7 Cara Alami Mengobati Amandel

Blog Dokter - Penyakit amandel disebabkan oleh kerusakan yang terjadi pada permukaan selaput lendir sehingga jika sudah parah maka akan menyerang amandel. Amandel yang membengkak akan sangat mengganggu fungsi tenggorokan. Mengobati amandel bahkana da yang sampai pada langkah operasi sehingga penting bagi anda untuk mengobatinya dengan cara cepat dan alami.

7 Cara Alami Mengobati Amandel

7 Cara Alami Mengobati Amandel - BlogDokter
Ilustrasi Dokter Periksa Amandel Pasien
Beberapa cara alami ini akan membantu anda untuk mengobati amandel.

1. Memakai mengkudu dan madu

Mengobati amandel, ambillah beberapa buah mengkudu yang telah masak, lalu cuci bersih kemudian diparut dan diperas untuk diambil airnya. Tambahkan sedikit air panas dan tuangkan sedikit madu asli ketika airnya sudah sedikit dingin. Minumlah sebanyak 3 kali sehari, namun sebelum diminum ada baiknya anda menggunakannya untuk berkumur – kumur dahulu.
ADVERTISEMENT
2. Memakai jeruk nipis dan kapur sirih

Jeruk juga sangat baik untuk amandel. Ambillah jeruk nipis sebanyak 3 buah dan kapur sirih secukupnya. Kemudian peras jeruk nipis hingga airnya habis. Tambahkan kapur sirih secukupnya lalu aduk hingga merata. Minumlah sebelum tidur malam selama 3 hari berturut - turut.

3. Memakai kulit manggis

Buah manggis biasanya sulit untuk didapatkan sebab hanya ada pada musim saat tertentu. Cara menggunakan kulit manggis juga cukup mudah. Rebuslah kulit manggis menggunakan 2 botol air bersih hingga tersisa 1 botol saja. Setelah selesai teteskan minyak mint lalu aduk rata. Gunakan ramuan ini untuk berkumur - kumur setiap hari.

4. Memakai bawang merah

Ambillah 1 siung bawang merah lalu kunyah sampai halus dan telan. Lakukan selama 3 kali sehari dalam 1 bulan.

5. Menggunakan daun sosor bebek

Daun sosor bebek merupakan daun yang memiliki karakteristik hampir sama dengan daun lidah buaya akan tetapi daun ini memiliki bentuk lebih tipis, memiliki lapisan lilin sama halnya dengan daun talas dan tepian daun bergerigi. Jika Anda patahkan Daun sosor bebek ini maka anda akan melihat lendir bening yang ada dalam daun ini yang mana anda juga dapat jumpai di daun lidah buaya.

Untuk cara mengobati penyakit amandel dengan menggunakan daun sosor bebek ini anda cukup dengan menumbuk daun ini hingga halus selanjutnya Anda peras, kemudian gunakan air perasan daun sosor bebek tersebut sebagai obat kumur, tetapi jangan sampai tertelan. Lakukan secara rutin agar penyakit amandel anda segera sembuh.

6. Menggunakan akar kompri segar

Untuk cara mengobati penyakit amandel yang kedua ialah anda bisa Anda menggunakan akar kompri segar. Caranya pun relative mudah yaitu dengan merebus beberapa potongan akar kompri segar dengan 3 sampai 4 gelas air. Kemudian tunggu sampai mendidih hingga air kira-kira tersisa 2 hingga 3 gelas. Lalu saring dan minum saat air rebusan tersebut mulai dingin.

7. Menggunakan akar alang-alang

Akar alang-alang memang terkenal ampuh untuk meredakan radang yang terjadi pada tenggorokan. Tetapi baru-baru ini penelitian menyatakan bahwa akar alang-alang bisa Anda gunakan untuk mengobati penyakit amandel karena dalam akar alang-alang mengandung zat yang berkhasiat sebagai antiinflamasi.

Cara mengolah akar alang-alang ini bisa Anda lakukan dengan merebus akar alang-alang dengan 4 gelas air sampai mendidih. Kemudian tunggu sampai volume air berkurang hingga tersisa 3 atau 2 gelas. Kemudian saring selagi panas dan gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur.

Terima kasih telah membaca 7 cara alami mengobati mandel tanpa efek samping. Semoga dengan tips diatas amandel yang anda alami dapat terobati dengan cepat.

Baca juga : 10 Cara Alami Mengobati Sariawan

0 Response to "7 Cara Alami Mengobati Amandel"

Post a Comment