerakan sujud, sujud adalah latihan kekuatan untuk otot tertentu, termasuk otot dada. ketika sujud, beban tubuh bagian atas menumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Menrut beberapa ahli kesehatan gerakan-gerakan dalam shalat mirip yoga atau peregangan (stretching). Maka sholat tidak hanya untuk beribadah kepada Allah SWT tetapi juga untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah dan memperbaiki fungsi kelenjar air.

 10  Meningkatkan kecerdasan
Menurut beberapa penelitian bahwa gerakan sujud dalam sholat dapat memudahkan pasokan darah yang kaya akan oksigen mengalir secara optimal. karena pada posisi itu jantung tepat berada diatas kepala. Gerakan ini tergolong unik karena pada saat itu kepala manusia benar benar berada dibawah bahkan dibawah pantatnya sendiri., gerakan ini berarti saat menghadap kepada tuhannya manusia memang berada ditempat yang sangat rendah. sujud tumakninah dan kontinyu dapat memacu kecerdasan. Seperti Risetnya yang mendapat pengakuan dari Harvard University , AS. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan masuk Islam setelah diam-diam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud.

Okey guys itu dia 10 manfaat gerakan sholat bagi kesehatan, jadi selain sebagai ibadah yang mendekatkan hamba kepada Allah SWT sholat juga bermanfaan untuk kesehata tubuh baik itu cewe atau pun cowo’ apa lagi buat para ABG. So bagi sahabat blog dokter laksanakan ibadahnya dan dapatkan manfaatnya, seperti yang sudah kita jelaskan di 10 maanfaat gerakan sholat bagi kesehatan.

Lihat Juga : 10 Cara Cerdas Mendidik Anak Berpuasa

0 Response to "10 Manfaat Gerakan Sholat untuk Kesehatan"

Post a Comment